Penting Untuk Pengguna Android, Cara Membuka HP Lupa Pola




Cara Membuka HP Lupa Pola

Cara Membuka HP Lupa Pola - Lupa pada pola kunci yang dipasang di ponsel Android bisa dibilang adalah hal yang lumrah. Terlebih jika pola tersebut baru saja diganti dan yang teringat justru pola lama. Terblokir dari ponsel sendiri memang mengesalkan, namun jangan khawatir karena ada cara membuka HP lupa pola yang mudah dilakukan.

Saat terblokir dan tidak bisa membuka ponsel, tidak perlu langsung buru-buru melakukan factory reset. Apalagi, jika beresiko menghilangkan semua data yang telah tersimpan dan belum sempat melakukan backup data. Untuk itu, perhatikan cara-cara membuka HP lupa pola pada Android berikut ini :

1. Manfaatkan Fitur Forgot Pattern Untuk Membuka Ponsel

Cara membuka HP lupa pola yang termudah dan tercepat adalah dengan memanfaatkan fitur Forgot Pattern. Fitur ini akan muncul jika pengguna ponsel salah memasukkan pola kunci hingga 5 kali. Klik saja link tautan yang tertera dan nanti akan diarahkan pada laman Unlock Account.

Dalam metode ini, harus menggunakan akun Google yang digunakan untuk mengaktifkan perangkat Android. Masuk pada akun tersebut dan gunakan untuk membuka ponsel dan mengganti pola kunci dengan yang baru.

2. Buka Ponsel Terkunci Dengan Android Device Manager/Fine My Device

Apabila cara membuka HP lupa pola yang pertama sebelumnya gagal, bisa mencoba untuk melakukan cara yang ini. Yang dibutuhkan adalah perangkat lain untuk masuk ke akun Google yang digunakan untuk mengaktifkan perangkat yang terkunci. Kemudian, buka website Android Device Manager (http://www.google.com/android/find) atau cukup ketikkan ‘find my device’ pada kotak pencarian Google.

Pilih menu Lock dan ikuti instruksi untuk mengganti pola kunci, lalu masukkan pola kunci yang baru. Jika melakukan Restart, ponsel yang tadinya tidak bisa dibuka sudah akan secara otomatis berganti pola kunci. Tinggal masukkan pola kunci yang baru dan ponsel Android pun akan terbuka.

Pada beberapa perangkat Android, Google akan mengirimkan notifikasi dari fitur Find My Device. Saat mengklik notifikasi tersebut, akan muncul jendela perintah, pilihlah menu Change the screen-unlock password. Ikuti instruksi yang tertera untuk membuka kunci pola.

3. Lewati Lock-Screen pada Android (Khusus Samsung)

Beberapa model perangkat Android Samsung dapat menggunakan cara membuka HP lupa pola dengan iSkySoft Toolbox. Program ini dapat dipasang pada sistem Windows maupun Mac. Caranya yaitu dengan menghubungkan ponsel pada perangkat komputer atau laptop melalui kabel USB. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah detail langkah yang harus dilakukan:
  • Pastikan program USB Debuging aktif.
  • Buka program iSkySoft dan pilih modul Android Lock Screen Removal.
  • Beri persetujuan pada peringatan yang muncul (I agree with the warning and am ready to proceed), kemudian klik
  • Ganti ke mode download pada ponsel Android, matikan perangkat. Selanjutnya tekan secara berurutan tombol Volume Bawah, Home, dan Power; lalu ikuti dengan Volume Up untuk masuk pada Download Mode.
  • Perhatikan kembali jendela iSkySoft, klik Start untuk melanjutkan proses.
  • Program recovery pun akan secara otomatis didownload dan akan menghapus pola kunci yang terpasang.
Untuk mendownload program ini tidak diperlukan biaya, alias gratis. Hanya saja itu merupakan program trial dan diharuskan untuk membeli setiap recovery tools (modules) yang dibutuhkan.

4. Factory Reset

Ini adalah cara membuka HP lupa pola yang menjadi satu-satunya harapan terakhir. Lakuan jika memang semua cara lain tak ada yang berhasil. Factory reset akan otomatis menghapus semua data yang tersimpan di dalam ponsel. Untuk melakukan factory reset, perhatikan langkah-langkah berikut:
  • Pastikan untuk mencabut memori eksternal (micro SD) dari perangkat ponsel Android.
  • Bersiaplah untuk melakukan backup data pada komputer atau laptop melalui sambungan kabel USB.
  • Mulailah factory reset dalam keadaan ponsel mati. Biasanya perintah ini dapat dilakukan dengan menekan secara bersama-sama tombol Power dan Volume Bawah. Waktu tunggu untuk proses ini tergantung pada perangkat masing-masing.
  • Setelah masuk dalam menu factory reset, navigasi dapat dilakukan melalui tombol volume bawah. Sedangkan untuk mengkonfirmasi pilihan dilakukan melalui tombol power.
  • Pilih pilihan Wipe data/factory reset dan tekan Yes saat dimintai konfirmasi. Tunggu sampai proses selesai.
  • Restart perangkat Android dan mulailah mengatur perangkat seperti saat baru pertama kali membeli.
Demikian empat cara membuka HP lupa pola yang dapat dicoba. Tidak perlu membawa ponsel pada tukang servis, karena menu factory reset pun bisa dioperasikan sendiri. Perlu diingatkan, cara-cara yang disampaikan dalam artikel ini bukan bertujuan untuk mengajari tindak kejahatan atau mencuri informasi dari seseorang.


9:18:00 AM