Mencari Cara Menanam Tomat Yang Tepat? Temukan di Sini




cara menanam tomat

Cara Menanam Tomat Yang Tepat - Tomat menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak varietas. Buah tomat biasanya digunakan menjadi bumbu untuk beragam masakan. Inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik menanam tomat. Pasalnya tomat selalu menjadi buah yang selalu dibutuhkan. Apalagi tomat memiliki kemampuan untuk tumbuh di berbagai tempat, asalkan diterapkan cara menanam tomat yang tepat.

Pada dasarnya tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh di berbagai media. Mulai dari lahan terbuka, pot, hingga polybag. Berbagai media tanam ini memungkinkan tomat untuk tumbuh. Namun, harus diketahui cara menanam yang tepat agar menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk itu di sini akan dipelajari bagaimana cara yang tepat menanam tomat.

1. Memilih Tomat Yang Akan Ditanam

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih tomat yang akan ditanam. Ada berbagai jenis tomat yang biasanya ada di pasaran. Jenis-jenis yang umum ada di pasaran sendiri terbagi menjadi empat jenis. Mulai dari tomat gondol, tomat sayur, tomat cherry, hingga tomat buah. Pilih yang dirasa akan cocok untuk ditanam.

Dari masing-masing jenis tomat tersebut, mulailah lakukan pemilihan varietas. Ini karena tidak semua jenis atau varietas cocok diterapkan pada semua lahan. Jadi harus pandai-pandai memilih mana yang dirasa cocok dengan lahan yang akan ditanami. Untuk amannya pilih tomat yang dirasa cocok dengan berbagai kondisi baik dataran rendah maupun dataran tinggi.

2. Menyiapkan Benih

Jika sudah memilih jenis tomat yang cocok, tahap selanjutnya dalam cara menanam tomat adalah menyiapkan benih. Untuk persiapan benih ini dapat dibilang gampang-gampang susah. Ada dua cara mendapatkan benih, mulai dari membeli di toko pertanian sampai dengan membuat benih tomat sendiri. Untuk pembelian di toko pertanian pastikan jika benih tersebut merupakan benih yang berkualitas.

Bagi yang ingin membuat benih sendiri dapat memilih tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan tomat menua di pohon. Lalu ambil biji tomat dan bersihkan. Kemudian rendam dengan air bersih. Biji yang siap disemai adalah biji yang tenggelam, untuk kemudian di jemur dan dipindahkan ke wadah steril. Kemudian mulai dilakukan persemaian benih.

3. Persemaian Benih

Persemaian benih menjadi tahapan selanjutnya dalam cara menanam tomat ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persemaian benih ini. Pertama adalah masalah media persemaian. Diperlukan wadah yang tepat untuk persemaian benih. Bentuk wadahnya bisa beragam mulai dari polybag, pot, rak semai, hingga bedengan.

Untuk penggunaan pot misalkan, pertama taburkan benih pada pot. Untuk kemudian tutup dengan tanah. Dalam satu pot tempatkan sebanyak 2 sampai 3 benih. Jangan lupa untuk menyiram dengan sedikit air secara berkala. Ini guna membuat tanah tetap terasa lembab. Lalu tunggu hingga tomat tumbuh sebanyak 4 sampai 5 cm.

4. Penanaman

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan penanaman. Jika bibit sudah siap maka penanaman dapat segera dilakukan. Pindahkan bibit yang sudah siap ke dalam media tanam. Cabut hati-hati bibit, jangan sampai akar tanaman menjadi putus maupun rusak. Masukkan ke dalam media tanam dengan posisi akar yang tegak lurus. Jangan sampai akar menjadi bengkok ya.

Selain cara tersebut ada juga yang melakukan pemindahan bibit dengan cara diputar. Maksudnya adalah pengangkatan tanaman tomat langsung dengan media di sekitarnya. Misal untuk bibit dalam polybag, tinggal sobek plastik polybag lalu pindahkan ke bagian polybag yang lebih besar. Sedang untuk pada bedengan cungkil tanaman hingga sedalam 10 cm untuk kemudian dipindahkan.

5. Perlakuan Pada Bibit Saat Penanaman

Perlakuan bibit saat penanaman juga penting untuk diperhatikan. Pada penanaman tomat ini misalnya, sebaiknya lakukan penanaman pada sore hari. Adanya penanaman pada sore hari ini diyakini akan mencegah bibit tomat menjadi layu. Selain itu sesaat setelah bibit ditanam, segera berikan tambahan pupuk cair ini untuk membuat bibit dapat langsung berkembang.

Masalah pengairan saat penanaman juga penting di sini. Baiknya segera lakukan pemasangan ajir secepat mungkin. Jarak yang disarankan untuk pemasangannya adalah 10 sampai 20 cm dihitung dari batang. Adanya jarak ini untuk menjaga agar akar tidak menjadi rusak.

Itulah beberapa tahapan dalam cara menanam tomat yang harus dilalui sebelum panen. Pastikan jika tiap-tiap tahapan sudah dilakukan dengan baik. Ini agar nantinya tomat yang ditanam dapat memberi hasil yang terbaik. Jadi, sudah siap untuk menanam tomat?


5:04:00 AM