Penyebab dan Cara Menghilangkan Cegukan Yang Paling Ampuh




cara menghilangkan cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan Yang Paling Ampuh - Cegukan adalah peristiwa yang melibatkan sistem saraf dan pernapasan. Keadaan ini sering juga disebut singultus yang berasal dari bahasa latin yaitu kata singult yang artinya menarik napas saat sedang terisak-isak. Cegukan yang tak kunjung hilang, membuat seseorang merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara menghilangkan cegukan yang paling ampuh? Dan apa penyebabnya? Nah, untuk mengetahuinya simak ulasannya berikut ini.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Cegukan

Cegukan terjadi ketika ada kejang pada diafragma atau otot-otot di antara tulang rusuk–yang menyebabkan gerakan menarik napas. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang terletak di bawah paru-paru. Saat menarik napas, diafragma akan turun untuk membuat udara masuk ke dalam paru-paru, kemudian diafragma akan naik saat menghembuskan udara.

Terjadinya cegukan adalah pada saat diafragma yang berkontrakasi secara tidak sengaja, sehingga paru-paru menyedot udara dengan cepat. Hal ini membuat struktur saluran pernapasan akan secara refleks menutup, sehingga seseorang mengeluarkan suara seperti “hik!” saat cegukan.

Berdasarkan durasinya, cegukan dapat terdiri dari cegukan sementara yang berlangsung beberapa detik atau menit dan cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 48 jam. Beberapa penyebab cegukan antara lain terlalu banyak Makan sehingga perut terasa penuh dan makan yang terlalu cepat, terlalu banyak minum minuman beralkohol dan berkarbonasi, terlalu banyak udara masuk lewat mulut misalnya kebiasaan merokok yang membuat udara ikut tertelan ke dalam lambung.

Perubahan suhu perut secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan cegukan, misalnya saat minum air panas dan kemudian minum air dingin. Selain itu stres emosional atau terlalu senang juga dapat menyebabkan terjadinya cegukan.

Cara Menghilangkan Cegukan Yang Ampuh

Jika cegukan bersifat sementara, jangan khawatir karena akan hilang dengan sendirinya. Namun jika cegukan berlangsung atau berkepanjangan dapat dilakukan dokter melalui pemberian obat untuk merelaksasi diafragma. Nah, berikut di bawah ini cara menghilangkan cegukan sementara yang ampuh.

1. Mengatur Pernapasan

Dengan mengatur penapasan, oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam tahan sekuat mungkin lalu hembuskan. Untuk hasil yang maksimal, coba tahan napas dengan menekuk kedua lutut. Dengan demikian, hal ini dapat menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah.

2. Minum Air hangat

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Untuk menghilangkan cegukan, masukkan air hangat ke mulut lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk. Lalu, kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas. Kemudian minum air tersebut  dan bernapaslah  seperti biasa.

3. Headstand

Headstand merupakan pose dalam posisi terbalik, berdiri dengan ubun-ubun kepala dan kaki lurus ke atas. Melakukan pose ini memang tidak mudah. Namun, dengan membalikkan tubuh maka peredaran darah dan oksigen akan ikut terbalik.

4. Menjulurkan Lidah

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya yaitu dengan menjulurkan lidah. Hal ini dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini akan mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma

5. Mengulum Gula

Mengulum atau mengemut sesendok gula pasir atau gula batu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan, karena gula dapat merangsang otot diafragma. Caranya, kulum gula selama 5 menit lalu telan atau dikeluarkan.

6. Mengusapkan Es Batu Pada Tengorokan

Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan juga dapat menghilangkan cegukan. Pasalnya dengan melakukan ini secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang.

7. Minum Air Perasan Jeruk nipis

Selain kandungannya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata jeruk nipis juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan cegukan. Caranya yaitu dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan cegukan untuk jenis cegukan sementara atau cegukan yang hanya terjadi dalam beberapa detik atau menit. Cegukan yang berlangsung berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan, kurang tidur, dan berat badan berkurang. Untuk itu, jika jenis cegukan tak kunjung berhenti kunjungi dokter agar dapat membantu sekaligus mengecek apakah cegukan ini merupakan tanda dari kondisi medis lain.


5:08:00 AM