Inilah 6 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak




cara memperbaiki baterai laptop

Cara Memperbaiki Baterai Laptop - Bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang rusak? Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam laptop. Fungsi utamanya sebagai penyimpan daya listrik, kemudian dari daya yang disimpan tersebut digunakan untuk menghidupkan laptop.

Penyebab kerusakan baterai laptop sangat beragam. Salah satunya karena baterai drop atau cepat habis dan baterai laptop yang tidak bisa mengisi ketika dicharge. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang rusak, di antaranya :

1. Restart Laptop

Cara pertama yaitu dengan merestart laptop. Setelah itu, matikan laptopnya lalu lepaskan adaptor dan baterai laptopnya.  Kemudian, pasang kembali baterainya lagi setelah 10 detik.  Lalu, tekan tombol power minimal selama 30 detik, lalu direstart lagi, dan periksa kembali apakah baterainya sudah bisa mengisi.

2. Periksa Baterai Dan Kabel Charger

Cara kedua dengan melepas baterai laptopnya. Kemungkinan faktor dari debu yang mungkin menumpuk atau baterainya tidak terasang dengan benar.  Pengguna laptop harus meluangkan waktu untuk membersihkan debunya dan pastikan tidak ada kerusakan.

Selain itu, pastikan adapter pada charger terpasang benar dengan kabel sambungannya. Jika charger terdeteksi pada laptop, maka muncul status “plugged in” pada laptop.

3. Uninstall Driver Baterai

Pada umumnya, akar permasalahan pada baterai adalah masalah dari driver dimana mengalami masalah tertentu. Cara memperbaiki baterai laptop yang selanjutnya adalah dengan menguninstall atau mencopot instalasi driver baterai yang terjadi masalah. Kemudian, install kembali driver baterainya. Caranya, pengguna laptop bisa langsung membuka start, lalu pilih menu yang bertuliskan “Device Manager”.

Selanjutnya, langsung klik kanan pada pilihan di menu baterai. Setelah itu, pilih uninstall dan finish. Pengguna laptop dapat mencobanya jika mengalami masalah kerusakan pada baterai laptop. Setelah itu, lihat apakah indikator baterai masih menunjukkan plugged in, not charging atau tidak.

4. System Restore

System restore merupakan salah satu fitur bawaan dari windows. Fungsinya untuk mengembalikan settingan ke tahap normal, jika sebelumnya terjadi kerusakan dan tanpa menghapus semua file yang disimpan pada laptop. Jika sebelumnya laptop tidak pernah mengalami kerusakan, namun tiba-tiba laptop menunjukan indikator not charging.

Maka, pengguna laptop dapat mencoba cara ini dengan menggunakan system restore. Caranya, pertama-tama klik tombol start. Kemudian, carilah tombol yang bertuliskan “System Restore”. Setelah itu, pengguna laptop bisa menjalankannya dengan cara memilih “Restore Recomend File System” dan finish.

Cara tersebut sangat baik dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada laptop yang tiba-tiba terjadi secara mendadak. Namun, dalam proses restore ini sangat membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, pengguna laptop tidak usah khawatir karena cara ini akan menghasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Masukkan Baterai Ke Dalam Kulkas

Salah satu faktor penyebab baterai ngedrop adalah karena baterai tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. Selain itu karena baterai yang ditinggal dalam keadaan baterai masih terdapat sisa dayanya atau digunakan ketika laptop sedang charge.

Caranya, pertama-tama pengguna laptop harus melepas baterai dari laptop dalam keadaan daya baterai habis. Lalu, masukkan baterai pada plastik yang cukup tebal dan ikatlah dengan rapi agar baterai terlindungi pada saat di dalam kulkas. Setelah itu, pengguna laptop dapat memasukkan baterainya ke kulkas untuk didinginkan.

Ketika sudah dimasukkan ke dalam kulkas, biarkan baterai di dalamnya selama 2 sampai 3 hari. Tujuannya supaya baterai dapat kembali partikel ionnya. Selain itu, cara ini merupakan alternatif bagi pengguna laptop yang baterainya sudah ngedrop cukup parah dan menambah daya baterai yang telah berkurang karena seringnya penggunaan laptop.

6. Membeli Baterai Baru

Cara memperbaiki baterai laptop yang terakhir adalah dengan membeli baterai baru. Membeli baterai baru merupakan cara alternatif yang sangat cocok bagi pengguna laptop yang baterai laptonya sudah bisa diperbaiki lagi. Dengan membeli baterai yang baru, maka masalah baterai laptop yang rusak akan lebih cepat diatasinya.

Itulah beberapa ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang rusak. Pengguna laptop dapat memilih salah satu cara dari keenam cara tersebut. Silahkan mencobanya, semoga sukses dalam memperbaiki baterai laptop yang rusak.


3:50:00 AM