Inilah Proses Seseorang Kecanduan Narkoba dan Cara Menghilangkan Candu Narkoba




cara menghilangkan candu narkoba

Cara Menghilangkan Candu Narkoba - Narkoba ialah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Sedangkan Narkotika adalah zat yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan ketergantungan, biasanya dimanfaatkan di dunia medis. Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami kecanduan dan kesulitan untuk sembuh jika disalahgunakan. Lalu, adakah cara menghilangkan candu narkoba pada tubuh seorang pemakai narkoba?

Jenis narkoba yang beredar di Indonesia yaitu narkotika jenis ganja dan jenis psikotropika seperti putaw, sabu, ekstasi/inex, serta heroin. Lantas bagaimana seseorang dapat mengalami kecanduan narkoba? Dan bagaimana cara menghilangkan candu yang disebabkan oleh beberapa jenis narkoba? Simak uraiannya berikut ini.

Bagaimana Seorang Pemakai Dapat Mengalami Kecanduan Narkoba?

Ketergantungan atau kecanduan adalah semacam ‘pembelajaran’ sel-sel otak pada pusat kenikmatan. Ketika seseorang mencoba mengkonsumsi narkoba, otak akan membaca tanggapan tubuh. Jika terasa nyaman, otak mengeluarkan neurotransmitter dopamin dan akan memberikan kesan menyenangkan. Rasa nikmat, nyaman, tenang atau gembira yang dicari oleh pemakai narkoba, harus dibayar mahal oleh dampak buruknya, seperti ketergantungan dan kerusakan berbagai organ tubuh.

Selain itu, kecanduan narkoba juga menimbulkan berbagai macam penyakit, rusaknya hubungan dengan keluarga, teman, rusaknya kehidupan moral, putus sekolah, pengangguran, serta hancurnya masa depan dirinya. Mengonsumsi narkoba secara terus-menerus menyebabkan peningkatan toleransi tubuh sehingga pemakai tidak dapat mengontrol penggunaannya dan cenderung untuk terus meningkatkan dosis pemakaian hingga overdosis.

Cara Menghilangkan Candu Narkoba Dari Tubuh Pemakai Narkoba

Untuk menghilangkan candu narkoba dari dalam tubuh penderita, tentunya tidak mudah. Namun, segala sesuatu yang diawali dengan niat yang sungguh-sungguh pasti akan berhasil. Maka langkah pertama untuk mengatasi kecanduan putuskan dengan niat untuk benar benar ingin berhenti. Selanjutnya ikuti langkah langkah berikut ini.

1. Mandi Dengan Air Hangat

Usahakan mandi memakai air hangat, fungsinya agar penderita tidak beku peredaran darahnya karena apabila sudah sakaw maka aliran darah mudah membeku penderita akan mudah sekali kedinginan.

2. Berjemur Untuk Membuang Kotoran Infeksi Toksin Narkoba

Berjemur di terik matahari dengan menggunakan baju, minimum 5 lapis dan jaket. Usahakan semua tubuh tertutup rapat, fungsinya ketika terkena cahaya matahari penderita akan berkeringat. Maka saat berkeringat, akan membuang kotoran infeksi toksin narkoba di dalam peredaran darah, semakin banyak keringat yang dikeluarkan maka akan semakin mempercepat pengobatan.

3. Minum Susu Steril

Dengan minum susu steril yang banyak dijual supermarket atau susu sapi asli dari peternakan, fungsinya untuk melawan atau sebagai anti racun toksin narkoba. Selain itu, juga berfungsi sebagai pembersih toksin. Semakin banyak mengkonsumsi susu steril maka akan semakin baik, penderita tidak akan dapat konsumsi narkoba lagi karena akan alami penolakan dari tubuhnya.

4. Konsumsi Telur 1/2 Matang

Rutinlah mengkonsumsi telur ½ matang paling sedikit 4 butir satu hari. Hal ini bermanfaat sebagai penyembuh dari rusaknya otak. Sebab seorang pemakai narkoba umumnya mengalami kegilaan, yang buruknya lagi kegagalan sistem otak yang menyebabkan kematian.

5. Rutin Berolahraga

Mulailah berlatih untuk mengalihkan perhatian penderita kepada olahraga, misalnya dengan bergabung di pusat kebugaran atau gym. Selain itu, Yoga sebagai bentuk kombinasi antara meditasi dan olahraga juga patut dicoba. Khususnya bagi pecandu narkoba yang ingin berhenti dari ketergantungannya. Hal ini karena Yoga akan membantu untuk menenangkan dan menghilangkan stress pada pecandu.

6. Sering Bermeditasi

Kecanduan narkoba bukanlah hal sepele dan cara menghilangkan candu narkoba dari tubuh pun tak semudah yang dibayangkan. Dengan bermeditasi akan membuat hati dan pikiran lebih tenang karena stres akibat tak lagi mengonsumsi narkoba. Cari tempat aman, tenang dan nyaman untuk duduk bersila, tutup mata dan berfokus pada pernapasan selama 10-15 menit. Ambil napas dalam-dalam agar hati dan pikiran jauh dari kecemasan.

7. Pengobatan Alternatif

Cara menghilangkan candu narkoba yang juga efektif yaitu dengan melakukan pengobatan alternatif akupuntur. Metode penyembuhan asal Cina ini, sepintas memang seram karena menggunakan jarum yang sepertinya ditusuk-tusukkan ke tubuh. Namun pada dasarnya, jarum-jarum tersebut hanya diletakkan ke bagian titik tekan tubuh. Gejala putus obat serta ketidaknyamanan selama tidak memakai narkoba dapat diatasi secara sempurna dengan metode ini.

Demikian uraian mengenai proses seseorang mengalami kecanduan narkoba dan cara menghilangkan candu narkoba dari tubuh penderita. Penyalahgunaan narkoba dapat dipidanakan baik dengan kurungan atau rehabilitasi. Pidana ini digolongkan sebagai salah satu diantara pidana khusus. Jadi jangan coba-coba menyentuh atau menyalahgunakan barang ini.


5:24:00 AM