Panduan Cara Menanam Eceng Gondok Serta Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan




cara menanam eceng gondok

Cara Menanam Eceng Gondok - Meski dulunya dianggap sebagai tanaman pengganggu, nyatanya kini banyak orang yang membudidayakan eceng gondok sebagai tanaman hias. Selain mudah, nyatanya tanaman ini juga pas untuk menghias kolam di rumah. Namun banyak dari mereka yang belum paham cara menanam eceng gondok yang benar. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini. Namun sebelumnya ketahui dahulu hal-ha; yang harus dipersiapkan.

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan

Setiap akan melakukan penanaman tumbuhan apapun, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Ini penting agar nantinya proses penanaman dan pertumbuhan eceng gondok bisa maksimal. Lantas apa saja hal yang perlu dipersiapkan? Berikut diantaranya:
  • Media tanam dari semen
  • Air
  • Pasir halus
  • Tanah liat

Cara Menanam Eceng Gondok Yang Benar

Seperti menanam tumbuhan pada umumnya,. Menanam eceng gondok juga memiliki beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Tahapan inilah yang nantinya akan membantu mensukseskan proses tanam dan pertumbuhan eceng gondok. Dan berikut diantaranya:

1. Pilih Bibit Yang Bagus

Cara menanam eceng gondok yang pertama tentu menyiapkan bibit yang unggul. Bibit ini tentunya sangat mudah dicari karena semua bagian eceng gondok bisa dijadikan bibit. Dengan keuntungan ini tentunya proses penanaman pun bisa segera dilakukan.

Namun jika ingin mencari bibit yang bagus, carilah yang masih segar. Ini bisa ditandai dengan warnanya yang masih hijau. Selain enak dipandang, calon bibit yang masih hijau juga bisa membuat area penanaman menjadi asri.

2. Siapkan Media Tanam Yang Akan Digunakan

Setelah bibit yang akan ditanam siap, maka langkah atau cara menanam eceng gondok yang kedua adalah membuat media tanamnya. Untuk media tanam sendiri sebetulnya bebas, namun disarankan untuk menggunakan semen atau melapisi bagian bawahnya dengan semen. Perlu diperhatikan semen merupakan bahan bangunan yang terbuat dari beberapa campuran bahan kimia.

Bahan semacam ini tidak bagus jika langsung digunakan untuk meletakkan bibit tanaman. Untuk itu agar bibit tidak mati, beri air secukupnya pada media tanam hingga tumbuh sedikit lumut. Dengan adanya lumut ini menandakan bahwa semen yang digunakan untuk media tanam sudah siap dimasuki bibit eceng gondok.

3. Pindahkan Ke Media Tanam

Setelah media tanam yang akan digunakan siap, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit eceng gondok ke media tanam yang dimaksud. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya media tanam disini dibuat dari semen. Kenapa begitu? Ini dimaksudkan agar air yang ada tidak meresap kedalam tanah dan membantu proses pertumbuhan.

Sebelum memindahkan bibit ke media tanam, beri pasir halus dengan ketebalan 35 cm terlebih dahulu. Jika sudah tambahkan tanah liat dengan ketebalan kurang lebih 10 cm kemudian tambah lagi pasir halus dengan ketebalan 24 cm. Proses ini bertujuan untuk menciptakan lumpur di dasar kolam dimana itu bisa membantu penyebaran akar.

4. Memantau Pertumbuhan Eceng Gondok

Mengingat eceng gondok adalah tanaman dengan tingkat pertumbuhan yang cepat, tentu pemantauan tidak perlu dilakukan setiap waktu. Yang perlu dilakukan hanyalah memantau kondisi air pada media tanah. Meski eceng gondok bisa hidup di jenis air apapun, lebih baik gunakan air yang bagus agar pertumbuhannya maksimal.

Selain itu, jangan gunakan air yang sudah terkena limbah. Ini dikarenakan selain tidak baik untuk lingkungan, hal itu juga bisa menghambat proses pertumbuhan eceng gondok. Selain itu perhatikan pula proses pembuatan pasir manual yang sudah dilakukan sebelumnya. Bisa juga tambahkan pupuk jika diperlukan.

5. Mengatur Laju Pertumbuhan Tanaman

Seperti penjelasan sebelumnya, laju tanaman eceng gondok bisa dibilang sangat tinggi. Bahkan hanya butuh beberapa waktu saja, tanaman ini mampu memenuhi semua luas media tanam yang dipakai. Jika sudah begini tentu perlu mengatur laju pertumbuhannya. Selain agar tampilannya bagus, ini juga termasuk cara menanam eceng gondok yang baik dan benar.

Lantas bagaimana mengatur laju pertumbuhan eceng gondok? Caranya mudah yaitu cukup menggunakan tali. Tali ini nantinya akan digunakan untuk menghalau penyebaran eceng gondok. Untuk ketinggiannya sendiri kurang lebih 5 cm dari permukaan air. Dengan begitu eceng gondok tidak akan tumbuh pada area yang tidak diinginkan. Praktis bukan?

Dari keterangan yang sudah dijelaskan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara menanam eceng gondok ini sebenarnya tidaklah sulit. Hanya butuh ketelitian dan perawatan yang baik agar tumbuh kembang tanaman ini sesuai dengan harapan. Selain itu cara ini juga sangat pas digunakan bagi mereka yang ingin menanam eceng gondok dengan cara sederhana. Selamat mencoba!


4:04:00 AM