Ini Penyebab Ambeien dan Cara Mengatasi Ambeien Yang Efektif




cara mengatasi ambeien

Cara Mengatasi Ambeien Yang Efektif - Ambeien merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian anus dan harus segera diatasi. Rasa sakit dari ambeien ini bisa menjadi penghambat sebuah aktivitas seseorang. Terlebih ketika mereka sedang duduk, tentunya rasa tidak nyaman akan menghampiri orang yang terkena ambeien tersebut. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi ambeien yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk lebih lanjut simak informasinya berikut ini.

Penyebab Dari Ambeien

Benjolan yang terdapat dalam anus akibat dari adanya pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang bisa disebut sebagai ambeien ini. Biasanya ambeien ini terjadi karena terlalu sering mengejan dengan keras saat BAB. Adanya tekanan yang keras akan menjadikan pembuluh darah pada anus mengalami pembengkakan. Namun secara umum ada beberapa penyebab dari ambeien tersebut, antara lain:
  • Sembelit kronis. Adanya feses yang mengeras akibat dari sembelit akan menjadikan ekstra tenaga untuk mengejan. Hal ini bisa menjadi pemicu utama terjadinya ambeien.
  • Faktor keturunan. Bagi seseorang yang memiliki garis keturunan terkena ambeien, besar kemungkinan untuk bisa menularkan pada jalur keturunannya tersebut. Faktor keturunan juga bisa menjadi pemicu seseorang terkena ambeien.
  • Perkembangan usia kehamilan. Seiring dengan perkembangan usia kehamilan, seseorang bisa mengalami ambeien. Tekanan pada rahim akan juga menjadi tekanan pada pembuluh darah yang ada pada usus besar. Hal ini menjadi salah satu pemicu munculnya sebuah benjolan pada daerah anus.
  • Duduk terlalu lama. Bagi seseorang yang bekerja dengan duduk dalam waktu yang lama akan bisa terkena ambeien. Hal ini karena pembuluh darah tidak berjalan dengan lancar dan juga akan menekan di dinding pembuluh darah ketika duduk. Aliran darah yang instan tersebut akan menyebabkan terjadinya ambeien tersebut.
  • Mengangkat benda yang berat. Sering melakukan pengangkatan benda berat dapat menjadi penyebab dari ambeien. Hal ini karena penumpukan tekanan pada bagian rektum akan mempengaruhi adanya aliran darah dan menjadi bengkak.

Cara Efektif Mengatasi Ambeien

Ketika anda terkena ambeien, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara mengatasi ambeien ini terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan rutin. Berikut beberapa cara tersebut, antara lain:

1. Tidak Membiasakan Menahan BAB

Ering menahan BAB akan berakibat sangat fatal. Hal ini  karena kotoran yang seharusnya dikeluarkan justru dipilih untuk tetap mengendap di dalam tubuh. Segera tuntaskan ketika ingin BAB Menahan BAB bisa memberikan sebuah tekanan pada pembuluh darah yang ada pada area tektum.

2. Tidak Duduk Terlalu Lama

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, duduk terlalu lama bisa menjadi pemicu terjadinya ambeien. Ketika kerjaan mengharuskan anda duduk dalam waktu lama, setidaknya luangkan waktu beberapa menit untuk sekadar berjalan ke toilet atau jalan-jalan sebentar agar sirkulasi darah bisa lancar kembali.

3. Melakukan Sitz Bath

Sitz bath adalah mandi dengan menggunakan air hangat dan merendam daerah anus ke dalam air hangat. Dengan melakukan hal ini bisa menjadi cara mengatasi ambeien yang efektif. Lakukan hal ini selama kurang lebih 10 hingga 15 menit secara teratur. Aktivitas yang satu ini isa mengurangi peradangan dan juga pembengkakan akibat dari ambeien. Namun pastikan untuk mengeringkan anus setelah melakukan sitz bath ini. Hal tersebut berguna untuk memiminalkan kelembaban pada area anus.

4. Selalu Menjaga Kebersihan Anus

Dengan mandi setiap hari tentu akan menjadi cara menjaga kebersihan anus. Bersihkan kulit yang ada di sekitar anus dengan lembut. Hindari adanya penggunaan tisu yang mengandung alkohol yang akan menjadi sebab parahnya ambeien.

5. Melakukan Koagulasi Menggunakan Inframerah

Adanya teknik koagulasi menggunakan sinar laser inframerah bisa menjadi cara efektif dalam melakukan pengobatan ambeien. Hal ini karena akan menjadi sarana pemotongan pembuluh darah. Namun hal ini tentu memerlukan sebuah bantuan dokter dan juga perawatan secara tepat.

6. Mengonsumsi Banyak Serat Dan Air

Serat memang menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat ini bisa ditemui dari sayuran maupun buah-buahan. Adanya konsumsi sayuran yang cukup dan juga ari akan menjadi sarana pencegah sayuran. Hal ini akan mengurangi rasa sakit saat mengejan.

Beberapa cara mengatasi ambeien tersebut bisa menjadi pilihan untuk dilakukan. Dengan paham kesehatan sejak dini tentu akan terhindar dari beberapa bahaya dari ambeien yang ada.


8:20:00 AM