Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Naga




cara menanam buah naga

Cara Menanam Buah Naga - Buah naga menjadi tanaman yang naik daun saat ini. Memang tanaman yang satu ini tidak hanya unik namun juga memiliki rasa yang lezat. Warnanya yang merah memang menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Bagi penggemar berat buah naga dan ingin mencoba menanamnya, nampaknya paduan lengkap cara menanam buah naga ini cocok diterapkan.

Ada beberapa tahapan penanaman buah naga yang harus diperhatikan. Setiap tahapan pastinya harus dikerjakan dengan baik guna memperoleh hasil panen terbaik. Lalu ada tahapan apa saja dalam penanaman buah naga? Berikut ini beberapa tahapannya.

1. Memilih Jenis Buah Naga

Ternyata buah naga tidak hanya hadir satu jenis saja. Sebenarnya buah naga memiliki berbagai jenis buah. Untuk di Indonesia sendiri, buah naga memiliki 6 jenis buah. Masing-masing jenis buah naga ini tentu memiliki cita rasa dan kelebihannya masing-masing. Petani yang akan menanam buah naga baiknya memilih buah naga yang dirasa paling sesuai untuk ditanam.

Untuk varian buah naga yang paling banyak ditanam adalah buah naga yang memiliki warna putih. Sedangkan buah naga yang paling terkenal saat ini adalah buah naga yang berwarna merah. Lalu ada juga buah naga yang paling mahal di pasaran adalah buah naga kuning. Jadi tinggal tentukan buah naga yang akan ditanam di antara berbagai buah naga tersebut.

2. Membuat Bibit

Selanjutnya adalah melakukan pembuatan bibit. Memang bibit buah naga dapat mudah ditemukan di toko-toko pertanian. Namun, buah naga juga dapat dibuat sendiri bibitnya. Pembuatan bibit buah naga ini melalui metode generatif maupun vegetatif. Untuk pembuatan bibit vegetatif lebih banyak di sarankan. Pasalnya pembuatan biji vegetatif ini dinilai lebih cepat berbuah serta hasilnya sama dengan induknya.

Pembuatan bibit buah naga pun cukup mudah untuk metode vegetatif. Dimana buah naga yang bagus dan sesuai kriteria kemudian dipotong pada bagian batang. Pemotongan tersebut dengan panjang 80 sampai 120 cm. Untuk kemudian disisakan sebanyak 20% bagi induk agar tetap tumbuh. Nantinya yang 80% dijadikan calon bibit dengan minimal 4 tunas.

3. Menyiapkan Lokasi Tanam

Sembari menunggu persiapan bibit, sebaiknya mulai siapkan lokasi tanam. Lokasi yang terbuka menjadi lokasi yang tepat untuk mulai menanam buah naga. Pastikan jika lokasi tersebut cukup mendapat matahari. Selain itu biasanya buah naga cocok di tanam di daerah dengan ketinggian 0 sampai 350 m di atas permukaan laut.

Jika sudah menemukan kriteria tanah yang tepat, kita masuk ke cara menanam buah naga selanjutnya yaitu menyiapkan area rambat. Buah naga termasuk tanaman yang tumbuh tinggi ke atas, namun sayangnya tidak memiliki batang yang kokoh. Untuk itulah tiang rambatan berfungsi, bagusnya siapkan tiang dengan tinggi 1,5 m. Jangan lupa juga siapkan lubang tanam untuk buah naga.

4. Menanam Buah Naga

Jika lokasi tanam sudah dibuatkan sekarang saatnya mulai melakukan penanaman buah naga. Satu tiang rambat nantinya digunakan untuk empat buah bibit buat naga. Lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya campurkan dengan pasir, pupuk serta tanah. Untuk lubang tanam sebaiknya beri jarak sekitar 10 cm. Lalu untuk kedalaman tanah sendiri sebaiknya antara 10 sampai 15 cm.

Nantinya buka wadah polibag tempat bibit, kemudian tanamkan bibit tersebut pada lubang yang ada. Pastikan jika akar telah masuk ke dalam tempat tersebut secara keseluruhan. Untuk kemudian bibit yang telah masuk ditimbun dengan tanah, serta jangan lupa untuk dipadatkan.

5. Pengikatan Pada Tiang Rambat

Pada tahapan cara menanam buah naga dengan 4 lubang ini, tak lupa siapkan tali untuk mengikat keempat bibit tersebut. Jadi ikat bibit tersebut dalam tiang rambat agar menyatu. Pengikatan ini dilakukan sampai dengan tanaman memiliki panjang 20-30 cm.

Jangan mengikat bibit dengan terlalu kencang. Hanya pastikan saja jika bibit sudah dapat menempel pada tiang panjat tersebut. Pengikatan bibit yang tidak terlalu kencang berfungsi untuk memberikan ruang gerak pada bibit, sehingga nanti lebih leluasa saat tumbuh. Selain itu ruang gerak ini juga untuk mencegah batang menjadi luka karena ikatan yang terlalu kencang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari cara menanam buah naga. Semuanya tersebar dalam poin-poin yang ada di atas. Untuk itu sebaiknya lakukan setiap poin dengan baik agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.


4:22:00 AM