Panduan Cara Memasang IDM Terbaru dan Terlengkap




cara memasang idm

Panduan Cara Memasang IDM - Salah satu aplikasi PC paling berguna di dunia saat ini adalah Internet Download Manager (IDM). Aplikasi satu ini memudahkan penggunanya mengunduh file dari link internet apapun. Tidak sampai di situ. IDM juga bisa mempercepat proses pengunduhan hingga 3 kali lipat. Benar-benar efisien dan serbaguna. Bagi pengguna PC yang ingin memasang IDM, berikut ini kami paparkan panduan lengkap cara memasang IDM.

IDM Versi Terbaru dan Fiturnya

Baru-baru ini, IDM baru merilis versi terbarunya, yakni versi 6.30. Pada versi barunya tersebut, IDM mengalami peningkatan kualitas di berbagai segi. Misalnya dari segi kompatibilitas dengan Google Chrome dan kecanggihan deteksi file video di laman internet. Hal ini menjadikan pengguna bisa menggunakan IDM dengan lebih mudah.

Selain dari kedua fitur tambahan di atas, terdapat pula peningkatan kualitas dari segi kecepatan unduh. IDM 6.30 memiliki kecepatan unduh hingga 5 kali lebih cepat dibanding unduhan biasa. Keamanan file-file unduhan juga meningkat karena IDM akan mengaktifkan malware scanning begitu dibuka.

Bagi siapapun yang ingin menikmati pengalaman menggunakan IDM lebih baik, dianjurkan memasang versi terbarunya. Berikut ini akan dijelaskan cara memasang IDM terbaru dan terlengkap.

Langkah-Langkah Memasang IDM

Secara garis besar, cara memasang IDM tidaklah sulit. Pengguna hanya perlu menyediakan jaringan internet dan space komputer yang cukup. Proses pemasangannya juga tidak terlalu lama, sehingga IDM bisa segera digunakan. Adapun langkah-langkah memasangnya sebagai berikut.

1. Unduh Aplikasi IDM

Hal pertama yang perlu pengguna lakukan adalah mengunduh IDM. Aplikasi ini bisa diunduh di banyak situs penyedia software. Termasuk di situs resmi IDM di http://www.internetdownloadmanager.com/. Tidak perlu khawatir proses unduh akan berlangsung lama. Aplikasi installer IDM hanya berukuran sekitar 10 MB.

Sebelum mengunduh, pastikan file yang terunduh bukan bug atau lainnya. Hal ini sering terjadi di situs-situs software gratis. Saat tombol “download” ditekan, yang terunduh bukan installer IDM. Akan tetapi file spam. Cara memastikannya adalah dengan melihat ukuran file. Ukuran file bug atau spam biasanya hanya sekian ratus kilobyte.

2. Buka Installer Aplikasi yang Telah Diunduh

Setelah installer IDM terunduh, cara memasang IDM selanjutnya adalah membuka installer tersebut. Klik kiri dua kali pada aplikasi berformat .exe. Setelah itu, biasanya akan muncul Command Box bertuliskan “The publisher could not be verified…”. Di bawah kalimat tersebut, terdapat dua tombol. Klik tombol bertuliskan “Run”. Akan muncul box pengaturan bahasa.

Jika pengguna tidak bisa berbahasa Inggris, sebaiknya mengubah pengaturannya menjadi Bahasa Indonesia. Hal ini penting karena selanjutnya proses instalasi akan menggunakan bahasa yang dipilih.

3. Baca Dan Setujui Lisensi IDM

Setelah pengaturan bahasa, akan muncul Wizard Box. Klik tombol Lanjut/Next. Di box selanjutnya, akan muncul lisensi IDM yang perlu pengguna baca. Lisensi ini berisikan aturan-aturan hukum penggunaan IDM, termasuk juga kesepakatan masa gratis 30 hari. Untuk melanjutkan instalasi, pengguna perlu menyetujui lisensi ini.

Berbagai situs sudah menyediakan alat crack IDM agar pengguna tak perlu melakukan pembelian. Akan tetapi sebaiknya menggunakan IDM resmi agar tidak melakukan pelanggaran hukum.

4. Pilih Folder Untuk Instalasi

Cara memasang IDM selanjutnya adalah memilih folder tempat file instalasi. Paling aman, pilih disk C untuk meletakkan file aplikasi instalan. Sebelumnya, pastikan disk C tidak overload, sehingga proses instalasi tidak lemot. Di box lokasi instalasi, pengguna juga dapat mengatur kemunculan ikon desktop IDM. Setelah folder dipilih, klik Lanjut/Next 2 kali berturut-turut.

5. Tunggu Hingga Proses Instalasi Selesai

Proses instalasi dimulai setelah pengguna memilih folder instalasi. Proses ini memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit saja. Di box instalasi, biasanya akan muncul bar hijau yang menandai presentase instalasi. Tunggu hingga bar terisi warna hijau penuh (presentase mencapai 100%). Setelah itu akan muncul box konfirmasi penyelesaian instalasi. Pengguna bisa mulai menggunakan IDM setelah ini.

Itulah informasi fitur IDM versi terbaru beserta cara memasang IDM terbaru dan terlengkap yang bisa kami sediakan. Setelah instalasi, pengguna dapat mulai mengunduh file menggunakan IDM. Jika yang diinstal versi terbaru, biasanya proses unduh akan berjalan otomatis.


6:38:00 AM