Detail Cara Memasang Pompa Air Cepat Beserta Alat Dan Tipsnya




Cara  Cepat Memasang Pompa Air

Cara  Cepat Memasang Pompa Air - Seringkali saat pompa air kita rusak, kita harus mencari tukang servis untuk membenarkannya. Saat ingin memasang pompa air untuk pertama kali, kita pun tak bisa mengandalkan diri sendiri. Ingin belajar memasang pompa air sendiri di rumah? Berikut ini kami paparkan detail cara memasang pompa air yang cepat dan benar beserta alat dan tipsnya.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Memasang Pompa Air

Sebelum memasang pompa air, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan alat yang diperlukan. Cara memasang pompa air cukup kompleks. Meskipun demikian, alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Alat utama yang diperlukan adalah pompa air, pipa PVC sesuai kedalaman sumur, pipa sambungan (sock), dan perekat pipa. Sementara itu, alat tambahan lainnya tergantung kebutuhan pemilik rumah. Jika ingin air yang dipompa lebih bersih, pemilik rumah bisa menambahkan saringan di dalam pipa.

Setelah semua alat terkumpul, selanjutnya akan dibahas mengenai langkah-langkah memasang pompa air. Lebih detailnya dijelaskan di bawah ini.

Langkah Memasang Pompa Air

Secara garis besar, cara memasang pompa air sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, alat-alat yang digunakan tergolong berat, sehingga pemasang mungkin akan kelelahan. Maka dari itu, berikut ini kami paparkan langkah memasang pompa air dengan cepat, yakni hanya satu jam.

1. Menyusun Pipa Hisap

Jauh sebelum memasangkan pipa dengan alat pompa, mulailah menyusun pipa terlebih dulu. Susun pipa hingga sedalam sumur yang akan digunakan. Sambungkan pipa demi pipa yang digunakan dengan lem atau sock. Akan tetapi supaya lebih kuat, sebaiknya gunakan keduanya sekaligus.

Sebelum menyusun pipa hisap, perkirakan ke mana air akan dialirkan. Sesuaikan pipa yang digunakan dengan aliran air. Jika misalnya air akan dialirkan ke dua tempat, jangan lupa gunakan sock kepala tiga. Begitu seterusnya.

2. Menghubungkan Pipa Dengan Alat Pompa

Setelah pipa hisap disusun sedemikian rupa, sambungkan ujung pipa dengan alat pompa. Biasanya, pipa L dibutuhkan dalam proses ini. Masukkan pipa L ke lubang pompa tempat air ke luar. Rekatkan dengan lem yang sangat kuat. Tidak perlu menggunakan selotip karena akan membuat sambungan lebih licin.

Ingat, jangan melakukan pemasangan saat di atas sumur. Sebelum dimasukkan ke sumur, tes kekuatan sambungan pipa dengan pompa dengan menjinjingnya. Tambahkan lebih banyak lem jika khawatir pipa tidak kuat menahan pompa yang lebih berat darinya.

3. Menyambungkan Alat Pompa Dengan Listrik

Setelah alat pompa dan pipa tersambung dengan benar, hubungkan pompa dengan listrik. Sambungkan kabel-kabel yang tersedia sesuai arahan. Setelah kabel listrik dan kabel pompa tersambung, bungkus kabel dengan selotip hitam. Semakin tebal selotip, semakin aman. Pastikan seluruh bagian kabel terbungkus agar tidak terjadi konsleting.

4. Mengecek Berfungsi Tidaknya Alat Pompa

Cara memasang pompa air satu ini juga perlu dilakukan sebelum pipa masuk sumur. Setelah merekat dengan pipa, cek apakah pompa bisa berfungsi dengan normal. Coba tekan steker untuk menghidupkan pompa. Pastikan kincir di dalam pompa berputar dengan baik. Akan tetapi hati-hati saat melakukan proses ini. Sebisa mungkin jangan menyentuh kabel pompa saat listrik hidup. Bisa saja kabel tersebut masih bisa menyetrum.

5. Memasukkan Pipa Beserta Alat Pompa ke Dalam Sumur

Setelah alat pompa diketahui berfungsi dengan baik, pipa siap dimasukkan ke dalam sumur. Sebaiknya jangan melakukan ini sendiri. Apalagi jika kedalaman sumur lebih dari 5 meter. Gotong pipa beserta pompa minimal dengan satu orang tambahan. Hal ini perlu dilakukan agar pipa tidak terancam patah.

Setelah pipa masuk ke dalam sumur, tutup sumur dengan sesuatu yang kuat. Bisa kayu, bisa juga beton. Beri sedikit lubang untuk ke luarnya pipa.

Demikianlah langkah memasang pompa air yang hanya membutuhkan waktu sejam. Tidak perlu takut kelelahan saat memasang pompa apabila menerapkan langkah-langkah tersebut. Supaya proses pemasangan lebih lancar, berikut ini ada tambahan tips memasang pompa air.

Tips Memasang Pompa Air

Selain agar proses pemasangan lebih lancar, tips-tips berikut ini juga berguna untuk menjaga keawetan pompa air. Penasaran? Coba lakukan hal-hal berikut ini.
  • Letakkan pompa berdekatan dengan sumur. Minimal, pompa harus terletak di atas sumur, dialasi beton. Hal ini untuk mengurangi beban kerja pompa dalam menghisap air.
  • Pasang kran pada lubang di atas pompa, untuk mengecek jika pompa sewaktu-waktu rusak.
  • Jangan menggunakan tikungan pipa terlalu banyak. Ini bisa memberatkan kerja pompa.
  • Beri ruang untuk pompa “bernapas”. Jangan menumpuk barang-barang di sekitar pompa agar pompa bisa menerima udara.


6:05:00 AM