Inilah Cara Merubah PDF Ke Excel Yang Mudah Bagi Semua Kalangan




cara merubah pdf ke excel

Cara Merubah PDF Ke Excel - Dewasa ini seringkali dijumpai dokumen-dokumen yang bentuk formatnya pdf. Namun sayangnya dokumen dengan format pdf kadang mengakibatkan kesulitan jika ingin mengubahnya. Tentu saja dokumen berformat pdf tersebut perlu diubah ke format lainnya seperti excel terlebih dahulu. Bagaimanakah cara merubah pdf ke excel? Inilah beberapa uraiannya.

Cara Merubah PDF Ke Excel Secara Offline

Salah satu software aplikasi yang dapat digunakan sebagai salah satu cara merubah pdf ke excel yaitu bernama Able2Extract. Melalui software ini, konverter file pdf ke excel akan berlangsung dengan cukup mudah. Tentu sebelumnya perlu mendownload software ini melalui PC terlebih dahulu. Jika sudah terinstall, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Memilih Tabel Yang Diinginkan

Aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk tidak mengubah dokumen secara keseluruhan menjadi excel. Seseorang diperbolehkan untuk memilih tabel dokumen yang ingin diubah ke format excel. Caranya yaitu dengan meng-klik pada halaman yang ingin diubah.

2. Menentukan Jenis Konversi Yang Diinginkan

Aplikasi ini menawarkan dua pilihan format konversi data, yaitu automatic atau custom. Pilihan automatic sangat ringan karena memungkinkan tabel terkonversi secara otomatis. Selanjutnya pilihan custom cocok untuk menggabungkan beberapa baris/halaman menjadi satu karena dapat menentukan sendiri baris dan kolom yang akan diubah dalam excel.

3. Meninjau Hasil Konversi

Tentunya perlu meninjau terlebih dahulu hasil konversi dari pdf ke excel yang telah dilakukan. Tujuannya agar dokumen yang akan diubah sudah sesuai dengan keinginan. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal klik pada show preview kemudian pilih format custom. Mudah bukan?

4. Menyesuaikan Pengaturan

Tentunya setelah mengubah dari file pdf ke excel akan terjadi beberapa perubahan. Salah satunya yaitu pada jumlah baris dan kolom. Adapun cara penyesuaiannya yaitu dengan memilih beberapa bagian kolom kemudian pilih format nomor, teks dan lainnya.

5. Dokumen Siap Digunakan

Setelah berhasil melakukan cara merubah pdf ke excel dengan menggunakan software ini, itu artinya dokumen akan siap digunakan. Jangan lupa untuk memastikan format dokumen sudah benar. Selain itu, pastikan juga dokumen format excel tidak teracak/berubah-ubah.

Tentunya merubah dokumen pdf ke excel secara offline ini akan sangat cocok digunakan bagi kalangan yang sering melakukan perubahan dokumen. Selain itu, cara offline ini juga sangat cocok ketika seseorang ingin merubah dokumen pdf ke excel dengan ukuran yang besar atau lebih dari 10 MB.

Cara Merubah PDF Ke Excel Secara Online

Lain halnya dengan menggunakan software khusus atau offline, cara merubah pdf ke excel ternyata juga bisa dilakukan secara online. Melalui cara ini, seseorang tidak perlu menginstal aplikasi/software pada komputer. Sangat praktis, bukan?

Cara merubah pdf ke excel dengan memanfaatkan jaringan online ini memang sangat cocok bagi seseorang yang hanya sesekali saja merubah dokumen. Selain itu, merubah pdf ke excel secara online ini juga gratis sehingga tidak membutuhkan biaya apapun.

Hanya saja perlu adanya koneksi internet yang terhubung secara aktif pada komputer ataupun handphone. Beberapa alamat yang dapat digunakan untuk merubah dokumen pdf ke excel yaitu small pdf, pdfconverter, pdftoexcel dan masih banyak lagi lainnya.

Masing-masing alamat perubah dokumen pdf ke excel tentunya memiliki urutan langkah yang berbeda-beda. Namun secara keseluruhan proses perubahan dokumen dengan online hanya sebatas membuka alamat web/penyedia aplikasi online, kemudian memilih dan mengunggah dokumen serta menunggu hasil converter dokumen.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara merubah pdf ke excel secara online yaitu seperti berikut ini :
  • Memasukkan alamat web konverter online tersebut ke laman google.
  • Setelah muncul tampilannya, biasanya hanya perlu memilih file yang akan diubah.
  • Setelah itu, pastikan untuk mengunggah dokumen yang dipilih kemudian menunggunya hingga proses pengunggahan dokumen selesai.
Untuk menghindari kegagalan pengunggahan dokumen, sebaiknya usahakan ukuran dokumen tidak lebih dari 10 MB. Jika dokumen sudah selesai terunggah, silahkan pilih convert dan tunggu hingga proses pengubahannya selesai. Dokumen dengan format excel siap untuk digunakan. Bukankah ini sangat mudah dan praktis?

Mengubah dari file pdf ke excel kini memang tidak membuat pusing kepala. Tersedia berbagai cara mudah untuk melakukan fungsi converter pdf ke excel. Ada converter pdf ke excel yang dilakukan dengan memanfaatkan situs online dan ada yang cukup menggunakan aplikasi offline.


5:48:00 AM