Ini Cara Cepat Pasang 4 LNB Yang Bisa Dicoba




Cara Cepat Pasang 4 LNB

Cara Cepat Pasang 4 LNB - Memasang parabola merupakan alternatif yang tepat bagi siapa saja yang ingin mendapatkan akses informasi dan hiburan lebih banyak dan lebih cepat. Memasang parabola dengan 4 Lnb bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin menonton acara tv luar negeri. Dengan memasang 4 Lnb maka pengguna dapat mendapatkan sinyal satelit palapa D, Telkom 3S, Asiasat 5 dan Asiasat 7. Lalu bagaimana cara cepat pasang 4 Lnb itu? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Detail Pasang 4 LNB

Memasang 4 LNB memang bisa dibilang mudah-mudah susah, ada banyak langkah yang harus di tetapkan. Langkah ini harus diterapkan dengan benar agar nantinya tidak menimbulkan masalah. Langkah itu adalah:

1. Cari Satelit Terdekat Dan Atur LNB

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari posisi satelit terdekat yang berdekatan dengan Telkom 3S, Palapa D. kemudian bongkar bracket LNB yang dimiliki namun jangan di lepaskan terlebih dahulu LNB nya. Selanjutnya gunakan penggaris untuk menghitung jarak antara LNB antara Palapa D dan Telkom 1. Lalu carilah jarak LNB tiap 1 derajat, cara ini dengan membagi antara jarak LNB dengan jarak derajat satelit.

2. Tentukan Jarak 4 LNB

Setelah menemukan berapa jarak 1 derajat, maka langka selanjutnya adalah menghitung jarak 4 LNB. Hal ini dilakukan agar tracking tidak terlalu lama, minimum yang direkomendasikan adalah diameter LNB dibagi dengan jarak 1 derajat. Jika jarak derajat yang diambil lebih kecil dari angka 3.6 maka untuk memaksimalkan sinyal LNB harus di belah.

3. Tentukan Satelit Yang Ingin Dilock

Cara cepat pasang 4 LNB yang selanjutnya adalah menentukan satelit mana yang akan di kunci atau lock. Pengguna harus mengetahui satelit mana yang paling penting dan memuat channel-channel yang paling diinginkan. Rekomendasi jarak maksimum LNB dari focus tidak lebih ari 2.5 x lebar dish. Namun jika ingin lebih memaksimalkannya atau lebih lebar juga tidak ada masalah.

Sebagai contoh jika yang akan dilock adalah Telkom 3S, Palapa D, Asiasat 5 dan 7 maka untuk memenuhi rekomendasi maksimum jarak maka bisa digunakan kombinasi pemasangan LNB ke 2. Namun jika ingin mementingkan sinyal Telkom 2S dan Palapa D maka geserlah ke kombinasi 1 dimana sinyal Palapa D sebagai fokusnya sedangkan sinyal Telkom 3S makin dekat dengan fokus. Sayangnya cara ini harus mengorbankan channel Asiasat 5 menjadi terganggu bahkan hilang.

4. Hitung Jarak LNB Yang Akan Dipasang Di Bracket

Selanjutnya hitungkan jarak LNB yang akan dipasang di bracket,cara menghitungnya adalah degan cara kali kan jarak derajat antara satelit dengan jarak tiap derajat. Setelah itu buatlah bracket dari perhitungan jarak yang sudah dilakukan. Jika sudah selesai maka tinggal pasang ke parabola dan lakukan tracking.

5. Maksimalkan LNB

Langkah terakhir adalah dengan memaksimalkan lnb terlebih dahulu sebagai fokus. Kemudian jika belum tepat maka rubah sedikit posisinya agar lebih tepat. Jika ketika digeser e barat dan kualitas sinyalnya bertambah maka berarti posisi dari LNB Telkom 3S kurang tepat. Sedangkan jika digeser ke timur dan kualitas bertambah maka berarti LNB kurang renggang. Jika semua sudah diatur dan tepat maka langkah terakhir adalah ke receiver.

Cara Ke-2 Yang Ringkas

Cara diatas mungkinlah sangat panjang dan detail. Bagi yang sudah ahli maka cara ringkas mungkin akan membantu. Cara ringkas memasang 4 LNB adalah sebagai berikut ini :
  • Pasang LNB ke scalar ring dengan kedalaman sekitar 38 dan garis 0 dan pastikan sejajar
  • Hubungkan LNB ke Diseqc dengan ketentuan Lnb 1 adalah Palapa D, Lnb 2 adalah Telkom 1, Lnb 3 adalah Asiasat 7 dan Lnb 4 adalah asiasat 5.
  • Selanjutnya hubungkan kabel dari port diseqc ke port receiver yang digunakan
  • Lalu dibagian menu, setting masing-masing satelit sesuai degan pengaturan tadi
  • Lakukanlah pointing dari channel satu terlebih dahulu
  • Jika sinyal dirasa sudah cukup maka lakukan scan secara otomatis pada masing-masing satelit.
Itulah cara cepat pasang 4 LNB yang bisa dilakukan. Mungkin bagi para pemula yang belum pernah melakukan cara cepat pasang 4 LNB di atas bisa dibilang tidak mudah bahkan sulit, namun bagi para teknisi yang sudah hafal dengan jarak maka langkah diatas sudahlah cukup untuk dipraktikkan. Jika ketika pemasangan menemukan masalah maka sebaiknya langsung konsultasikan kepada para ahlinya. Jangan cukup hanya belajar hanya pada satu referensi saja, masih banyak referensi lainnya yang bisa dipilih dan melengkapi pengetahuan yang didapatkan.


1:52:00 PM