Gejala dan Cara Menghilangkan Ambeien Yang Sangat Mudah




cara menghilangkan ambeien

Cara Menghilangkan Ambeien Yang Sangat Mudah - Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh berbagai hal. Seperti halnya karena mengejan terlalu keras, atau terlalu lama duduk pun bisa menyebabkan penyakit ini terjadi. Pada umumnya, ambeien ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat juga disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Sedangkan dalam penyembuhannya sendiri terdapat berbagai macam cara menghilangkan ambeien yang dapat dilakukan mulai dari cara yang sederhana bahkan dengan cara operasi.

Gejala Ambeien

Ambeien atau wasir sendiri mempunyai gejala-gejalanya. Jika mempunyai gejala-gejala sebagai berikut, maka perlu diwaspadai bahwa kamu kemungkinan terkena penyakit tersebut. Adapun gejala-gejala dari penyakit ini antara lain.
  • BAB berdarah atau berwarna merah terang namun tidak nyeri. Jika mengalami BAB berdarah atau berwarna merah terang tanpa disertai rasa sakit, maka boleh jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit ambeien. Dengan sesegera memeriksakan ke dokter maka akan tahu apakah itu benar gejala dari ambeien atau bukan.
  • Gatal dan iritasi pada area rektum. Sering gatal dan terdapat iritasi pada area rektum boleh jadi hal ini menjadi salah satu gejala dari penyakit ambeien. Maka tidak ada salahnya untuk mengeceknya apakah ini merupakan tanda dari gejala ambeien atau bukan.
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman pada area anus. Mengalami nyeri dan rasa yang sangat tidak nyaman pada area anus boleh jadi merupakan pertanda dari gejala ambeien. Jika rasa nyeri dan tidak nyaman tersebut sudah berlangsung lama, maka segeralah periksa ke dokter agar bisa ditangani secara cepat.
  • Bengkak di sekitar anus. Bengkak di sekitar anus pun boleh jadi salah satu gejala dari ambeien. Rasa bengkak yang terdapat disekitar anus pun tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu lakukan pengecekan ke Rumah Sakit apakah bengkak tersebut gejala dari ambeien atau bukan. Jika memang iya, maka bisa langsung segera diatasi.

  • Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus. Jika mempunyai benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus, maka perlu diwaspadai bahwa hal tersebut merupakan salah satu gejala dari ambeien. Memeriksanya ke dokter merupakan hal yang tepat agar tahu bahwa itu gejala dari ambeien atau bukan.

Cara Menghilangkan Ambeien

Meskipun penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun rasa sakit yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jangan khawatir untuk menghilangkan penyakit ini tentunya ada caranya. Adapun cara menghilangkan ambeien antara lain sebagai berikut.

1. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi serta meminum air putih 8 sampai 10 gelas air perharinya dapat membantu mengatasi gejala dari penyakit ini. Dengan begitu, maka gerakan dari usus pun lebih lembut serta teratur. Hal tersebut akan membantu menghindari ketegangan yang dapat memperparah gejala dari ambeien itu sendiri.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga yang teratur. Hal tersebut juga dapat membantu mencegah dari gejala ambeien itu sendiri semakin memburuk. Olahraga yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala penyakit ini diantaranya adalah dengan jalan cepat selama 20 sampai dengan 30 menit setiap harinya.

2. Meminum Obat-Obatan Khusus Untuk Ambeien

Salah satu cara untuk mengobati ambeien yang cukup populer adalah dengan cara memberi obat-obatan khusus ambeien. Biasanya obat-obatan tersebut berupa krim, salep, atau supositoria yakni sebuah obat yang dimasukkan ke lubang dubur. Obat-obat tersebut dapat mengurangi gatal, rasa sakit, serta pembengkakan di sekitar anus.

3. Menjaga Kebersihan Daerah Anus

Menjaga kebersihan daerah anus agar tetap bersih setiap harinya pun dapat meringankan dari penyakit ambeien. Caranya pun sangat mudah sekali yakni bersihkan kulit di sekitar anus dengan lembut. Lebih bagus menggunakan air hangat. Pastikan juga daerah dari anus sendiri tidak terlalu lembab. Hindarilah penggunaan tisu yang mengandung alkohol atau parfum.

4. Mengompres Anus Dengan Air Dingin

Mengompres anus dengan air dingin pun bisa meringankan penyakit ini. Caranya pun sangat mudah sekali untuk dilakukan yakni cukup bungkus es dengan handuk bersih atau kompres dengan air dingin pada area anus. Terutama ketika rasa sakitnya sedang kambuh, maka lakukanlah hal tersebut. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit serta pembengkakan yang terjadi.

5. Melakukan Operasi

Cara menghilangkan ambeien yang terakhir adalah dengan cara melakukan operasi. Operasi dilakukan jika segala cara alternatif lain tidak bisa mengobati penyakit ini. Operasi ambeien sendiri akan dilakukan untuk ambeien eksternal yang besar dan untuk ambeien internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus.

Itulah beberapa gejala serta cara menghilangkan ambeien. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, maka dalam menghilangkan penyakit ini pun akan mudah dilakukan.


4:53:00 AM