Ini Tahap Menggulung Benang Pada Sepul dan Cara Memasang Benang Mesin Jahit




cara memasang benang mesin jahit

Cara Memasang Benang Mesin Jahit - Memasang benang pada mesin jahit untuk pemula memang akan sedikit sulit. Namun pada artikel ini akan membantu menjelaskan cara yang benar. Sebelum memasang benang, ada tahap yang harus dilakukan yaitu tahap menggulung benang pada sepul. Berikut penjelasan tahap menggulung benang pada sepul serta cara memasang benang mesin jahit.

Tahap Menggulung Benang Pada Sepul

Langkah ini merupakan langkah awal dari cara memasang benang mesin jahit. Jangan lupa untuk memastikan mesin jahit masih berjalan normal alias tidak rusak dan siapkan pula benang jahit. Berikut langkah-langkah untuk menggulung benang pada sepul

1. Lepaskan Sepul Pada Mesin Jahit

Sepul merupakan sebuah gulungan kecil, letaknya berada di bawah jarum jahit pada umumnya. Sepul fungsinya sebagai pemasok benang untuk setik mesin sisi bawah. Mencari letak sepul yaitu dengan membuka pintu rumah sepul (di bawah jarum) lalu tarik keluar.

2. Pastikan Menggunakan Sepul Yang Kosong

Setelah sepul dikeluarkan dari mesin jahit, umumnya sepul berada di sebuah sekoci (tempat sepul). Lepaskan sepul tersebut dengan menarik tuas sekoci. Setelah terlepas, pastikan sepul kosong dari benang atau jika tertinggal sedikit sebaiknya bersihkan.

3. Siapkan Kelos Benang Untuk Mengisi Sepul

Bagian atas mesin jahit terdapat tiang penyangga benang. Letakkan kelos benang ke tiang tersebut. Setelah itu tarik ujung benang dan selipkan ke lubang sangkutan. Setelah itu tarik ke bawah dan selipkan kembali pada penjepit benang bawah.

4. Gulung Sedikit Kelos Benang Pada Sekoci

Tarik ujung kelos benang yang telah diselipkan tadi, setelah itu digulungkan sedikit pada sekoci. Cukup gulung secara manual sebanyak kira – kira 6 atau 7 gulungan.

5. Masukkan Sepul Pada Tiang Penggulung Benang

Langkah selanjutnya adalah memasukkan sepul pada tempatnya. Pada umumnya ketika proses menggulung benang, sepul diletakkan pada sebuah tiang penggulung pada mesin jahit. Supaya lebih aman, tekan tiang penggulung benang tersebut.

6. Kendurkan Kunci Roda Putar

Setelah sepul berada pada tiang penggulung benang, langkah selanjutnya adalah mengunci jarum jahit. Caranya dengan mengendurkan kunci roda putar di sisi samping mesin jahit. Langkah ini berguna agar jarum tidak ikut bergerak naik turun ketika proses penggulungan benang pada sepul.

7. Jalankan Mesin Jahit

Langkah terakhir bisa langsung dijalankan mesin jahit tersebut. Macam-macam cara, ada yang menggunakan tangan, kaki, atau pedal injakan. Jika mesin telah tersambung dengan dynamo listrik, spul dapat memutar hingga berhenti sendiri saat sudah penuh terisi benang. Setelah penuh, lepaskan sepul dari tiang penggulung, dan kencangkan kembali pengunci roda.

Langkah Cara Memasang Benang Mesin Jahit

Setelah sepul terisi benang, baru bisa dilakukan langkah selanjutnya. Memasang benang pada mesin jahit sehingga dapat langsung dipakai untuk menjahit. Berikut langkah-langkahnya

1. Aktifkan Jarum Jahit Pada Mesin

Pastikan jarum jahit berada pada posisi on. Letakkan gulungan benang tetap pada tempatnya yaitu di atas mesin. Selanjutnya temukan rumah sepul (umumnya di bawah jarum jahit) lalu buka pintunya. Tarik benang dari sepul sepanjang 10-15 cm.

2. Masukkan Sepul Ke Dalam Sekoci

Setelah menarik benang, temukan celah pada sekoci tempat sepul yang fungsinya untuk jalan benang. Kemudian atur posisi sepul agar jika saat benangnya ditarik, bisa berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Kelebihan benang harus bisa ditarik ke kanan dan sepul harus mampu berputar dengan mudah. Setelah sekoci terpasang, tutup pintu rumah sepul.

3. Mulai Memasang Benang Pada Mesin

Langkah selanjutnya adalah menarik benang dari gulungan benang di atas mesin jahit. Kemudian kaitkan benang tersebut pada pemandu benang logam yang berfungsi sebagai penahan benang agar tetap di atas mesin. Beberapa mesin jahit sudah menyertakan sebuah diagram yang dicetak sebagai petunjuk pemasangan benang.

4. Tarik Benang Ke Bawah dan Kaitkan Pada Tuas Pengangkat Benang

Ikuti tanda panah sesuai petunjuk yang biasanya ada pada mesin dengan menarik benang ke bawah lalu gulungkan pada pengatur ketegangan. Setelah itu tarik lagi keatas mengikuti petunjuk hingga menjadi huruf “U”. Lalu kaitkan pada tuas pengangkat benang yang berada di atas mesin jahit hingga membentuk huruf “S”

5. Tarik Benang Ke Arah Jarum Dan Tarik Benang Sepul Ke Atas

Tarik benang ke bawah menuju jarum mesin dan masukkan dalam lubang kecil bawah jarum lalu tarik melewati bagian bawah penenekan jahitan. Keluarkan benang sepul dengan memutar roda atas beberapa kali hingga ujung benang sepul muncul lalu tarik 10-15 cm.

Itulah cara memasang benang mesin jahit. Cara ini bisa digunakan pemula apabila ingin memakai mesin jahit manual.


5:00:00 AM