Ingin Tahu Cara Mengedit Foto Di Laptop? Ini Informasinya




Cara Mengedit Foto Di Laptop

Cara Mengedit Foto Di Laptop - Mengedit foto mungkin sudah menjadi kegemaran sebagian besar orang, berkaitan dengan hobi upload foto di media sosial. Banyak cara mengedit foto yang bisa dilakukan salah satunya adalah mengedit foto menggunakan laptop. Aplikasi yang paling digemari adalah Adobe Photoshop, meskipun sebenarnya masih banyak aplikasi dan cara mengedit foto di laptop lainnya.

Cara Edit Foto Di Laptop Dengan Photoshop

Cara edit pertama yang bisa dilakukan di laptop menggunakan photoshop adalah mencerahkan foto. Membuat foto lebih cerah adalah cara mengedit foto di laptop paling banyak dicari, hal ini biasa digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Berikut ini cara mencerahkan foto di laptop menggunakan Photoshop:
  • Buka aplikasi photoshop: Sebelum melakukan proses pengeditan tentunya harus membuka dulu aplikasi Adobe Photoshop yang ada di laptop. Jika belum mempunyai aplikasi ini maka bisa menginstallnya terlebih dahulu di laptop. Setelah terinstall buka shortcut photoshop yang ada di layar laptop dengan cara klik dua kali (2x) dan photoshop akan terbuka.
  • Ambil foto : Setelah membuka aplikasi saatnya mengambil foto yang akan di edit di laptop menggunakan photoshop. Caranya adalah dengan klik file, kemudian open dan cari lokasi foto yang akan di edit atau dicerahkan warnanya. Jika sudah menemukan fotonya maka klik filenya dan foto akan terbuka dan siap untuk dilakukan pengeditan.
  • Atur ketajaman foto: Pada file foto yang sudah terbuka maka akan tampil foto yang dimaksud dan siap untuk diedit. Silahkan pilih Image pada toolbar yang tersedia, kemudian klik adjustment, dan klik level untuk mengatur ketajaman contras pada foto. Setelah klik level maka akan muncul box pengaturan warna, pada input level akan tampak kurva yang bisa diubah-ubah untuk menghasilkan foto yang diinginkan.
Nah, itulah cara mengedit foto di laptop yaitu mencerahkan foto menggunakan photoshop. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur edit untuk foto yang ada di laptop agar menjadi lebih bagus dan berkualitas. Selain photoshop masih banyak cara mengedit foto di laptop, salah satunya menggunakan word.

Cara Edit Foto Di Laptop Dengan Word

Word bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan edit foto di laptop, karena semua laptop pasti memiliki Microsoft Word. Mungkin belum banyak diketahui cara edit foto menggunakan word ini, karena memang tidak populer. Berikut ini cara mengedit foto di laptop menggunakan word:

1. Buka Menu Picture Tools

Semua menu untuk mengedit gambar atau foto ada di picture tools ini. Menu akan langsung aktif berbentuk ribbon ketika foto dimasukkan ke word dengan cara insert picture. Dalam ribbon tersebut sudah terdapat macam-macam tools yang dibutuhkan untuk mengedit foto atau gambar. Setelah gambar berhasil di manipulasi menjadi sesuai keinginan, bisa dilanjutkan untuk edit frame.

2. Masukkan Gambar Ke Dalam Frame 

Setelah foto dalam kondisi terbaik dari warna, kontras, dan lainnya maka siap untuk diedit frame. Menggunakan word bisa mengedit foto menjadi seolah berada di dalam frame. Caranya adalah klik insert shape, kemudian pilih shape yang disukai untuk dijadikan frame foto.

Setelah itu pilih menu shape fill, klik picture dari drawing tools yang muncul di ribbon. Lalu klik insert dan kemudian foto sudah berada di dalam shape tersebut. Untuk memperbaiki foto di dalam shape, klik kanan pada gambar lalu pilih opsi format shape.

3. Haluskan Ujung Gambar Yang Diedit

Word juga bisa digunakan untuk memberi efek tidak biasa pada foto yang diedit. Foto bisa diberi efek halus ada ujungnya dengan cara masukkan foto yang diedit ke dalam word, kemudian pilih soft edge rectangle dalam picture styles.

Untuk mengatur efek pudar bisa klik kanan pada foto dan klik format picture, di sana akan ada berbagai pengaturan termasuk glow dan lainnya. Dengan begitu foto yang dihasilkan akan memiliki efek halus dan memudar di ujung-ujungnya, yang menambah nilai estetikanya.

Itulah cara mengedit foto di laptop menggunakan aplikasi photoshop dan Microsoft word. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini, foto di laptop bisa diedit menjadi lebih bagus menggunakan adobe photoshop. Namun tanpa photoshop pun foto bisa diedit menjadi lebih indah dengan Microsoft word menggunakan laptop.


10:21:00 AM