Penyebab dan Cara Menghilangkan Diare Dengan Tepat




cara menghilangkan diare

Cara Menghilangkan Diare Dengan Tepat - Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini harus segera diatasi untuk dapat menghindari dehidrasi yang dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Berikut ini penyebab dan cara menghilangkan diare yang tepat.

Penyebab Diare

Diarea dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari kondisi yang bersifat sementara hingga menjadi tanda kesehatan kronis. Berikut ini beberapa penyebab diare yang biasa terjadi pada sebagian orang.
  • Infeksi bakteri. Terdapat beberapa bakteri yang dapat tersebar melalui makanan dan minuman, antara lain yaitu shigella, escherichia coli dan salmonella. Infeksi bakteri ini terjadi ketika kita mengkonsumsi makanan yang diolah tidak higienis.
  • Infeksi virus. Beberapa infeksi virus penyebab diare adalah rotavirus dan norovirus. Virus tersebut menular dari satu orang ke orang lain. Pada umumnya virus tersebut akan menyebar melalui peralatan makan  atau minum.
  • Obat-obatan tertentu. Penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan diare. Salah satu jenis obat yang dapat menyebabkan diare adalah antiotik. Karena antibiotik tidak hanya dapat membunuh bakteri jahat saja melainkan juga bakteri baik yang melindungi usus. Selain itu obat tekanan darah, obat antasida dan obat kanker juga dapat menyebabkan diare.
  • Keracunan makanan. Diare juga disebabkan karena tubuh mengalami keracunan makanan yang kadaluwarsa dan terkontaminasi bakteri. Umumya adalah bakteri salmonella yang sangat mudah berkembang apda makanan dan air yang sudah terkontaminasi.
  • Intoleran pada makanan tertentu. Penyebab diare berikutnya adalah karena tubuh mengalami intoleran pada makanan tertentu. Seperti tubuh yang tidak dapat makan kacang, cabai dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Diare

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya diare pada tubuh, simak beberapa cara menghilangkan diare berikut ini.

1. Minum Oralit

Cara menghilangkan diare yang pertama yaitu dengan cairan oralit. Obat tradisional ini tidak dapat diragukan lagi. Karena oralit dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan melarutkan setengah sendok teh garam halus, dua sendok teh gula dan satu gelas air putih hangat. Cara meminumnya yaitu dengan 2 sampai 3 tegukan, kemudian berhenti 3 menit dan minum kembali dengan cara yang sama hingga larutan habis.

2. Makan Bubur Wortel

Cara menghilangkan diare selanjutnya yaitu dengan makan bubur wortel. Di dalam wortel mengandung pektin yang sangat bermanfaat dalam mengatasi diare.

Cara membuat bubur wortel cukup mudah. Yaitu dengan memasak wortel dan menghaluskannya menggunakan blender. Tambahkan sedikit air kemudian tuang ke dalam mangkuk. Pastikan untuk mengkonsumsi ¼ - ½ mangkuk setiap jamnya.

3. Dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji merupakan cara menghilangkan diare secara tradisional dan sudah terbukti ampuh. Tidak hanya diare saja, daun jambu biji juga dapat menghilangkan rasa sakit pada perut. Beberapa orang memberikan satu sendok makan perasan daun jambu biji kepada penderita diare.

Caranya itu dengan mengkonsumsi daun jambu biji secara langsung atau dengan membuatnya menjadi ramuan terlebih dahulu. Cuci bersih 7-10 lembar daun jambu biji, kemudian rebus menggunakan 2-3 gelas air minum hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Setelah dingin ramuan dapat diminum.

4. Minum Air Kelapa

Air kelapa dapat dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi diare. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung zat elektrolit yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh serta mampu membunuh bakteri yang menyebabkan diare. Obat tradisional ini dapat dikonsumsi secara langsung tanpa ada tambahan bahan apapun.

5. Minum Teh Hitam Manis

Dengan mengkonsumsi teh hitam manis dan gula bisa menghilangkan diare. Air panas dapat membantu dalam menghidrasi tubuh sedangkan pada teh hitam mengandung astringen tanin yang dapat mengurangi peradangan usus.

6. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit dapat dijadikan sebagai tanaman rempah untuk menghilangkan diare. Cara menghilangkan diare menggunakan kunyit yaitu dengan merebus kunyit yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Rebus menggunakan satu gelas air hingga tersisa 1/3 air saja. Kemudian tambahkan kapur sirih dan aduk rata. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari hingga diare hilang.

7. Minum Perasan Buah Sirsak

Buah sirsak sangat membantu dalam menghilangkan diare. Cara menghilangkan diare menggunakan buah sirsak yaitu dengan menyiapkan buah yang sudah matang terlebih dahulu. kemudian peras airnya. Minum perasan buah sirsak ini ketika diare.

Itulah beberapa cara menghilangkan diare beserta penyebabnya. Pastikan untuk banyak mengkonsumsi air putih ketika diare, karena saat diare berlangsung cairan tubuh akan banyak yang hilang. Untuk menghindari terjadinya diare, tetaplah menjaga kebersihan dan cuci tangan secara teratur.


5:02:00 AM