Ingin Edit File PDF? Gunakan Beberapa Cara Mengedit File PDF Ini




Cara Mengedit File PDF

Cara Mengedit File PDF - Portable Document Format atau yang lebih dikenal dengan PDF merupakan salah satu format file. Jadi format file yang satu ini banyak dipilih karena dikenal mudah penggunaannya serta dapat dibuka di hampir semua perangkat. Banyak yang beranggapan jika format PDF adalah format final, tanpa bisa diedit lagi. Padahal ada banyak cara mengedit file PDF yang tersedia.

Cara-cara ini tentu berguna bagi pihak-pihak yang ingin mengedit filenya yang berformat PDF. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengedit dokumen berformat PDF ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Menggunakan Microsoft Office

Cara pertama untuk melakukan edit file PDF dapat dengan menggunakan Microsoft Office. Biasanya microsoft office yang digunakan di sini adalah yang MS Office tahun 2013 atau 2016. Cara melakukan edit file PDF menggunakan microsoft office pun cukup mudah, yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka MS Office.
  • Pilih menu open lalu pilih file yang akan di edit.
  • Saat dibuka maka otomatis file PDF akan terkonversi ke format asli.
  • Setelah dokumen dapat terbuka kembali menjadi format asli maka dapat mulai dilakukan pengeditan.
  • Ketika melakukan penyimpanan file, pilih format PDF jika ingin menyimpannya kembali pada format PDF.

2. Aplikasi Edit PDF Online

Cara mengedit file PDF yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi edit PDF online. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi edit PDF online yang dapat digunakan langsung mengedit file secara online. Aplikasi edit PDF online ini dinilai lebih mudah digunakan. Meskipun juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain pengeditan yang lebih susah.

Untuk menggunakan aplikasi ini caranya pun dapat dibilang mudah. Cukup cari aplikasi edit pdf online yang ada di internet, lalu masukkan file yang akan di edit. Ikuti instruksi yang ada untuk melakukan pengeditan sesuai dengan keinginan. Hanya saja perlu diketahui jika aplikasi ini memang sedikit sulit digunakan jika dibanding aplikasi edit PDF offline.

3. Mengubahnya Menjadi Format Asli Lebih Dahulu dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain kedua cara di atas, masih ada cara lain untuk mengedit PDF. Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengedit PDF adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Maksud dari aplikasi pihak ketiga ini adalah aplikasi lain yang nantinya berfungsi mengubah format file PDF pada format asli.

Aplikasi yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan secara online. Pilih aplikasi yang dirasa cocok untuk digunakan. Upload file PDF yang akan diubah pada format asli, lalu lakukan konversi pada format asli. Hasil konversi itulah yang nantinya dapat diedit. Menggunakan aplikasi pihak ketiga ini menjadi pilihan banyak orang karena dinilai lebih mudah.

4. Menggunakan Adobe Acrobat PRO

Jika tadi telah dibahas aplikasi yang dapat digunakan tanpa berbayar, kali ini ada aplikasi Adobe Acrobat PRO yang merupakan aplikasi berbayar. Aplikasi yang satu ini cukup mudah digunakan, format file pun tidak perlu dirubah terlebih dahulu ke format asli. Jadi pengguna aplikasi ini dapat mengedit PDF secara langsung.

Cara menggunakan aplikasi ini yaitu dengan lebih dahulu membuka Adobe Acrobat PRO. Selanjutnya pilih file yang akan di edit. Lalu nanti akan tampil kotak-kotak biru yang berfungsi memisahkan antar teks maupun gambar. Pengguna dapat langsung mengedit kotak-kotak yang ada sesuai yang diinginkan.

5. Menggunakan Adobe Reader DC

Aplikasi berbayar selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengedit PDF adalah Adobe Reader DC. Sama seperti Adobe Acrobat PRO aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Cara penggunaannya yaitu dengan membuka file yang akan di edit. Untuk selanjutnya pilih panel edit pada bagian sebelah kanan. Setelah itu tinggal mengedit sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tak hanya mengedit tulisan, di sini pengguna juga dapat sekaligus mengedit gambar yang ada. Tinggal cocokkan gambar atau tulisan yang akan di edit. Kalau sudah selesai melakukan edit, cukup klik save maka file akan tersimpan dalam format PDF.

Beberapa cara mengedit file PDF di atas dapat menjadi alternatif untuk yang masih bingung bagaimana merubah isi file PDF. Pilih cara yang dinilai paling mudah untuk digunakan. Masing-masing cara pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pilih yang dinilai paling sesuai kebutuhan.


10:19:00 AM