Ini Cara Membuat Ayam Bakar Spesial Yang Lezat Beserta Peralatan dan Bahannya




cara membuat ayam bakar

Cara Membuat Ayam Bakar Spesial memang memiliki banyak peminat apalagi kalau cara membuat ayam bakar yang dilakukan dengan memperkaya bumbu rempah. Cita rasa yang dihasilkan pasti akan sangat khas dan semakin lezat. Apalagi jika menyantapnya ditemani dengan lalapan dan sambal yang pedas. Hal itu yang membuat ayam bakar menjadi salah satu menu andalan di setiap warung makan bahkan restoran.

Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti menyukai menu makanan yang satu ini. Bahkan untuk disajikan di acara besar keluarga pun, ayam bakar tidak boleh sampai terlupakan. Jika ingin membuat ayam bakar spesial di rumah, tapi belum tahu bumbu dan cara memasaknya, berikut ini ada informasi bahan, alat serta cara membuat ayam bakar spesial yang mudah dilakukan. Yuk simak!

Bahan-Bahan Dan Peralatan

Ayam bakar memang menu yang sudah umum disajikan oleh banyak orang dalam setiap menu makanan andalan. Jika ingin membuat ayam bakar spesial di rumah untuk keluarga dan orang-orang tersayang, maka persiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu.  Bahan dengan kualitas yang baik maka akan mendapatkan cita rasa yang juga baik. Nah bahan dan peralatan untuk membuat ayam bakar spesial di rumah sangatlah mudah. Berikut bahan dan peralatan yang diperlukan :

Bahan-Bahan

  • 500 gr ayam, potong jadi beberapa bagian
  • 2 buah jagung manis
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai keriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 tomat buah
  • 1 sendok bawang putih goreng
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • 1 sdm air jeruk nipis

Peralatan

  • Alat pemanggang ayam
  • Teflon
  • Kuas
  • Baskom
  • Piring untuk penyajian

Cara Membuat Ayam Bakar Spesial

Jika semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan telah siap, maka selanjutnya adalah mempraktekkan cara membuat ayam bakar spesial yang mudah dan lezat. Semakin lezat ayam bakar yang dibuat, maka akan semakin semangat menyantapnya. Cara membuat ayam bakar yang mudah dan lezat bisa dilakukan di rumah, begini cara membuatnya :

1. Bersihkan Ayam

Sebelum dimasak/diungkep dengan bumbu yang akan dihaluskan, terlebih dahulu cuci ayam sampai bersih. Jika masih ada sisa-sisa bulu yang tersisa, bersihkan sampai benar-benar bersih. Sisihkan ayam yang telah dibersihkan ke dalam baskom atau mangkuk.

2. Haluskan Bumbu

Selanjutnya siapkan bumbu yang akan dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit. Lalu haluskan sampai bumbu benar-benar halus. Bumbu yang sudah halus letakkan ke dalam mangkuk sebelum dimasak.

3. Masak Bumbu Halus

Siapkan panci berisi air untuk memasak bumbu halus, kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan tambahkan kecap manis lalu masak sampai mendidih. Selanjutnya tambahkan juga garam, gula, dan lada bubuk aduk sampai tercampur rata, lalu matikan kompor.

4. Masukkan Ayam Ke Dalam Bumbu

Siapkan air dari rebusan bumbu halus yang telah dimasak, lalu masukkan ayam yang telah dibersihkan ke dalam bumbu tersebut. Diamkan sampai kurang lebih setengah jam atau sampai bumbu benar-benar meresap. Semakin lama didiamkan, maka bumbu akan semakin meresap ke dalam tubuh ayam yang akan dibakar.

5. Siapkan Bumbu Oles

Potong tomat menjadi bagian-bagian kecil dan iris tipis bawang merah. Letakkan ke dalam mangkuk atau wadah lain, tambahkan kecap manis dan perasan air jeruk nipis. Aduk sampai rata. Jika ingin mendapatkan ayam bakar yang mengkilat, bisa menambahkan sedikit margarin ke dalam bumbu olesnya. Lalu sisihkan bumbu oles sebelum digunakan.

6. Bakar Ayam Yang Telah Dibumbui

Siapkan alat untuk memanggang ayam, jika tidak ada bisa menggunakan teflon atau oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Sebelum dibakar oleskan ayam dengan bumbu oles menggunakan kuas, lalu bakar sampai setengah matang.

Jika sudah setengah matang oleskan lagi dengan bumbu oles sampai bumbu benar-benar meresap. Bakar ayam sampai benar-benar matang. Ayam yang sudah matang siap untuk disajikan.

7. Penyajian Ayam Bakar Spesial

Letakkan dan susun ayam bakar spesial diatas piring yang telah disediakan. Tambahkan saus atau sambal terasi serta lalapan agar semakin menggugah selera makan. Ditemani dengan nasi yang masih hangat juga sangat pas.

Nah itulah bahan, peralatan dan cara membuat ayam bakar spesial yang mudah dan lezat. Hidangan yang cocok disantap saat makan bersama keluarga tercinta dan juga kerabat dekat. Makan bersama dengan ayam bakar spesial pun akan menjadi lebih spesial dengan orang tersayang, bukan?


3:30:00 AM