Mudahnya Cara Menanam Daun Sirih Dengan Benar




cara menanam daun sirih

Cara Menanam Daun Sirih Dengan Benar - Sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Manfaat sirih yang paling terkenal dikalangan masyarakat yaitu untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan dan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang ingin mengetahui cara menanam daun sirih dengan benar.

Jika menanam daun sirih sendiri, maka ketika membutuhkan dapat langsung memetik daun sirih tersebut. Berikut adalah cara mudah untuk menanam daun sirih dengan benar.

1. Siapkan Media Tanam

Tanaman sirih dapat tumbuh dengan maksimal di daerah dingin atau 300 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini pada umumnya tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Tanah yang diperlukan sebagai media tanamnya pun merupakan tanah lempung berpasir.

Hal seperti media tanah yang digunakan sudah membedakan daun sirih dengan tanaman lain. Oleh karena itu, cara menanam daun sirih yang pertama kali perlu dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Kesalahan media tanam membuat tanaman tidak hidup atau hidup lalu kemudian mati karena tidak dapat tumbuh dengan optimal.

2. Masukkan Pupuk Dan Tanah Dengan Perbandingan Yang Benar

Tanah lempung merupakan tanah yang cocok digunakan oleh tanaman obat pada umumnya. Selain itu, pH tanah untuk menanam daun sirih yaitu sekitar 6 hingga 7. Sedangkan media tanam yang dapat digunakan dapat berupa pot maupun polybag yang telah dilubangi. Kemudian perbandingan pupuk dengan tanah adalah 1 : 1.

Media tanam ini sangat penting untuk dipersiapkan dengan benar. Tak hanya itu, jenis tanah  pun harus diperhatikan dengan benar untuk dalam menyiapkan media tanam ini. Sirih yang merupakan salah satu tanaman obat ini membutuhkan media khusus.

3. Memilih Benih Daun Sirih

Memilih bibit tanaman daun sirih unggulan menjadi hal yang sangat penting dalam sesi cara menanam daun sirih. Hal ini karena pemilihan yang salah akan berdampak pada perkembangan tanaman sirih itu sendiri. Pada umumnya, indikator yang menentukan bibit unggul jika indukannya memiliki kriteria sebagai berikut.

Sebagai tanaman yang tergolong sebagai indukan dengan pertumbuhan cepat, sirih memiliki daun yang besar. Selain itu, daun sirih dari bibit unggul memiliki ukuran yang lebar serta kualitas yang bagus. Tunas akar yang dimiliki juga sangat banyak.

Benih yang bagus akan berasal dari batang indukan yang bagus. Indukan ini pun  tidak memiliki hama serta penyakit ataupun kelainan. Oleh karena itu, pemilihan benih daun sirih sangat tergantung dari indukan yang menghasilkan benih tersebut.

Para penanam sirih perlu jeli dalam memilih benih daun sirih. Perhatikanlah selalu indukannya. Jangan sampai salah memilih indukan karena berpengaruh besar terhadap benih yang akan diambil nantinya. Salah memilih indukan menyebabkan daun sirih yang dihasilkan tidak tumbuh secara optimal.

4. Membuat Parit Untuk Pengairan Tanaman

Ukuran batang harus benar benar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Tak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu juga diperhatikan untuk pengairan tanaman ini. Hal ini karena pengairan tanaman sirih tidak boleh sembarangan.

Setiap dua baris pohon dibuat parit untuk mengalirkan air. Hal ini bertujuan agar tanah yang berada di dekat tanaman sirih tidak basah. Tanaman sirih sangat rentan dan tidak dapat hidup di tanah yang terlalu basah. Oleh karena itu, kelembaban tanaman harus dijaga dengan baik untuk menghasilkan daun dengan kualitas baik.

5. Menanam Daun Sirih

Tahap menanam daun sirih ini merupakan tahap akhir cara menanam daun sirih. Pasalnya, untuk menanam daun sirih sendiri terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kesalahan dalam menanam dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal. Selain itu, jarak antar tanaman pun perlu diperhatikan.

Budidaya daun sirih dapat dilakukan dengan menggunakan ujung dari tanaman sirih itu sendiri sekitar 40 hingga 50 cm. Agar pertumbuhan tanaman baik, sebaiknya diberikan sandaran pohon. Jarak yang diperlukan antar pohon adalah sekitar 1,5 meter per pohon.

Demikian uraian singkat mengenai cara menanam daun sirih. Proses penanaman yang cukup mudah dilakukan bukan? Tak hanya ditanam di tanah lapang, tanaman daun sirih ini dapat pula ditanam di pekarangan rumah. Oleh karena itu kini tak perlu khawatir karena siapa saja dapat menanamnya.


3:44:00 AM