Faktor Penyebab dan Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Efektif




cara menghilangkan ngantuk

Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Efektif - Mengantuk tentu merupakan sebuah hal yang wajar. Banyak sekali orang yang mengantuk saat melakukan aktivitas meskipun pada siang hari. Namun ketika rasa ngantuk tersebut datang terus menerus, tentu aktivitas yang ada akan terganggu. Jika hal ini terjadi, tentu harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan ngantuk tersebut.

Rasa ngantuk bahkan bisa datang kapan saja. Timbulnya rasa ngantuk bisa menjadikan sulitnya dalam berkonsentrasi dan juga akan sulit dalam mengendalikan emosi. Untuk mengatasi hal tersebut, simak informasinya berikut ini!

Faktor Penyebab Ngantuk

Ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang sering mengantuk. Dengan mengetahui dan menghindari beberapa faktor tersebut, tentu akan rasa ngantuk bisa diminimalisir. Faktor tersebut antara lain:

1. Kurang Atau Kelebihan Tidur

Rasa ngantuk pada dasarnya karena seseorang kurang tidur. Namun terkadang ada beberapa orang yang juga sering merasa ngantuk karena kebanyakan tidur. Seseorang yang tidur lebih dari 8 jam dalam sehari, kemungkinan akan lebih mudah merasakan ngantuk pada keesokan harinya.

2. Kurang Cairan Atau Dehidrasi

Kurangnya asupan air dalam atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi akan menjadikan tubuh lebih mudah lelah dan juga mengantuk. Keberadaan air ini akan melancarkan sistem bekerja dengan baik di dalam tubuh. Ketika asupan air cukup, tentu energi dalam melakukan aktivitas fisik akan maksimal, begitu pula sebaliknya.

3. Jarang Bergerak

Seseorang yang hanya berdiam diri di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan lebih merasa ngantuk. Sirkulasi darah yang kurang lancar menjadikan tubuh mudah lelah dan cepat timbul rasa ngantuk. Untuk itu, pastikan beraktivitas ringan di sela-sela kegiatan kantor agar bisa menjadikan sirkulasi lancar.

Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Efektif

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan ngantuk, sekarang saatnya mengetahui cara menghilangkannya. Beberapa cara menghilangkan ngantuk di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Duduk Bersandar

Duduk bersandar akan cepat menimbulkan rasa nyaman sehingga akan mudah mengantuk. Cobalah untuk tidak duduk bersandar. Rasa ngantuk akan perlahan menghilang dan tubuh menjadi lebih fit.

2. Mengunyah Permen

Asupan yang masuk dalam tubuh akan memberikan pengaruh bagi tubuh tersebut. Dengan mengunyah permen, tentunya akan ada pergerakan dari mulut yang menjadikan rasa ngantuk berkurang. Terlebih ketika mengunyah permen yang berasa asam, rasa ngantuk pun akan berangsur hilang.

3. Cuci Muka

Dengan melakukan cuci muka tentunya wajah akan lebih fresh. Mata yang tadinya ngantuk akan hilang seiring dengan melakukan cuci muka tersebut.

4. Minum Air Dingin

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa tubuh dehidrasi akan mudah merasakan ngantuk. Cobalah untuk minum air dingin untuk mengatasi hal tersebut. Bahkan bisa juga menggosok lengan, tangan, dan kaki menggunakan air dingin tersebut. Cara ini akan mampu melancarkan sirkulasi darah dan menghilangkan rasa kantuk.

5. Berjalan Kaki

Tetap memilih untuk duduk disaat sedang merasa ngantuk akan tetap menjadikan rasa ngantuk sulit untuk hilang. Cobalah untuk berjalan kaki agar rasa ngantuk bisa berangsur hilang. Dengan berjalan kaki akan lebih melancarkan sirkulasi darah dan menjadikan badan lebih menjadi segar. Berjalanlah sekadar ke toilet atau melakukan beberapa pekerjaan lain yang akan membuat sebuah gerakan lebih.

6. Terkena Sinar Matahari Di Pagi Hari

Kekurangan vitamin D bisa dikarenakan seseorang kurang tidur. Dengan terkena paparan matahari setidaknya 15 menit dalam sehari terutama di pagi hari akan menjadikan tubuh tercukupi dalam kebutuhan vitamin D tersebut.

7. Minum Green Tea Atau Kafein

Tidak hanya kopi saja yang akan membuat terhindar dari rasa ngantuk. Kebiasaan meminum kopi bisa digantikan dengan minum green tea. Kandungan seperti halnya polyphenols yang ada dalam green tea bisa menjadikan energi yang lebih dalam menjalankan aktivitas keseharian. Namun hindarilah minuman green tea yang ada dalam kalengan atau kemasan. Hal ini karena banyak kandungan yang terbilang kurang baik.

8. Menggunakan Aromaterapi

Aromaterapi dengan aroma seperti halnya peppermint, rosemary, grapefruit akan mampu menghilangkan rasa ngantuk. Adanya aroma terapi ini bahkan bisa juga digunakan untuk menghilangkan rasa lelah dan juga sakit kepala.

Cara menghilangkan ngantuk tersebut tentunya bisa menjadi alternatif untuk tetap bisa fresh dalam menjalankan kegiatan keseharian. Hendaknya menghindari beberapa faktor penyebab ngantuk dan bisa memilih beberapa cara yang ada yang dianggap lebih mudah dilakukan.


4:47:00 AM