Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Darah Tinggi Secara Alami




cara menghilangkan darah tinggi

Cara Menghilangkan Darah Tinggi Secara Alami - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi tergolong penyakit silent killer atau dapat membunuh secara diam-diam. Darah tinggi terbilang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani secara cepat. Dikarenakan hal tersebut dapat memicu terjadinya komplikasi yang dapat berujung kematian. Cara menghilangkan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Akan tetapi sebagian orang tidak mengetahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan justru akan membuat ketergantungan dan menimbulkan masalah yang lebih serius. Untuk menghilangkan darah tinggi dapat dilakukan dengan cara yang tradisional. Berikut ini beberapa cara menghilangkan darah tinggi dengan aman dan alami.

1. Mengkonsumsi Yoghurt

Salah satu faktor penyebab terjadinya darah tinggi adalah kurangnya kalsium di dalam tubuh. Oleh karena itu untuk mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan menambahkan kalsium ke dalam asupan tubuh.

Menurut para ilmuwan cara menghilangkan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi yoghurt. Hal ini disebabkan di dalam yoghurt mengandung kalsium yang sangat tinggi dan mampu membuat pembuluh darah lebih lentur. Di dalam 170 gram yoghurt mengandung 300 mg kalsium atau 1/3 kebutuhan tubuh akan kalsium.

2. Menggunakan Daun Salam

Cara menghilangkan darah tinggi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun salam. Daun salam mengandung mineral yang dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan merebus 10 lembar daun salam dan tiga gelas air. Biarkan rebusan hingga tersisa satu gelas. Agar lebih manjur dapat juga ditambahkan sedikit sambiloto.

3. Mengkonsumsi Mentimun Setiap Hari

Tingginya mineral pottasium yang terdapat di dalam mentimum membuat buah ini ampuh dalam menghilangkan darah tinggi. Penderita darah tinggi dapat mengkonsumsi mentimum secara langsung ataupun dibuat jus terlebih dahulu. Lakukan cara menghilangkan darah ini setiap hari, maka darah tinggi akan segera turun dan hilang.

4. Rajin Mengkonsumsi Pisang

Bagi penderita, mulai sekarang masukkanlah pisang sebagai menu sarapan. Dikarenakan di dalam pisang mengandung kalium yang sangat tinggi. Dimana kalium tersebut mampu mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan rajin mengkonsumsi pisang dapat mengatasi darah tinggi.

5. Makan Buah Beri Secara Rutin

Menurut penelitian buah beri mengandung polifenol atau senyawa tumbuhan alami yang sangat baik untuk jantung dan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi buah beri secara rutin menjadi cara menghilangkan darah tinggi yang cukup ampuh. Pastikan untuk mengkonsumsi buah ini tidak kurang dari 8 minggu dan rasakan perbedaannya.

6. Dengan Olahan Mengkudu

Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, siapa sangka jika buah mengkudu sangat baik untuk kesehatan. Mengkudu menjadi salah satu obat tradisional yang sudah dikenal sejak dulu.

Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan buah mengkudu atau memblendernya terlebih dahulu. Kemudian buah mengkudu dapat langsung dikonsumsi secara mentah. Untuk menghilangkan bau, cobalah tambahkan madu pada olahan mengkudu tersebut.

7. Minum Jus Seledri

Di dalam penyembuhan tradisional China, seledri dijadikan sebagai ramuan alami untuk mengatasi darah tinggi. Menurut penelitian dengan minum jus seledri setiap hari selama satu pekan, dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut terjadi karena di dalam seledri mengandung kalium, mineral dan antioksidan yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, seledri juga mengandung senyawa 3-N-Butilphthalide (BNP) yang dapat merenggangkan atau melebarkan otot dinding arteri. Dengan demikian darah akan dapat mengalir dengan lancar. Dengan mengkonsumsi jus seledri setiap hari juga dapat mengurangi hormon stres akibat pembuluh dara yang mengkerut.

8. Mengkonsumsi Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih adalah cara menghilangkan darah tinggi yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Bukan tanpa alasan, di dalam bawang putih mengandung senyawa alisin yang dapat melebarkan dan menghindari pembekuan pada darah. Selain itu bawang putih juga dapat menghancurkan lemak dan menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat menghindari darah tinggi.

9. Makan Blewah

Buah blewah dapat dijadikan penurun tekanan darah tinggi. Di dalam blewah mengandung mineral pottasium yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi blewah setiap hari dapat menjaga tekanan darah tinggi agar tetap normal.

10. Makan Sedikit Coklat

Selain menenangkan, coklat juga menjadi cara menghilangkan darah tinggi. Pastikan untuk mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang sedikit saja, karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar akan mempengaruhi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan adanya kandungan flavonoid yang dapat menyebabkan pembuluh darah melebar.

Untuk dapat menghilangkan tekanan darah tinggi dapat menggunakan bubuk coklat murni. Karena di dalam bubuk murni tersebut tinggi akan flavonoid dan tidak mengandung gula.

Itulah beberapa cara menghilangkan darah tinggi secara alami dan aman. Pastikan untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya yaitu dengan berolahraga, mengurangi stress berlebihan dan dengan pola makan yang baik.


4:17:00 AM