Hal Yang Perlu Diperhatikan Serta Cara Memasang Kloset Duduk Yang Baik dan Benar




cara memasang kloset duduk

Cara Memasang Kloset Duduk - Di kebanyakan rumah modern, kloset duduk lebih banyak digunakan dibanding kloset biasa. Pasalnya, penggunaan kloset duduk lebih simpel. Kloset duduk juga tidak memakan banyak ruang di kamar mandi. Bentuknya yang seperti kursi malah membuat kamar mandi terlihat rapi. Proses pemasangan kloset duduk agak berbeda dengan kloset jongkok. Dibanding kloset jongkok, pemasangan kloset duduk lebih rumit. Lalu cara memasang kloset duduk dengan baik dan benar?

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Kloset Duduk

Sebelum mengetahui cara memasang kloset duduk, persiapkan terlebih dahulu tempat instalasinya. Sediakan pipa air kotor dengan diameter minimal 3 cm (sesuaikan dengan ukuran lubang kloset). Setelah itu, pastikan juga terdapat saluran air bersih di dinding belakang kloset. Saluran ini sebelumnya perlu ditanam di dalam tembok kamar mandi. Terakhir, pastikan kamar mandi berlantaikan keramik. Kloset duduk membutuhkan permukaan datar agar bisa berdiri tegak. Lantai keramik bisa membuat permukaan lantai lebih datar.

Setelah tempat siap, kumpulkan alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pemasangan. Alat-alat tersebut meliputi meteran, obeng (+ dan -), bor listrik, tang, kunci inggris, kunci 10 dan 12, lem silikon, kunci pipa, serta 2 buah dynabolt 10 mm.

Langkah-Langkah Cara Memasang Kloset Duduk

Setelah tempat dan alat-alat siap, proses pemasangan sudah bisa dimulai. Sebelum mulai, baca terlebih dulu petunjuk pemasangan yang terdapat di dalam kardus kloset. Setelah itu, lakukan cara memasang kloset duduk yang kami rangkum berikut ini.

1. Memasang Kloset Duduk

Cara memasang kloset duduk yang pertama adalah mengukur lubang pengunci kloset. Ukuran lubang ini berbeda-beda tergantung merk kloset. Setelah terukur, lubangi sisi kanan dan kiri pipa pembuangan. Ingat, lubang ini jaraknya harus sejajar. Setelah itu, masukkan dynabolt ke dalam lubang. Lepas murnya.

Selanjutnya, pasang wax ring pada lubang di bawah kloset duduk. Pastikan wax ring tertempel dengan kuat. Setelah itu, mulailah instalasi kloset duduk di atas pipa pembuangan. Masukkan dynabolt tadi ke dua lubang di kaki kanan-kiri kloset duduk. Pasang kembali murnya.

2. Memasang Suplai Air

Setelah kloset terpasang dengan baik, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang suplai air. Di belakang kloset, idealnya sudah terdapat stop kran, T, flexible hose, dan jet shower. Keempat alat tersebut harus ditanamkan ke dinding sebelum proses pemasangan kloset dimulai. Jika alat-alat tersebut sudah ada, sambungkan keempatnya ke bagian belakang kloset duduk. Pakailah kunci inggris untuk mengencangkan drat dari setiap alat.

Sekarang beralih ke bagian dalam tangki air (tank trim). Pasang semua alat yang terdapat di dalam tangki tersebut. Pastikan stop kran, T, flexible hose, dan jet shower telah terpasang dengan benar.

3. Mengatur Ketinggian Air Kloset

Setelah tangki air diinstal, pemasang bisa mengatur ketinggian air kloset. Ketinggian air ini bisa diatur dengan cara menyesuaikan T. Untuk menyesuaikan T, pemasang bisa memutar tuas tersebut hingga tinggi air kloset sesuai dengan yang diinginkan.

4. Mengencangkan Kloset

Setelah jalur suplai air terpasang dengan baik dan benar, langkah selanjutnya adalah mengencangkan kloset duduk. Selain dikencangkan ke lantai, kencangkan juga kloset duduk ke tembok.

Biasanya, bagian kloset duduk yang berdekatan dengan tembok adalah bagian tangki air. Beberapa merk kloset duduk tidak menyediakan tuas pengencang di bagian tangki air. Akan tetapi sebagian merk tetap menyediakannya. Jika memang tersedia, jangan lupa mengencangkan tuas ini juga.

5. Memasang Tutup Tangki dan Push Button

Setelah semua tuas air dikencangkan, cara memasang kloset duduk selanjutnya yaitu menutup tangki air. Cara memasang tutup tangki air terbilang mudah. Cukup dengan memasang dan mengencangkan bautnya saja. Bersamaan dengan itu, jangan lupa memasang push button untuk menyiramkan air ke dalam kloset.

6. Mengecek Kloset Duduk Setelah Terpasang

Setelah semua langkah selesai, cek apakah kloset duduk telah berfungsi dengan baik. Coba hidupkan stop kran. Isi tangki air. Setelah itu, coba tekan push button. Pastikan air dari push button tidak merembes ke samping-samping kaki kloset duduk. Jika ternyata ada rembesan, berarti ada yang salah dengan pemasangan wax ring. Apabila ini terjadi, pemasang perlu membongkar kloset duduk dan memasangnya dari awal.

Demikianlah hal yang perlu diperhatikan serta cara memasang kloset duduk yang baik dan benar. Jangan sampai terlewat satu langkah pun, karena akan berdampak pada tidak berfungsinya kloset seperti seharusnya.


6:26:00 AM