Inilah Ciri dan Cara Menghilangkan Ketombe Parah Di Kepala




cara menghilangkan ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Di Kepala - Ketombe adalah salah satu masalah di kulit kepala yang bisa mengganggu penampilan. Walaupun tidak berbahaya dan menular, namun masalah ketombe perlu dibasmi agar bisa tampil percaya diri. Banyak cara menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ketombe di kepala.

Sebenarnya ketombe adalah hal wajar yang muncul karena sel kulit mati yang terkelupas, tetapi jika parah itu yang perlu diatasi. Hal itu karena kondisi ketombe parah akan sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan. Sebelum mengatasinya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri ketombe parah yang mengganggu.

Ciri-Ciri Ketombe Parah Yang Mengganggu

Saat ketombe sudah semakin parah pasti akan sangat mengganggu, karena tangan tidak akan bisa berhenti menggaruk. Berikut ini adalah ciri-ciri ketombe parah yang harus diketahui sebelum mengatasinya:
  • Ketombe besar dan kekuningan. Kemunculan ketombe diawali dengan terbentuknya butiran-butiran kecil berwarna putih pada kulit kepala. Jika tidak segera diatasi maka akan jatuh pada kondisi yang semakin parah dan bentuknya akan berubah jadi kuning dengan ukuran yang besar.
  • Kulit berminyak. Kulit yang berminyak bisa menjadi faktor yang memperparah ketombe. Jika setelah keramas bagian akar rambut tetap berminyak dan terasa lepek artinya kulit berminyak dan harus segera ditangani.
  • Menimbulkan gatal yang tak tertahankan. Ketombe juga bisa muncul saat kulit kepala mengalami kekeringan yang parah, sehingga terasa gatal. Jangan sekali-sekali menggaruknya karena akan semakin memperparah ketombe.
  • Rambut rontok. Pada saat kondisi ketombe semakin parah fase berikutnya adalah rambut rontok. Hal ini terjadi karena nutrisi tidak bisa masuk ke dalam akar rambut karena tertutupi oleh ketombe (sel kulit mati).
  • Jatuh ke pakaian. Ketombe yang sangat parah dan dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan tidak percaya diri. Mengapa? Karena ketombe akan jatuh ke pakaian saat rambut atau kepala bergerak.
Itulah ciri-ciri jika sudah mengalami ketombe yang parah pada kulit kepala, cara menghilangkan ketombe sangat penting dilakukan untuk mengatasinya. Akan sangat memalukan jika mengalami ketombe yang parah dengan ciri-ciri di atas, oleh sebab itu segeralah menghilangkan masalah kulit kepala tersebut.

Cara Menghilangkan Ketombe

Banyak cara menghilangkan ketombe yang ada di kepala, baik secara alami atau tidak semua bisa dicoba untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut ini cara untuk menghilangkan ketombe parah yang ada di kepala dan sudah sangat mengganggu:

1. Pilih Produk Perawatan Rambut Yang Tepat

Untuk mengatasi kondisi ketombe parah yang mengganggu penampilan pilih produk perawatan rambut yang tepat sesuai jenis rambut dan kulit kepala. Ada berbagai macam produk untuk perawatan rambut, untuk mengatasi ketombe pilih produk khusus untuk rambut berketombe yang tepat.

2. Keramas Secara Teratur Menggunakan Shampoo Anti Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe yang menumpuk, lakukan keramas atau mencuci rambut secara teratur dengan langkah yang benar. Bilas rambut yang sudah diberi shampoo dan digosok perlahan untuk membersihkan kulit kepala, gunakan air bersih. Pastikan rambut dan kulit kepala benar-benar bersih dan tidak ada lagi busa yang menempel di sana.

3. Lembabkan Rambut Dengan Kondisioner Anti Ketombe

Untuk melembabkan rambut setelah keramas, bisa menggunakan kondisioner dengan merek produk yang sama dengan shampoo agar hasil maksimal. Pilih kondisioner yang memang khusus dibuat untuk mengatasi ketombe, sehingga tidak memperparah kondisi ketombe.

4. Lembabkan Kulit Kulit Kepala

Kulit kepala yang kering juga menjadi salah satu pencetus timbulnya ketombe yang parah, karena sel kulit matinya mudah mengelupas. Oleh karena itu keadaan kulit kepala yang kering harus segera diatasi dengan menggunakan serum rambut atau lakukan creambath.

5. Lakukan Perawatan Tambahan Dengan Bahan Alami

Selain perawatan dengan menggunakan produk pabrikan, juga bisa melakukan perawatan tambahan dengan menggunakan bahan alami penghilang ketombe. Bahan-bahan seperti lemon, jeruk nipis, cuka apel, minyak kemiri, minyak zaitun akan membantu untuk menghilangkan ketombe yang parah.

Demikianlah cara menghilangkan ketombe parah di kulit kepala yang pastinya mengganggu penampilan secara keseluruhan. Dengan melakukan perawatan secara teratur dipastikan ketombe akan pergi dan tidak akan datang lagi. Kulit kepala akan menjadi sehat, rambut pun akan menjadi kuat, penampilan secara keseluruhan akan memikat.


6:35:00 AM