Penting! Kenali Fungsi, Penyebab dan Cara Menghilangkan Asam Lambung




cara menghilangkan asam lambung

Cara Menghilangkan Asam Lambung - Getah lambung secara normal dihasilkan oleh kelenjar pencernaan yang ada di lambung, terdiri dari asam lambung, lipase dan gastrin. Semua kandungan di dalam getah lambung berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Dalam kondisi abnormal asam kadar asam lambung bisa meningkat yang akan menyebabkan gangguan. Penting mengetahui cara menghilangkan asam lambung untuk mengatasinya.

Fungsi Asam Lambung Dalam Keadaan Normal

Secara normal asam lambung memiliki fungsi positif pada saluran pencernaan manusia. Asam lambung akan membunuh kuman dan penyakit yang masuk bersama makanan ke dalam saluran pencernaan. Peningkatan asam lambung terjadi pada saat jam makan tiba, karena otak telah menyesuaikannya. Dalam keadaan kadar asam lambung normal maka tidak akan menyebabkan luka pada dinding lambung.

Penyebab Peningkatan Asam Lambung

Namun dalam keadaan tertentu kadar asam lambung bisa mengalami peningkatan dan menyebabkan gangguan fungsi. Berikut ini beberapa penyebab peningkatan asam lambung yang akan menyebabkan efek buruk di dalam tubuh:
  • Stress. Kondisi stress berlebih akan meningkatkan kadar asam lambung dalam pencernaan. Mekanismenya adalah saat stress meningkat maka adrenalin juga meningkat, adrenalin yang meningkat akan meningkatkan asam lambung.
  • Makanan asam. Makanan juga berperan meningkatkan asam lambung, makanan asam yang masuk ke dalam tubuh akan membuat kondisi lambung semakin asam.
  • Makan tidak teratur. Jam makan yang tidak teratur akan membuat produksi asam lambung meningkat, karena naik turunnya tidak teratur sehingga tidak terkontrol.
  • Obat anti nyeri. Obat anti nyeri yang dikonsumsi bisa meningkatkan asam lambung, sehingga dibutuhkan obat maag bagi penderita maag yang mengkonsumsi obat anti nyeri.
  • Kerusakan spinchter esophageal (LES). Kerusakan spinchter pada kerongkongan yang paling bawah akan menyebabkan asam lambung naik. Inilah kondisi yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri ulu hati bahkan kerongkongan terasa terbakar.
Itulah hal-hal yang bisa menyebabkan peningkatan asam lambung dalam tubuh yang menimbulkan efek tidak nyaman. Melihat penyebabnya yang beragam haruslah pandai-pandai untuk menghindarinya agar asam lambung tidak meningkat dan mengganggu fungsi organ. Di bawah ini akan diulas cara menghilangkan asam lambung yang meningkat dengan lebih detail.

Cara Menghilangkan Asam Lambung Yang Meningkat

Peningkatan asam lambung yang berlebihan akan sangat mengganggu kenyamanan, timbul rasa nyeri pada lambung hingga ulu hati. Untuk itulah peningkatan asam lambung harus segera diatasi sesuai dengan derajat keprahannya. Cara menghilangkan asam lambung di bawah ini akan membantu penderita untuk mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu:

1. Ubah Pola Makan

Perubahan pola makan harus dilakukan untuk menurunkan asam lambung yang meningkat. Pola makan meliputi jam makan yang teratur, 3x makan utama dan 2x snack diantaranya. dengan waktu makan yang teratur maka pengeluaran asam lambung juga akan terkontrol. Selain waktu makan yang perlu diperhatikan juga adalah porsi dan jenis makanan yang di konsumsi.

Dalam kondisi akut lakukan diet lambung, dengan konsistensi lunak dan menghindari makanan dan minuman yang merangsang asam lambung. Makanan tersebut seperti, kopi, alkohol, tape, ketan, buah asam, susu untuk lebih jelasnya bisa konsultasi dengan ahli gizi.

2. Minum Obat Penetral Asam Lambung

Dalam keadaan akut mungkin akan dibutuhkan obat penetral asam lambung yang dijual bebas di pasaran, untuk mengatasi asam lambung yang melonjak. Jika tidak ada perubahan dan gejala semakin mengganggu, maka bisa melakukan cara menghilangkan asam lambung berikutnya.

3. Pergi Ke Dokter

Selanjutnya adalah penderita bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Dokter akan melihat gejala yang terjadi dan mungkin akan memberikan resep obat-obatan jika diperlukan, disamping advice perubahan pola makan.

4. Hindari Stress

Stress menjadi salah satu penyebab paling sering peningkatan asam lambung, untuk itu harus dihindari. Saat kondisi akut, mungkin sebaiknya mengambil cuti kerja untuk menurunkan stress fisik dan pikiran.

5. Kendalikan Asam Lambung Dengan Ramuan Alami

Untuk terus mengontrol kadar asam lambung dalam keadaan normal, bisa juga menggunakan ramuan alami. Ramuan yang berasal dari bahan alami seperti, jahe, akar manis, teh chamomile bisa dicoba.

Demikianlah cara menghilangkan asam lambung yang meningkat dan mengganggu kesehatan serta kenyamanan tubuh. Semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan erat hubungannya dengan kesalahan pola makan yang dilakukan sebelumnya. Sehingga perubahan pola makan harus dilakukan secara permanen agar peningkatan asam lambung tidak terjadi lagi.


6:51:00 AM