Ketahui 5 Langkah Cara Menanam Jagung di Sini




cara menanam jagung

Cara Menanam Jagung menjadi salah satu makanan yang masuk dalam makanan pokok di beberapa tempat di Indonesia. Kehadiran jagung sebagai makanan pokok ini membuat budidaya jagung memiliki masa depan yang jelas. Apalagi banyak makanan olahan yang berasal dari jagung. Tak heran jika kemudian banyak yang mencari cara menanam jagung untuk mulai menanam tanaman ini.

Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam cara menanam jagung. Beberapa tahapan tersebut pastinya harus dilewati dengan baik untuk menghasilkan panen yang baik. Bagi yang baru pertama kali menanam jagung baiknya mempelajari cara menanam jagung di sini. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat akan menanam jagung, berikut ini tahapan-tahapannya :

1. Persiapan Lahan

Hal pertama yang harus dipersiapkan saat menanam jagung adalah persiapan lahan. Sebenarnya, tanaman jagung dapat dikatakan merupakan tanaman yang dapat ditanam di dataran tinggi maupun rendah. Hanya saja semuanya memerlukan perawatan terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik. Meskipun memang dataran rendah menjadi tempat terbaik menanam jagung. Kondisi tanah yang paling cocok adalah tanah lebak(antara tanah pasir dan liat).

Untuk tanah sendiri baiknya memilih tanah yang gembur. Tujuannya adalah guna menghadirkan perkembangan akar yang optimal, sehingga lebih mudah menyelap nutrisi. Untuk pH tanah sendiri dapat digunakan tanah yang berada di antara 5,5 sampai 7,5. Lalu pilih lahan yang memiliki sumber air dekat dan juga dapat terkena paparan sinar matahari minimal 8 jam.

2. Melakukan Pemberian Pupuk Dasar

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan pemberian pupuk dasar. Kehadiran pupuk dasar ini penting untuk menjaga agar jagung tetap memiliki pasokan nutrisi yang cukup. Baiknya penggunaan pupuk dasar yang digunakan adalah campuran antara pupuk organik serta pupuk kimia. Untuk pupuk organik yang digunakan dapat berupa pupuk kandang. Lalu pupuk kimia sendiri dapat ditemukan di toko pertanian.

Penggunaan pupuk ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca. Pada musim kemarau misalnya, bagusnya diberi tambahan urea. Perbandingan tiap pupuknya adalah 40 : 1 sampai 50 : 1. Maksudnya untuk setiap pupuk kandang sejumlah 40 ember diberi pupuk kimia sebanyak 1 ember. Jika pupuk sudah ditetapkan selanjutnya tutup dengan menggunakan tanah.

3. Melakukan Persiapan Bedengan

Pada pemberian pupuk tadi tidak hanya berhenti sampai disitu. Jika sudah ditutup dengan tanah maka yang selanjutnya dilakukan adalah membuat bedengan. Pembuatan bedengan ini tingginya sekitar 5 sampai 10 cm dengan lebar mencapai 30 sampai 40 cm.

Pada bedengan inilah nantinya lubang tanam akan diberikan. Nantinya lubang tanam akan dipasang sepanjang bedangan. Lubang-lubang sepanjang bedengan itulah yang nantinya akan ditanami dengan biji jagung.

4. Persiapan Benih

Jika tanah yang sesuai kriteria sudah ditentukan dan sudah disiapkan, selanjutnya mulai melakukan persiapan benih. Pada tahap ini wajib untuk melakukan seleksi bibit jagung yang akan digunakan. Pastikan jika bibit jagung yang dipilih merupakan bibit jagung dengan kualitas terbaik. Selain itu juga wajib dipastikan jika bibit jagung yang dipilih tersebut sesuai dengan musim.

Benih juga perlu di jaga agar tidak terkena penyakit. Ada banyak penyakit yang berpotensi menyerang benih. Mulai dari penyakit jamur, bulai, bahkan juga hama seperti ulat tanah berpotensi untuk menyerang benih jagung. Untuk itu perawatan benih secara berkala diperlukan, agar benih dapat tumbuh menjadi tanaman jagung yang baik.

5. Penanaman Biji Jagung

Tahap selanjutnya adalah penanaman jagung. Cara menanam jagung di sini harus diperhatikan. Pertama adalah perihal jarak. Pastikan jika jarak antar tanaman jagung sudah sesuai. Berikan tempat tumbuh yang pas untuk masing-masing tanaman jagung. Lalu siapkan lubang untuk benih-benih jagung nantinya akan di tanam.

Pastikan jika masing-masing lubang sudah diisi dengan satu butir biji jagung yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk kedalaman lubang yang diperlukan juga harus diperhatikan. Biasanya tiap-tiap lubang kedalamannya adalah sekitar 3 sampai dengan 5 cm. Lalu tutup dengan tanah. Biarkan biji jagung tersebut hingga tumbuh. Biasanya tumbuh dalam sekitar 4 sampai 7 hari.

Menanam jagung dapat dikatakan gampang-gampang susah. Namun, perlu diingat asalkan cara menanam jagung tersebut diterapkan dengan baik maka akan diperoleh hasil maksimal. Jadi jangan pastikan jika tiap tahap dapat dikerjakan dengan baik, ya.


5:38:00 AM