Hal Yang Perlu Diperhatikan Serta Cara Memasang Tinta Printer Tanpa Merusak Cartridge




cara memasang tinta printer

Cara Memasang Tinta Printer - Hampir setiap meja di kantor memiliki printer. Akan tetapi, tidak semua orang paham bagaimana mengatur cara kerja printer tersebut. Termasuk cara memasang tinta printer. Jika tidak dipahami dengan baik, proses pemasangan tinta printer bisa menimbulkan kerusakan pada cartridge (pencetak tinta). Jika sudah demikian, cartridge harus diganti, sedangkan harga cartridge baru mencapai ratusan ribu rupiah. Lantas bagaimana cara memasang tinta printer tanpa merusak cartridge? Hal apa saja yang perlu diperhatikan? Simak ulasan berikut ini.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Tinta Printer

Memasang tinta printer membutuhkan kehati-hatian. Jika tidak, tinta bisa tumpah berserakan di printer. Lebih buruk lagi, cartridge printer bisa rusak. Maka dari itu, sebelum melakukan pengisian ulang, persiapkanlah alat-alat yang dibutuhkan.

Alat-alat pemasangan tinta printer meliputi infus, cartridge, bor, lamban kertas, double tip, kabel print to usb, kabel listrik, dan PC. Dari semua alat tersebut, infus, cartridge, kabel print, dan PC adalah yang paling utama. Infus digunakan untuk mengalirkan tinta ke printer. Cartridge sebagai pengatur output tinta yang dibutuhkan. Kabel dan PC digunakan untuk mengecek apakah tinta sudah terpasang dengan baik.

Setelah melengkapi semua alat tersebut, selanjutnya proses pemasangan tinta printer bisa dilakukan. Berikut ini rincian cara memasang tinta printer yang baik dan benar.

Langkah-Langkah Memasang Tinta Printer Yang Baik Dan Benar

Cara memasang tinta printer berikut ini perlu kehati-hatian. Tidak ada langkah yang boleh dilewatkan karena nanti akan berdampak pada fungsi printer. Adapun langkah-langkah memasang printer yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Cek Kondisi Cartridge

Sebelum melakukan pemasangan tinta printer, cek terlebih dulu kondisi cartridge. Cobalah melakukan print tanpa menghubungkan cartridge dengan wadah tinta. Jika cartridge bisa beroperasi dengan baik, maka cartridge tidak mengalami kerusakan. Akan tetapi apabila cartridge menyendat-nyendat, atau perlu waktu lama untuk merespon, berarti ada masalah dalam cartridge tersebut. Pertimbangkan untuk mengganti cartridge dengan yang baru.

2. Lakukan Instalasi Tinta ke Cartridge

Setelah cartridge terbukti dalam kondisi baik, cara memasang tinta printer selanjutnya adalah dengan melakukan instalasi tinta ke cartridge. Pertama-tama, masukkan selang infus tinta hitam ke dalam cartridge hitam. Kemudian masukkan selang tinta merah, biru, dan kuning ke dalam cartridge warna.

Apabila cartridge yang digunakan baru, sebelumnya bor terlebih dulu bagian atas cartridge. Bagian yang dibor adalah karet penutupnya.

3. Cek Kondisi Infus Tinta

Sebelum cartridge dipasang, pastikan tinta benar-benar mengalir dari infus ke cartridge. Maka dari itu, alangkah baiknya jika sebelumnya tinta telah dituang ke dalam wadahnya. Cek bagaimana posisi infus tinta. Pastikan infus tinta tidak tertukar satu sama lain. Setelah itu, masukkan kembali wadah tinta ke wadah di samping printer. Keluarkan infus dari lubang penutup wadah. Lalu kencangkan mur yang ada di penutup wadah tersebut.

4. Instal Cartridge Ke Dalam Printer

Setelah tinta dipasang dengan baik, selanjutnya install cartridge ke tempatnya di dalam printer. Ingat, jangan sampai cartridge hitam dan berwarna saling bertabrakan. Selain itu, jangan sampai infus tinta cartridge menghalangi jalannya cartridge dalam melakukan print. Hal ini sangat perlu diperhatikan. Sebab, apabila jalannya cartridge terhalang infus, maka cartridge bisa saling bertabrakan dan rusak.

Sebaiknya, rapikan posisi infus di sebelah kiri atau kanan di dalam printer. Lebih dekat dengan wadah tinta lebih baik. Supaya infus tidak berpindah-pindah, lekatkan infus di dinding printer dengan menggunakan double tip. Jangan lupa, beri alas kertas di bawah infus sebelum infus dilekatkan ke dinding printer.

5. Lakukan Cek Fungsi Cartridge

Setelah cartridge dan infus termanajemen dengan baik di dalam printer, cara memasang tinta printer yang terakhir yaitu mengecek printer.

Sebelumnya, tutup bagian belakang printer supaya lebih rapi. Setelah itu, masukkan kabel port print – USB ke dalam hub printer dan hub PC (atau CPU). Coba cek apakah cartridge telah terinstal dengan baik. Buka aplikasi Printing. Agar semakin memastikan cartridge bisa berfungsi, cobalah melakukan test printing.

Lima langkah di atas adalah cara memasang tinta printer dengan baik dan benar. Ingat, selalu berhati-hati dalam memasang tinta printer agar tidak merusak cartridge atau komponen komputer lainnya.


6:38:00 AM