Jangan Sampai Ngorok Mengganggu Kualitas Tidur, Ini Cara Menghilangkan Ngorok




cara menghilangkan ngorok

Cara Menghilangkan Ngorok - Istilah mendengkur atau yang lebih familiarnya yaitu ngorok menjadi sebuah hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang sering mengorok tentunya akan mengganggu seseorang yang berada di dekatnya. Namun ngorok ini terkadang bisa menjadi salah satu hal yang terbilang serius jika sering terjadi. Dengan melakukan beberapa cara menghilangkan ngorok, tentunya hal itu bisa diminimalisir.

Ketika kita sedang ngorok, pasokan oksigen bisa terbilang berkurang. Hal ini menjadikan seseorang akan kelelahan pada keesokan harinya. Tentunya adanya hal tersebut menjadikan kualitas tidur tidak maksimal. Ketika seseorang mendengkur, akan terjadi getaran-getaran pada langit mulut, jaringan lunak mulut maupun hidung dan tenggorokan. Saat udara masuk melalui jaringan tenggorokan dan terjadi hambatan, hal tersebut bisa menimbulkan suara atau getaran. Berikut beberapa cara menghilangkan ngorok, antara lain:

1. Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur bisa menjadi langkah awal penyebab seseorang mendengkur atau tidak. Menurut beberapa penelitian, posisi tidur yang terlentang akan lebih mudah menyebabkan ngorok. Hal tersebut terjadi karena tidur dengan bertumpuan punggung akan membuat pangkal lidah dan juga langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan. Hal ini yang akan menyebabkan sebuah getaran suara untuk mengantisipasinya, cobalah untuk tidur ke samping.

2. Hindari Mengonsumsi Minuman Keras Dan Obat Tidur

Seseorang yang sebelumnya tidak pernah mendengkur akan langsung mendengkur ketika dirinya mengonsumsi minuman keras atau alkohol. Seseorang yang mengonsumsi minuman keras dan obat tidur akan membuat dengkuran menjadi lebih parah. Untuk itu, alangkah lebih baik untuk menghindari minuman keras dan obat tidur.

3. Lebih Banyak Minum Air

Minum air yang dimaksud di sini yaitu mengonsumsi minuman air putih. Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Ketika seseorang dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung, langit-langit lunak mulut dan tenggorokan akan menjadi lebih lengket. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih.

4. Tidak Merokok

Cara menghilangkan ngorok yang lain yaitu, cobalah untuk tidak merokok. Merokok akan menjadikan hidung dan juga paru-paru tersumbat. Hal ini bisa menjadi penyebab seseorang sering ngorok. Ketika menghindari merokok, seseorang juga bisa mengurangi akibat dari bahayanya rokok.

5. Mengonsumsi Minyak Pepermint Dan Goldenseal

Goldenseal merupakan sebuah suplemen yang bisa digunakan untuk melegakan pernafasan. Gondenseal dan juga pepermint ini bisa digunakan untuk menyembuhkan tenggorokan yang bermasalah dan menghilangkan ngorok.

6. Lebih Banyak Mengonsumsi Vitamin C

Hidung yang terhalang dan mengalami gangguan akan mempengaruhi ovula sera beberapa lapisan halus pada tenggorokan. Hal tersebut yang mengakibatkan mendengkur. Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup, akan mampu mengobati beberapa penghalang pada hidung maupun tenggorokan.

7. Menurunkan Berat Badan

Kenaikan berat badan yang terbilang drastis bisa menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami ngorok. Orang yang memiliki berat badan lebih akan cenderung mengalami mendengkur ketika tidur. Dengan menurunkan berat badan tentunya akan bisa menjadi cara menghilangkan ngorok akibat dari kelebihan berat badan.

8. Sering Melakukan Olahraga Tenggorokan Dan Lidah

Olahraga tenggorokan dan lidah mungkin terbilang aneh bagi sebagian orang. Namun hal ini bisa menjadi cara menghilangkan ngorok yang efektif. Dengan membuka mulut lebar-lebar dan pertemukan gigi atas bawah. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga merasa bagian mulut belakang terbuka.

9. Menghindari Makan Malam

Makan dalam waktu larut malam akan mampu membuat perut menekan sebuah diagfragma. Adanya ritme diagfragma ini akan menyebabkan seseorang mendengkur. Hal ini karena lapisan mucus yang disebabkan oleh makanan yang tersisa di dalam mulut.

10. Meninggikan Posisi Kepala

Ketika tidur, biasakan untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi akan mampu melancarkan pernafasan. Dengan menopang kepala lebih tinggi akan menjadikan tubuh terhindar dari ngorok atau mendengkur tersebut. Meninggikan posisi kepala akan menjadikan sirkulasi darah  juga lancar.

Mengorok bisa menjadi masalah yang lebih serius ketika menjadi orang yang ada di sekeliling terganggu. Dengan melakukan beberapa cara menghilangkan ngorok tersebut, tentunya bisa menjadikan kualitas tidur menjadi lebih baik lagi. Namun ketika ngorok sudah sangat mengganggu, pastikan untuk segera mengonsultasikan hal tersebut ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.


5:42:00 AM