Penting! 6 Cara Mengetahui Berita Hoax Agar Tidak Tertipu




cara mengetahui berita hoax

Cara Mengetahui Berita Hoax Agar Tidak Tertipu - Perkembangan teknologi membuat orang membuat berita hoax dengan tujuannya masing-masing. Terutama di media sosial seperti Facebook, dan situs informasi lainnya. Untuk itu cara mengetahui berita hoax penting agar tidak tertipu. Bahkan belakangan ini marak berbagai situs dan postingan dengan cara yang mudah dan tidak masuk akal.

Untuk itu masyarakat wajib membuka hati dan pikiran agar dapat menelaah berita itu hoax atau bukan. Terlebih lagi tatkala berita hoax itu meminta sejumlah uang setelah proses dalam suatu hal, tentunya itu sangat berbahaya dan dapat merugikan. Maka dari itu dibawah ini ada 6 cara mengetahui berita hoax, diantaranya adalah:

1. Selalu Berfikir Rasional Terhadap Semua Berita

Terkadang sejumlah orang mudah percaya pada sebuah berita karena kesederhanaan dan daya tarik berita tersebut. Padahal nyatanya berita itu hoax yang sukses ditulis oleh sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sebagai generasi millenial wajib berpikir skeptis terhadap judul berita.

Biasanya hoax selalu menggunakan kata-kata yang catchy bahkan menggunakan huruf kapital dalam jumlah banyak. Maka wajib menelaah dan mencari sumber keaslian berita itu, atau meluangkan waktu berselancar pada akunnya agar melihat seperti apa isi akunnya, termasuk komentar postingan pengguna lain pada akun tersebut.

2. Jangan Asal Share

Berita hoax terkadang bersifat provokatif dan bombastis untuk memancing emosi orang. Hal itu karena ada tujuan dan beragam kepentingan dibalik berita tersebut. Bahkan saat ini beragam berita hoax bermunculan mendukung atau memprovokasi tokoh tertentu.

Alasan itulah yang menjadi dasar kuat agar tidak asal menshare berita yang didapat. Wajib melakukan cross check atau mencari referensi melalui pencarian google akan kebenaran berita tersebut.Dan pastikan apakah berita tersebut ditulis akun lain yang dapat dipercaya atau tidak.

3. Mengecek Keaslian Foto

Mengecek keaslian foto yang terdapat dalam berita merupakan cara mengetahui berita hoax yang sangat penting. Biasanya berita hoax menggunakan foto yang diedit sedemikian rupa untuk mengelabuhi pembaca berita dengan tujuan memprovokasi.

Pengguna dapat mengecek keaslian foto menggunakan Google Images pada browser, caranya drag foto tersebut ke kolom pencarian Google Image. Setelah itu periksa hasilnya untuk mengetahui secara jelas sumber dan caption asli dari foto tersebut. Tatkala berita itu memang hoax sebaiknya dihapus jika dapat dihapus, namun jika tidak wajib berdiam diri saja tidak perlu berkomentar atau malah memprofokasi.

4. Mengecek Domain Dan URL Situs

Sebagai pengguna internet memang harus jeli pada semua berita yang diposting. Jangan sampai teman-teman dan sanak saudara ikut terperangkap dan bersedia mengikuti kemauan berita tersebut.

Untuk itu mengecek domain dan URL situs sangat diperlukan sebelum menjamah lebih jauh berita tersebut, caranya cukup mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Pastikan apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar atau salah, selain itu pastikan beritanya bersumber dari situs bermutu atau janggal.

5. Laporkan!

Melaporkan adalah layanan yang tersedia di Facebook dan termasuk cara mengetahui berita hoax yang saling menguntungkan. Facebook memang menjadi sosial media yang mudah dilakukan semua kalangan dan telah menanggulangi berita-berita hoax agar tidak merajalela.

Untuk pengguna yang mengetahui atau mencurigai berita hoax dapat melaporkannya ke Facebook dengan cara yang mudah. Pengguna cukup mengklik sudut kanan atas dalam sebuah postingan, lalu pilih bagian Report Post dan menyebutkan alasan pengguna ingin melaporkan berita tersebut.

Bahkan Facebook juga akan memberi tanda kepada konten yang dicurigai tatkala konten itu mengidentifikasikan sebuah berita hoax. Maka akan terdapat tanda dan tautan ke artikel tersebut sehingga artikel itu tidak dapat dipromosikan.

6. Ketahui Apakah Termasuk Berita Lelucon Atau Serius

Cara mengetahui berita hoax dapat dilakukan dengan mengkaji apakah berita tersebut termasuk berita lelucon atau bukan. Sejatinya berita hoax sangat sulit dibedakan dengan humor dan dengan berita yang asli. Hal itu karena pihak berita memang sudah sedemikian rupa membuat berita tersebut seperti nyata, bahkan berita tersebut terkadang ditulis oleh penulis maupun editor agar masyarakat percaya.

Maka dari itu masyarakat wajib memeriksa sumber tersebut berasal dari situs parodi atau bukan, dan melihat bagaimana proses pemberitaan yang diterapkan.

Sejatinya cara mengetahui berita hoax memang wajib diketahui masyarakat. Hal itu karena saat ini kebanyakan masyarakat bergantung pada media sosial untuk menunjang sebagian kebutuhannya. Misalnya membeli buku dan beragam jual beli lainnya, mencari lowongan pekerjaan dan lain-lain. Untuk itu 6 cara mengetahui berita hoax di atas dapat dijadikan acuan agar terhindar dari penyebab berita hoax.


4:06:00 AM