Informasi Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam




cara menghilangkan flek hitam

Cara Menghilangkan Flek Hitam - Bintik hitam atau flek hitam banyak terdapat pada wajah sangat mengganggu penampilan secara keseluruhan. Dengan flek hitam wajah akan terlihat kusam dan tidak bercahaya, namun jangan khawatir karena flek hitam bisa dihilangkan. Sangat penting mengetahui penyebab sekaligus cara menghilangkan flek hitam di wajah, agar kulit kembali cerah dan bercahaya.

Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam bisa muncul di wajah karena banyak hal baik dari dalam maupun luar tubuh. Untuk faktor dari luar tubuh masih bisa dengan mudah dikontrol, tetapi untuk faktor dari dalam tubuh hanya bisa meminimalisir akibatnya saja. Berikut ini beberapa penyebab flek pada wajah yang bisa dialami semua orang:
  • Hiperpigmentasi. Terjadi karena produksi melanin yang berlebihan pada sel kulit sehingga menyebabkan kulit menghitam pada spot tertentu. Jika terjadi pada banyak spot maka hal ini akan sangat mengganggu.
  • Hormonal tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormonal pada saat hamil juga bisa memicu hiperpigmentasi pada kulit. Namun ini tidak bersifat permanen, karena saat kehamilan usai maka flek hitam akan hilang dengan sendirinya.
  • Terpapar UV pada sinar matahari. Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar UV yang ada di dalam sinar matahari bisa menyebabkan radiasi dan membakar sel kulit sehingga terbentuk flek.
  • Kerusakan kulit. Flek hitam juga menjadi penanda bahwa terjadinya kerusakan di kulit, yaitu tidak bisa detoksifikasi racun yang ada di kulit. Hal itu menyebabkan tertumpuk racun di sel, sehingga terbentuk flek.
  • Bekas jerawat. Jerawat adalah penyebab flek hitam, karena setelah sembuh biasanya meninggalkan bintik-bintik hitam pada kulit. Bekas lukanya membutuhkan waktu untuk hilang sendiri bisa cepat bahkan bisa menetap.
  • Usia. Faktor usia memang tidak bisa dikontrol karena akan terus bertambah setiap hari tanpa bisa dihentikan disertai perubahan kulit. Tetapi untuk proses penuaan bisa dihambat dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat dan konsumsi makanan sehat.
Nah, itulah penyebab-penyebab munculnya flek hitam di wajah, penting untuk mengetahuinya agar bisa menghindarinya. Jika flek hitam sudah terlanjur muncul di wajah maka harus tahu cara menghilangkan flek hitam tersebut, agar wajah kembali cerah. Di bawah ini akan diulas mengenai cara-cara menghilangkan flek hitam secara alami yang ada di wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, agar wajah kembali bersinar. Mulai dengan cara perawatan ke salon, ke dokter kecantikan atau dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Gosok Flek Hitam Dengan Jus Lemon

Air perasan atau jus lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya adalah dengan mengambil air perasan jeruk lemon kemudian digosokkan pada flek hitam. Lalu biarkan sampai mengering dan bilas dengan air bersih, lakukan selama 2 minggu.

2. Gunakan Masker Kentang

Kentang memiliki kandungan enzim yang bisa menyehatkan kulit wajah sebagai pemutih alami. Caranya adalah dengan parut kentang kemudian campurkan dengan madu dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan masker hingga kering selama 15 menit dan bilas dengan air hangat, lakukan secara teratur.

3. Masker Buttermilk Untuk Flek Hitam Bekas Jerawat

Buttermilk berguna untuk menghilangkan flek hitam akibat jerawat, asam laktatnya akan mencerahkan kulit. Caranya adalah dengan mengambil 4 sdt buttermilk, campurkan dengan 2 sdt jus tomat segar secara merata. Lalu oleskan sebagai masker, biarkan mengering sampai 15 menit kemudian cuci bersih.

4. Oleskan Lidah Buaya Pada Flek Hitam

Lidah buaya memiliki khasiat obat alami yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan flek hitam. Caranya belah-belah lidah buaya kemudian ambil gelnya dari daun lidah buaya, oleskan pada flek atau bintik hitam di wajah. Biarkan 15-20 menit, bersihkan dengan handuk hangat, lakukan 1-2 kali seminggu.

Demikian adalah cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa dengan mudah dilakukan sendiri. Menggunakan cara di atas untuk menghilangkan flek hitam akan membuat wajah kembali bersih dan bersinar tanpa flek hitam. Jika flek hitam sudah hilang, jangan lupa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.


6:20:00 AM