Panduan Cara Menanam Durian Agar Buah Berlimpah




cara menanam durian

Panduan Cara Menanam Durian - Durian merupakan buah asli Asia Tenggara yang tergolong memiliki banyak penggemar. Tekstur daging dan rasanya yang unik serta aroma harum yang dihasilkannya membuat tanaman ini selalu menjadi santapan nikmat dan lezat. Tak heran jika banyak orang berburu cara menanam durian yang benar untuk menghasilkan buah dengan rasa yang nikmat.

Menanam buah yang satu ini tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menanam tumbuhan ini. Ragam rasa buah serta ukuran bijinya yang berbeda-beda tercermin dari cara penanaman serta pemilihan bibitnya. Berikut adalah panduan cara menanam buah durian.

1. Penentuan Lokasi

Hal utama yang tak kalah penting ketika menanam buah ini adalah memperhatikan lokasi penanaman. Terdapat beberapa syarat dan kondisi lokasi tempat menanam durian yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan lahan tanam. Buah durian hanya dapat tumbuh di lahan tropis dengan ketinggian 500 hingga 800 meter di atas permukaan laut. Selain itu , lokasi penanaman harus terkena sinar matahari antara 40% hingga 50% dengan suhu 23 hingga 30 derajat celcius.

Tempat tanam durian memiliki curah hujan antara 1500 hingga 2500 mm per tahun. Kemudian, tanah untuk menanam buah durian merupakan jenis tanah latosol, andosol serta tanah podsolik merah kuning. Tanah tersebut memiliki pH tanah antara 6 – 7. PH ini sangat perlu untuk diperhatikan.

2. Pemilihan Bibit Durian

Pemilihan bibit buah durian merupakan salah satu cara menanam durian terpenting. Memilih bibit unggulan yang bebas dari hama penyakit menjadikan tanaman ini memiliki peluang tumbuh yang baik. Selain itu, jika bibit yang digunakan adalah bibit unggulan, maka hasil panennya pun akan melimpah. Berikut adalah ciri bibit ideal buah durian.

Bibit yang ideal memiliki buah durian yang lebat. Selain itu, bibitnya segar serta sehat dan terbebas dari penyakit dan hama tanaman. Bibit durian yang bagus ini juga memiliki batang bibit kokoh dengan percabangan dari 2 hingga 4 arah. Selain itu terdapat tunas baru pada batang bibit durian dengan jumlah yang banyak.

Untuk memiliki durian dengan kualitas rasa yang enak maka diperlukan pemilihan bibit yang benar benar baik. Jika bibit yang dipilih sembarangan maka buah yang dihasilkan pun tidak akan seperti yang diharapkan. Selain itu, jika kualitas durian tidak bagus, maka harganya pun pasti akan jatuh.

3. Persiapan Lahan Tanam Durian

Usai memilih bibit unggul, kini berpindah ke penanaman bibit durian. Proses penanaman ini perlu sangat diperhatikan. Hal ini karena proses ini merupakan langkah terakhir cara menanam durian. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan lahan tanam durian.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan lahan bersih dari gulma serta tanaman liar.Kemudian, gemburkan tanah dengan cara mencangkul lahan lalu diamkan selama 3 hari. Setelah itu, berikan pupuk kandang dan diamkan kembali selama satu minggu agar pupuk meresap sempurna.

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang kurang lebih 8 x 8 meter. Setelah itu, diamkan lubang selama satu minggu. Kemudian, tanam durian pada musim hujan agar mendapat asupan air yang cukup. Lalu, masukkan bibit durian ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak.

Langkah terakhir adalah tutup lubang dengan tanah hingga batas pangkal batang bibit durian. Usai melakukan seluruh rangkaian langkah di atas, kemudian sirami tanaman dengan air secukupnya. Buah durian merupakan buah yang tidak terlalu membutuhkan terlalu banyak asupan air. Berbeda dengan durian yang masih kecil yang masih membutuhkan banyak asupan air.

Demikian uraian singkat mengenai panduan cara menanam durian agar buah melimpah. Cara tersebut dapat diterapkan di berbagai jenis bibit buah durian. Hal yang pasti dari penanaman tersebut adalah jika melakukan penanaman yang benar dengan bibit unggul maka buahnya akan melimpah.

Buah durian yang ditanam dengan pemilihan bibit yang benar akan menghasilkan buah dengan daging yang tebal serta rasa manis. Selain itu, harganya di pasaran pasti akan jauh lebih mahal jika kualitas daging durian yang dihasilkan lebih tebal dan lebih baik.


4:32:00 AM