Penyebab dan Cara Menghilangkan Asap Motor Putih




cara menghilangkan asap motor

Cara Menghilangkan Asap Motor Putih - Mempunyai alat transportasi pribadi tentunya tidak semulus yang dibayangkan, pasti ada saja kerusakan yang akan dialami salah satunya adalah asap motor putih yang tentunya sangat mengganggu. Cara menghilangkan asap motor putih pun tentunya berbeda untuk menanganinya dari jenis motor yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu sangat diperlukan pengetahuan mengenai masalah yang satu ini.

Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih

Penyebab dari motor mengeluarkan asap putih tentunya sangat bermacam-macam. Bukan hanya satu penyebab saja yang menyebabkan motor mengalami masalah ini. Adapun penyebab dari motor mengeluarkan asap putih diantaranya sebagai berikut.

Penyebab paling umum terkait motor yang mengeluarkan asap putih karena ring seher atau piston kena dalam kata lain mengalami aus. Ring piston ini terbagi menjadi dua macam yakni ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi sendiri berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder. Hal tersebut agar tekanan kompresi tidak bocor. Sementara ring oli sendiri berfungsi mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.

Bentuk dari ring ini pun tidak bulat sempurna, namun terdapat celah. Celah inilah yang memungkinkan ring masuk ke dalam ruang bakar. Akan tetapi apabila kedua ring mengalami keausan, maka celah yang terdapat di ring pun akan membesar. Akibatnya oli dari bak oli pun dapat masuk dengan mudah kedalam ruang bakar.

Selain itu penyebab dari motor mengeluarkan asap putih antara lain karena faktor yang menyebabkan oli masuk ke ruang bakar yang berasal dari komponen mesin bagian atas. Katup atau valve yang berfungsi sebagai pintu yang bertugas untuk memasukkan udara dalam proses pembakaran mesin serta mengatur pembuangan gas sisa pembakaran mesin mengalami kebocoran.

Setiap katup sendiri mempunyai sebuah seal yang mencegah oli bocor ke dalam manifold. Namun karena pemakaian yang terus menerus, seal tersebut dapat mengalami pengerasan yang membuat daya rapatnya menurun. Hal tersebut mengakibatkan oli bisa masuk dengan mudah ke dalam manifold dan masuk ke mesin sehingga menimbulkan asap putih pada motor.

Cara Menghilangkan Asap Motor

Untuk menghilangkan asap motor, maka ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Adapun cara menghilangkan asap motor yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Membersihkan Knalpot

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan knalpot. Karena bisa saja knalpot yang kotor akan mempengaruhi hasil gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot. Caranya pun sangat gampang yakni cukup menggunakan cairan khusus atau menggunakan oli ke dalam knalpot.

2. Mengecek Ring Piston

Untuk mengatasi masalah ini pun bisa juga dengan mengecek ring piston. Jika memang terjadi masalah dengan ring piston, maka solusinya adalah mengganti satu set ring piston tersebut untuk mengatasi masalah ini. Cara menggantinya pun tidak mudah, karena ring piston sendiri terletak pada jantung mesin. Maka dari itu dalam melakukan penggantiannya harus dilakukan pembongkaran mesin atau overhoule.

3. Mengecek Batang Katup Bengkok Atau Tidak

Mengecek batang katup bengkok atau tidak juga mesti harus diperhatikan. Karena asap putih yang keluar dari motor bisa saja karena batang katup yang bermasalah. Jika iya, maka solusinya adalah dengan cara mengganti seal katup dan katupnya itu sendiri.

4. Mengecek Klep Terganjal Atau Tidak

Asap putih yang keluar dari motor pun bisa saja karena klep yang terganjal. Maka dari itu jika asap putih keluar dari motor, tidak ada salahnya mengecek klep apakah klep terganjal atau tidak. Jika klepnya terganjal, maka hal yang harus dilakukan adalah hanya perlu menyekir katup tersebut agar dudukannya bisa sesuai.

5. Mengganti Oli

Dan cara menghilangkan asap motor putih yang terakhir adalah dengan mengganti oli. Penggantian oli sebaiknya dilakukan dengan rutin. Karena jika oli tidak diganti-ganti selain akan menimbulkan asap motor yang putih juga dapat merusak bagian motor yang lainnya.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan asap motor putih yang bisa dilakukan. Dengan mengetahui penyebab dan cara menghilangkannya maka motor pun akan kembali seperti semula tanpa masalah apapun. Jika sudah mengetahui penyebab dan masalah tersebut sudah selesai, maka hal yang selanjutnya adalah merawat motor agar tidak mengalami masalah yang sama dan tidak mengalami masalah yang lain.


6:17:00 AM