Keuntungan dan Cara Menanam Wortel di Polybag Yang Mudah dan Efektif




Cara Menanam Wortel di Polybag

Cara Menanam Wortel di Polybag - Harga wortel di pasaran kadang mengalami fluktuasi. Tentu saja akan lebih hemat jika  dapat menanam wortel di rumah sendiri. Kini menanam wortel dapat menggunakan berbagai media tanam, misalnya polybag. Kira-kira bagaimanakah cara menanam wortel di polybag dengan mudah? Banyak orang yang kini mulai belajar menanam wortel di polybag untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri memang wortel merupakan sayuran yang menarik dan kaya akan manfaat.

Bagi penyuka sayuran, tentunya tidak lengkap rasanya jika satu hari saja tidak makan sayur-mayur khususnya wortel. Jenis sayuran yang satu ini memang memiliki daya tarik sendiri dan kaya akan manfaat khususnya untuk kesehatan mata. Berikut ini ada beberapa keuntungan serta cara untuk menanam wortel dengan media polybag.

Keuntungan Menanam Wortel Di Polybag

Wortel merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditanam di media apa saja. Termasuk salah satunya yaitu melalui media tanam polybag. Seperti diketahui bahwa polybag merupakan jenis plastik yang seringkali dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Sekarang ini polybag juga dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan wortel di rumah. Ternyata menanam wortel menggunakan polybag memiliki banyak keuntungan, seperti:
  • Polybag lebih mudah dicari dan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  • Mampu menghemat tempat
  • Tidak memerlukan lahan yang luas
  • Dapat menjadi tanaman hiasan di pekarangan rumah
  • Mudah dilakukan untuk para pemula

Cara Asyik Menanam Wortel Di Polybag

Ternyata banyak sekali manfaat menanam wortel di polybag. Apakah masyarakat tertarik untuk menanam wortel dengan menggunakan media polybag? Yuk, simak cara menanam wortel di polybag yang mudah dan praktis berikut ini.

1. Memilih Benih Wortel Yang Diinginkan

Benih wortel dapat diperoleh pada toko pertanian di sekitar rumah. Jika menyukai produk lokal, maka tidak ada salahnya memilih wortel lokal asli Indonesia.

2. Menyemai Benih Wortel Yang Telah Dipilih

Penyemaian benih ini termasuk salah satu cara menanam wortel di polybag yang tidak dapat dilupakan begitu saja. Tujuan dari penyemaian benih ini adalah untuk memisahkan benih yang bagus dan tidak bagus. Sebelum memasukkan benih ke media tanam polybag, sebaiknya masukkan benih-benih wortel ke dalam air. Selain itu juga dapat menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik. Rendam benih tersebut dalam kurun waktu 10-15 menit.

Setelah itu caranya bisa dengan melihat benih yang terapung dan tidak. Untuk penanaman wortel yang maksimal, juga dapat menggunakan benih yang tenggelam di dalam air karena ini menunjukkan bahwa benih tersebut berkualitas bagus. Sedangkan benih yang terapung itu artinya memiliki kualitas kurang baik. Setelah masukkan benih tersebut ke dalam media polybag berukuran kecil dan biarkan benih tumbuh.

3. Mempersiapkan Media Tanam(Polybag)

Memilih plastik dengan ukuran sekitar 30 cm sebagai salah satu cara menanam wortel di polybag yang praktis dapat menjadi pilihan yang tepat. Setelah menemukan polybag dengan ukuran tersebut, selanjutnya bisa melubangi polybag dengan jarak antara 3-5 cm. Tujuan dari adanya lubang-lubang ini adalah untuk memberikan ventilasi bagi tanah.

4. Menyiapkan Campuran Tanah

Pada saat mempersiapkan ini, sepertinya perlu menggunakan campuran tanah, EM4, dan kotoran hewan sebagai media tanamnya. Adapun pencampuran antara tanah dan pupuk dengan menggunakan rasio 1:2. Agar hasil penanaman wortel lebih maksimal, maka  dapat menggunakan sekam padi dan mendiamkan campuran tersebut selama 2-3 hari.

5. Memindahkan Benih Yang Telah Disemai

Cara menanam wortel di polybag selanjutnya yaitu dengan memindahkan benih yang telah disemai ke dalam media tanam polybag dengan ukuran lebih besar. Jangan lupa untuk menyisakan ruang sekitar 2-3 cm dari atas pot untuk memberikan ruang udara pada tanaman. Pemindahan benih wortel ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Untuk satu polybag sebaiknya ditanami dengan 1-2 benih wortel saja agar hasilnya lebih maksimal.

6. Merawat Tanaman

Jika tanaman wortel sudah tumbuh sekitar 8 cm, jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara rutin yaitu 2 minggu sekali. Saat menanam wortel di polybag, sebaiknya jaga agar kondisinya agar tidak terkena serangan jamur. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan serbuk kayu manis di sekitar polybag.

Itulah keuntungan dan cara menanam wortel di polybag yang praktis dan sederhana. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan!


6:07:00 AM