Penyebab dan Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan




cara menghilangkan dahak

Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan - Tenggorokan berdahak merupakan kondisi yang sangat mengganggu karena membuat tenggorokan seseorang terasa seperti ada yang mengganjal. Lantas, apa yang menyebabkan adanya dahak? Dan bagaimana cara menghilangkan dahak? Timbulnya dahak merupakan respon alami tubuh untuk menghilangkan partikel asing yang mungkin menyebabkan infeksi.

Dengan kata lain, tubuh cenderung merangsang produksi lendir guna meningkatkan pertahanannya untuk melawan serangan asing yang menular. Nah, agar lebih memahami apa sebenarnya penyebab adanya dahak dan cara menghilangkan dahak di tenggorokan, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Tenggorokan Berdahak

Dahak adalah zat licin yang berfungsi sebagai pelumas sinus dan tenggorokan yang diproduksi oleh sel mukus di kelenjar lendir. Dimana zat ini mengandung air, mucin, garam, elektrolit, dan berbagai jenis sel, seperti sel epitel. Untuk menghindari munculnya dahak yang dapat mengganggu aktivitas seharian, ketahuilah ada beberapa faktor penyebab timbulnya dahak berikut ini :
  • Iritasi. Iritasi terhadap debu dan paparan asap rokok yang berkepanjangan. Hal ini dapat memicu produksi lendir oleh mukosa sehingga teerbentuk dahak.
  • Cuaca dingin. Penyebab sederhana salah satunya adalah cuaca dingin di pagi hari juga akan menjadi penyebab batuk berdahak di tenggorokan
  • Alergi. Alergi terhadap bulu- bulu halus juga dapat memicu produksi lendir meningkat.
  • Konsumsi obat flu dan obat batuk berlebihan. Penggunaan obat flu dan obat batuk yang dikonsumsi secara berlebihan selama sakit juga dapat menimbulkan dahak. Hal ini karena kandungan dalam beberapa obat juga dapat minimbulkan produksi lendir meningkat.
  • Virus flu. Virus flu yang diabaikan terus-menerus juga menjadi penyebab terjadinya peningkatan lendir dalam paru-paru.
  • Penyakit organ pernapasan. Ketika mengalami Asma, Gagal jantung, pembekuan pembuluh pada paru-paru, Pneumonia, dan Tuberkolosis juga dapat menyebabkan batuk berdahak berkepanjangan yang dapat diderita hingga berminggu-minngu.

Cara Menghilangkan Dahak Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Jika dahak sudah terasa sangat mengganggu pasti seseorang langsung mencari obat-obatan untuk meredakan dahak yang menumpuk di tenggorokan. Namun, jika tidak sempat mencari obat ke Apotik atau Toko obat bahan-bahan berikut ini dapat menjadi alternatif sebagai cara menghilangkan dahak. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Konsumsi Bawang

Bawang merupakan pengencer dahak alami karena dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. Bumbu masakan yang satu  ini mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang seseorang untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

2. Minum Teh Lemon Dan Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu dapat diandalkan untuk mengatasi dahak yang berlebihan di dalam tenggorokan. Cara mengatasi dahak menggunakan madu, teh dan lemon cukup mudah, yaitu dapat dilakukan dengan membeli teh lemon.

Atau dapat juga dengan membuat sendiri air lemon hangat dengan mencampurkan 2 sendok teh pada air perasan lemon dengan secangkir air hangat. Keasaman air perasan lemon akan memecah lendir. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran tersebut untuk menyejukkan tenggorokan.

3. Minum Minuman Hangat Dan Makan Makanan Pedas

Bisa berupa makanan berkuah atau minuman, hal ini dikarenakan cairan hangat akan membantu menutrisi tubuh ketika sedang menghancurkan lendir di tenggorokan. Pengencer dahak alami seperti jahe sangat untuk didapatkan.Selain menjadi bahan dasar masakan, jahe memang diandalkan sebagai obat alternatif untuk  mengatasi masalah perut kembung dan mual. Jika ingin menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe, maka tambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat.

Pernahkah mencoba makanan pedas sehingga mengeluarkan ingus secara tak terkendali? Makanan pedas akan bertindak sebagai dekongestan dan akan membantu melonggarkan sebagian dari dahak yang berbahaya. Oleh sebab itulah makanan pedas dapat membantu menghilangkan dahak.

4. Minum Teh Hangat Yang Dicampur Daun Mint

Rasa daun mint yang kuat dapat melegakan tenggorokan, sebab daun ini mengandung mentol. Mentol dapat berfungsi untuk mengurangi produksi dahak serta meluruhkan tumpukan dahak yang menebal. Nah, untuk menghilangkan dahak, bisa dilakukan dengan memasukkan daun mint ke dalam teh hangat.

5. Minum Air Putih Yang Banyak

Jika tubuh memproduksi banyak dahak, berarti tubuh sedang berusaha untuk menangkal penyakit. Hal ini berarti sistem kekebalan tubuh sedang bekerja sangat keras, maka minumlah air dalam jumlah banyak. Penanganan yang tepat pada saat tenggorokan berdahak dengan mengonsumsi air putih  dapat mengurangi kondisi yang lebih buruk dari sebelumnya.

Itulah sekilas uraian mengenai penyebab dan cara menghilangkan dahak pada tenggorokan. Untuk menghindari timbulnya dahak, kurangi konsumsi berbagai minuman yang mengandung alkohol serta hindari mengonsumsi obat-obatan secara berlebih.


6:28:00 AM