Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Amandel




cara menghilangkan amandel

Cara Menghilangkan Amandel - Radang amandel yaitu peradangan pada kelenjar tonsil yang memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh. Penyebab umumnya adalah karena infeksi virus dan bakteri yang membuat rasa sakit dan tidak nyaman pada tenggorokan. Untuk itu penting mengetahui cara menghilangkan amandel agar rasa tidak nyaman yang dirasakan tidak datang lagi mengganggu.

Penyebab Radang Amandel

Penyebab radang pada amandel ada banyak di samping penyebab utamanya adalah virus yang tidak diketahui pengobatannya. Selain virus bakteri streptococcus juga ikut berperan menyebabkan radang tonsil ini. Penularannya bisa melalui kontak langsung dengan penderita dan kontak tidak langsung. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok, tidak mencuci tangan juga akan meningkatkan resiko terkena tonsillitis.

Gejala Radang Amandel

Amandel sering terjadi pada anak-anak pada usia 3-7 tahun, dan jarang terjadi pada orang dewasa. Hal ini berhubungan dengan kebiasaan anak memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut tanpa memperhatikan kebersihannya. Peradangan amandel akan menimbulkan gejala mirip radang tenggorokan, tetapi tetap tidak sama, sebagai berikut gejalanya:
  • Demam hingga 39 derajat Celcius. Gejala demam adalah penanda terjadinya infeksi di dalam tubuhmu baik oleh virus atau pun bakteri. Pada radang amandel bisa disebabkan keduanya sehingga penderita akan mengalami demam.
  • Perubahan warna putih atau kuning di sekitar tonsil. Gejala kedua adalah perubahan warna pada tonsil yang merupakan efek dari bakteri atau virus yang menginfeksi.
  • Tonsil bengkak kemerahan. Peradangan terjadi pada tonsil atau amandel, sehingga menimbulkan warna kemerahan.
  • Sakit saat menelan. Dengan pembengkakan pada tonsil dan penyempitan rongga pada pangkal tenggorokan, akan menyebabkan kesulitan menelan, bahkan rasa sakit saat menelan.
  • Gejala penyerta lain. Selain gejala utama di atas, juga akan muncul gejala penyerta lainnya seperti batuk, bau mulut, nyeri telinga, lemas dan sesak napas.
Akan sangat tidak nyaman jika anak-anak atau orang dewasa mengalami gejala radang amandel atau tonsilitis di atas. Untuk itu sangat penting mengetahui cara menghilangkan amandel agar tubuh tenggorokan kembali nyaman.

Cara Menghilangkan Amandel

Radang amandel tidak harus dihilangkan dengan operasi, karena tonsil atau amandel juga memiliki fungsi kekebalan tubuh jadi harus dipertahankan. Berikut ini cara menghilangkan amandel agar gejala amandel tidak muncul lagi dan agar terhindar dari operasi:

1. Istirahat Yang Cukup

Saat radang tonsil menyerang sebaiknya gunakan lebih banyak waktu untuk beristirahat, untuk menghemat energi. Tubuh yang mengalami radang pasti membutuhkan banyak energi untuk melakukan perlawanan terhadap kuman penyakit. Oleh karena itu batasi aktivitas dan tingkatan istirahat sampai benar-benar sembuh.

2. Konsumsi Makanan Mudah Ditelan

Pada saat radang menyerang hendaknya mengkonsumsi makanan mudah ditelan, agar tidak menambah rasa tidak nyaman. Gejala kesulitan menelan pasti di alami, oleh karena itu penting menyiapkan makanan yang lunak, banyak kuah dan dingin agar  lebih mudah ditelan.

3. Kumur Air Garam

Air garam memiliki efek anti inflamasi yang akan meredakan peradangan yang sedang terjadi. Untuk anak diatas 8 tahun dan dewasa bisa melakukan cara ini untuk mengatasi radang di tonsil. Caranya siapkan larutan garam dari segelas air dan satu sendok teh garam, lalu aduk. Berkumur dengan cara mendongak ke atas sekitar 30 menit sebanyak dua kali sehari.

4. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika gejala nyeri sudah  sangat mengganggu, sekarang saatnya penderita mengkonsumsi obat nyeri dosis rendah yang dijual di pasaran. Apabila gejala nyeri tetap mengganggu padahal sudah mengkonsumsi obat nyeri, penderita bisa mencoba obat alami untuk menghilangkan amandel.

5. Obat Alami Untuk Menghilangkan Amandel

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa banyak bahan alami di sekitar yang bisa digunakan untuk mengatasi amandel. Berbagai bahan alami seperti di bawah memiliki afek anti inflamasi, anti bakteri dan anti nyeri. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan seperti:
  • Perasan madu lemon
  • Bawang putih
  • Kayu manis
  • Kunyit
Demikianlah cara menghilangkan amandel yang bisa dilakukan agar tidak mengalami gejala yang tidak nyaman dan menghindari operasi. Namun jika gejala tidak mereda bahkan semakin parah, hendaknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini untuk menghindarkan dari komplikasi yang lebih serius pada tubuh karena radang tonsil yang terjadi.


6:43:00 AM