Penting! Cara Mengetahui Cas Aki Penuh Untuk Orang Awam




cara mengetahui cas aki penuh

Cara Mengetahui Cas Aki - Aki termasuk komponen utama kendaraan agar mesin dan kendaraan dapat dihidupkan dalam kondisi apapun. Pengecekan aki dilakukan secara rutin agar aki awet serta memiliki kinerja yang berkualitas. Mengingat kebutuhan aki sangat penting, masyarakat wajib mengetahui cara mengetahui cas aki penuh.

Kendaraan yang sangat bergantung pada aki adalah mobil. Aki mobil umumnya memiliki 12 volt, terlebih lagi tatkala tengah buru-buru atau mobil mendadak mogok di jalanan yang sepi. Untuk itu di bawah ini ada 5 cara mengetahui cas aki penuh, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Multimeter Atau Avometer

Sebagai kendaraan jangka panjang yang digunakan sehari-hari, pemilik wajib memperhatikan fisik aki kendaraan. Tujuannya agar tidak ada kendala yang ditimbulkan dan pengecekan aki akan lancar tidak ada hambatan, biasanya pengecekan aki akan terhambat karena adanya gelembung pada beberapa bagian. Untuk itu wajib mengganti aki agar performa kendaraan tetap terjaga.

Setelah itu pengguna melepaskan kabel aki dan menyalakan multimeter pada setting untuk mengecek tegangan DC Voltage. Kemudian menghubungkan kabel positif multimeter (merah) ke terminal positif aki (merah) dan kabel negatif (hitam) ke terminal negatif aki (hitam). Maka hasilnya akan keluar pada layar multimeter.

Aki performa bagus yang sudah terisi penuh adalah 12,3- 13,4 Volt. Namun jika multimeter mengeluarkan hasil dibawah 12 Volt maka baterai atau aki sudah habis kapasitas energi listriknya dan tidak layak digunakan. Langkah terakhir adalah cara mengembalikan terminal, pengguna wajib memastikan terminal aki bersih, tersambung dengan baik dan tidak memiliki goyangan atau tidak berkarat.

2. Mencharge Aki C/20

Cara mengetahui cas aki penuh dapat dilakukan saat pengguna mencharge aki dengan rumus C/20 atau berarti arus pengisian = Nominal AH : 20. Tatkala ACCU pengguna adalah 60 AH atau Ampere Hour maka arus pengisiannya 60/20 = 3 AMP dan dilakukan pengisian selama 20 jam. Tatkala sudah 20 jam pengguna wajib melepas charge karena sudah pasti penuh agar performa aki tetap terjaga.

Pada saat pengguna ingin mencharge lebih cepat dapat memakai c/10 atau arus pengisian  = 60 Amper Hour / 10 Hour = 6 Amper. Sejatinya makin lambat proses pengisiannya maka membuat aki lebih awet. Sebaliknya, proses pengisian aki yang terlalu cepat (Quick charger) akan membuat accu secara perlahan-lahan membuat umur aki menjadi lebih pendek.

3. Menggunakan Voltage Charger

Menggunakan Voltage Charger juga dapat diketahui saat aki sudah penuh. Voltage Charger biasanya diset 110 % hingga 115 % dari nominal tegangan aki. Misalnya aki dengan tegangan 12 volt maka tegangannya charger berkisar 13,2 sampai 13,8 volt, tatkala tegangan lebih tinggi maka terjadi over voltage sekaligus over charge. Saat pengguna menggunakan power supply sebagai charger maka voltage power suppynya 12 volt dan hanya mampu mengisi aki sebesar 100 % dari nominal tegangan aki, bisa saja aki akan cepat habis karena tidak penuh.

4. Sensor Tegangan Bias

Zaman modern ini charger aki sudah dilengkapi dengan tegangan bias aki. Tentunya ini menguntungkan pemilik kendaraan dan tidak perlu repot melakukan tips sulit cara mengetahui cas aki penuh. Hal itu karena fungsi tegangan bias akan menghentikan proses charger secara otomatis ketika aki sudah penuh.

5. Menggunakan Charger Accu

Saat ini sudah beredar charger handal untuk mengecas aki dan mengetahui penuh tidaknya aki. Yaitu charger Accu atau super fast accu charger 10 minutes yang dapat dilakukan sekitar 10 menit saat pemilik kendaraan mengalami aki kehilangan daya atau kurang strum dan soak. Bahkan charger ini dapat diatur amperenya dari 5a- 100a. Dan untuk mengetahui aki penuh maka akan otomatis auto off. Sementara charger inverter atau charger 12v berguna untuk merawat accu agar awet.

Charger handal ini juga dimanfaatkan untuk membuka usaha jasa strum accu. Hal itu karena efisiennnya pengisian daya yang signifikan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Untuk itu sebagai pemilik kendaraan wajib menjaga performa aki agar tetap awet dengan cara pengisian aki yang benar dan tepat. Kelima cara mengetahui cas aki penuh yang dijabarkan diatas juga menjadi bahan acuan agar tidak bingung mengetahui aki yang sudah penuh atau belum. Terlebih lagi masyarakat sangat bergantung pada kendaraan untuk segala aktivitas.


1:21:00 AM