Penting, Inilah Cara Membuka Laptop Terkunci Jika Lupa Password




Cara Membuka Laptop Terkunci

Cara Membuka Laptop Terkunci Jika Lupa Password - Memberikan kata kunci atau password pada laptop memberikan jaminan rasa aman akan privasi. Orang lain tidak akan bisa membuka laptop tanpa izin dan file serta data pun aman tanpa ada yang mengusik. Masalahnya, bagaimana jika lupa password dan laptop tidak bisa dibuka? Ternyata itu bukan masalah karena ada cara untuk membuka laptop terkunci jika lupa password. 

1. Manfaatkan Fitur Password Reset Disk

Instalasi Windows selalu dilengkapi dengan fitur Password Reset Disk sebagai cara membuka laptop terkunci ketika lupa password. Langkah ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan untuk membuka laptop ketika lupa pada password.

Ketika salah memasukkan password, tautan untuk Reset password otomatis akan langsung muncul. Klik saja link yang tertera dan akan diarahkan pada jendela Password Reset Wizard. Lakukan perintah sesuai yang tertera untuk mengubah atau menghilangkan password. Laptop pun bisa dibuka dan tak lagi terkunci.

2. Buka Laptop Terkunci dengan CD Instalasi Windows

Tak hanya untuk menginstal atau menghapus sistem windows, CD instalasi ternyata juga dapat digunakan sebagai cara membuka laptop terkunci. Hanya saja, cara yang satu ini membutuhkan tekad dan kesabaran yang lebih dibandingkan yang lain. Hal pertama yang diperlukan tentu saja CD instalasi Windows, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
  • Nyalakan laptop dan masukkan CD instalasi, kemudian akan muncul jendela instalasi. Lihat pada bagian sisi kanan pojok bawah, klik Repair your computer.
  • Buka Command Prompt. Pada Windows 7, menu Command Prompt setelah mengklik Next pada pilihan OS Windows 7. Sedangkan pada Windows 8, pilih Troubleshoot lalu pilih Advance Setting kemudian klik Command Prompt. Dapat juga menggunakan short-cut dengan menekan Shift + F10 pada keyboard secara bersamaan.
  • Ganti perintah utilman.exe menjadi cmd.exe. Sebaiknya buat salinan dari utilman.exe dengan cara mengetikkan [copy c:\windows\system32\utilman.exe] tekan Enter. Pada source di bawahnya ketikkan lagi [copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\utilman.exe] lalu Enter. Saat muncul peringatan untuk overwrite, ketikkan [Yes] kemudian Enter. Pada Windows 7, alih-alih utilman.exe format ekstensi akan merupakan setch.exe, lakukan seperti yang sudah dijelaskan.
  • Tutup menu Command Prompt, lepas CD instalasi, dan kemudian Restart
  • Setelah Restart, pada jendela login klik 5 kali pada tomblo Shift (Windows 7); klik pada Easy of Access (Windows 8); atau klik Utility Management (Windows 10).
  • Perhatikan tulisan C:\Windows\system32>, lalu ketikkan setelahnya [Net (spasi) User (spasi) Username (spasi) Password Baru] dan tekan Enter. Akan muncul pemberitahuan bahwa jika perintah telah sukses dilakukan. Laptop akan dapat dibuka dengan username dan password yang baru.

3. Gunakan Bantuan Software Password Recovery

Cara membuka laptop terkunci karena lupa password juga dapat menggunakan bantuan software. Software yang dicontohkan di sini adalah iSumsoft. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:
  • Download dan instal iSumsoft pada perangkat laptop lain.
  • Jalankan menu Windows Password Refixer kemudian ikuti perintah yang tertera, bakar pada USB atau CD/DVD.
  • Sambungkan USB atau masukkan CD/DVD pada laptop yang terkunci, kemudian akan ada dua pilihan, Reset Password dan Add User. Pilih Reset Password untuk menghapus password yang terlupakan. Selanjutnya pilih Add User untuk masuk sebagai Administrator.
  • Terakhir, Restart laptop dan cabut USB/CD/DVD dan masuk ke dalam laptop sebagai Administrator.
Selain ketiga cara di atas, laptop yang terkunci karena lupa password dapat dibuka melalui akun built-in bawaan dari sistem laptop. Biasanya akun ini bernama Administrator dan Guest. Agar dapat digunakan sebagai cara membuka laptop terkunci  saat lupa password, maka pastikan kedua (atau salah satu) akun built-in tersebut dalam kondisi enabled.

Untuk mengaktifkan kedua akun tersebut, buka Computer Management (klik kanan pada My Computer à Manage). Buka Local Users and Groups  pilih folder Users, klik kanan pada Administrator atau Guest kemudian pilih Properties. Hapus centang pada kolom Account is disabled dan terakhir klik Apply.

Selanjutnya, laptop pun akan dapat dibuka jika suatu saat password terlupakan. Hanya perlu masuk melalui akun Administrator atau Guest, lalu atur ulang password pada akun yang sebenarnya digunakan melalui Computer Management. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan jadi tidak perlu khawatir.


10:33:00 AM