Penting! Cara Mengedit Power Point Ini Akan Membuat Presentasi LebihMenarik




Cara Mengedit Power Point

Cara Mengedit Power Point simpel - Power point adalah alat bantu presentasi yang sering digunakan oleh semua orang mulai dari siswa sekolah sampai executive papan atas. Membuat presentasi menarik adalah tugas dari pemateri yang membacakan slide pada power pint. Namun sebagian besar orang tidak melakukan editing yang lebih menarik pada bahan presentasinya karena tidak tau caranya. Ini cara mengedit power point agar menarik:

1. Pilih Tema Sebelum Mulai Mengedit

Setelah ditetapkan outline slide dan naskah presentasinya kini saatnya untuk menuangkan semuanya di dalam power point sebagai alat bantu presentasi. Dalam power point ini terdapat tema bawaannya yang bisa digunakan sebagai tema slide pada presentasi.

Sebuah tema wajib dipilih karena akan membuat sebuah konsistensi pada presentasi yang akan disampaikan. Ada tiga hal yang harus disesuaikan saat memilih tema sebelum melakukan editing lebih lanjut yaitu, desain, warna dan huruf pada slide.

Caranya klik tab design, lalu klik panah ke bawah di sana ada pilihan Themes yang bis pada dipilih salah satu. Kemudian untuk desain, klik tab design di kolom Variants pilih kombinasi warna yang diinginkan, klik panah bawah pada variant dan pilih font untuk pengaturan huruf. Dengan demikian tema sudah siap, dan tema inilah yang akan digunakan pada semua slide.

2. Ubah Bullet Menggunakan Icon

Untuk materi presentasi yang mengandung banyak bullet, akan lebih menarik jika diedit menggunakan icon. Cara mengedit power point untuk bullet menjadi icon memang sedikit rumit, namun akan menghasilkan presentasi yang lebih menarik. Buat icon secara mandiri sesuai kebutuhan dengan cara, klik lingkaran, klik tab format, lalu atur warna yang diinginkan pada kolom shape styles, klik shape fill.

Setelah lingkaran diberi warna sesuai keinginan, maka saatnya memberi tulisan atau symbol pada icon yang dibuat. Klik pada lingkaran kemudian klik kanan add text, pilih huruf Sosa atau symbol yang ingin digunakan. Atur ukuran fontnya sesuai dengan besar lingkaran agar tampak seimbang, lalu tambahkan text di bawahnya.

3. Edit Timeline Lebih Menarik

Terkadang slide hanya berisi timeline, sehingga lebih ringkas dan tidak membosankan. Materi yang bisa dibentuk timeline biasanya adalah perjalanan perusahaan, sejarah bangsa dan lainnya yang berhubungan dengan tahapan waktu. Menuliskan perjalanan waktu begitu saja dalam bentuk text akan sangat membosankan, maka gunakan timeline agar lebih menarik.

Cara mengedit time line power point agar menarik klik tab Insert, klik smartArt, kemudian pada jendela smarArt pilih process. Pada kolom bagian kanan pilih chevron process, lalu klik OK. Berikutnya atur tampilan timeline klik tab design, lalu klik change colors dan pilih warna yang paling sesuai.

Setelah desain diatur, selanjutnya atur ukurannya, pada tab format, kolom size. Kemudian tambahkan tulisan waktu yang dimaksud dengan text box inilah cara mengedit power point untuk timeline.

4. Mengedit Diagram Agar Menarik

Selain timeline slide terkadang juga berisi diagram-diagram untuk membantu audiens memahami apa yang diterangkan presenter. Menggunakan diagram alur memang membuat sebuah naskah presentasi menjadi lebih mudah dipahami karena audiens tidak perlu pusing membaca. Cara mengedit power point untuk diagram sangat mudah tinggal klik tab insert dan klik chart, pilih jenis diagram yang dibutuhkan.

Setelah memilih diagram yang paling sesuai dengan naskah, saatnya memberikan keterangan dalam diagram tersebut. Keterangan berfungsi untuk membantu audiens memahami maksud dari diagram tersebut. Diagram akan lebih mudah dan cepat dipahami dibandingkan dengan harus membaca text yang panjang.

5. Memasukkan Foto Dan Gambar Dalam Presentasi

Untuk menambah daya tarik presentasi menggunakan power point bisa memasukkan foto, audio dan animasi dalam slide. Cara mengedit power point untuk memasukkan itu semua sangat mudah dilakukan. Pembuat power point tinggal klik tab Insert lalu klik picture atau foto kemudian pilih yang akan dimasukkan.

Demikian cara mengedit power point agar menjadi presentasi yang menarik untuk disimak para audience. Presentasi yang menarik akan mendapatkan penilaian positif dari audiens yang melihatnya, dan membuat pemateri sukses merebut hati audiens. Mengikuti cara edit yang benar memang sangat penting bagi kebutuhan presentasi menggunakan power point.


1:46:00 AM