Penyebab dan Cara Menghilangkan Panas Dalam Yang Efektif




cara menghilangkan panas dalam

Penyebab dan Cara Menghilangkan Panas Dalam Yang Efektif - Panas dalam merupakan suatu keadaan dimana tubuh mengalami panas yang terbilang berlebihan di dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa dikarenakan oleh ketidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan juga dingin. Ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan alasan mengapa seseorang bisa terkena panas dalam tersebut. Dengan mengetahui penyebab serta melakukan beberapa cara menghilangkan panas dalam, tentunya seseorang bisa terhindar dari hal tersebut.

Penyebab Panas Dalam

Ketika muncul beberapa gejala seperti halnya tenggorokan sakit, bibir kering, sering lemas, sariawan, maupun sembelit. Hal tersebut menjadikan gejala awal terkena panas dalam. Pada seseorang, gejala dari panas dalam juga bisa merupakan hal lain. bibir yang kering dan lemas bisa dikarenakan dehidrasi.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan seseorang terkena panas dalam. Adanya kekurangan vitamin C, serat dan juga cairan dalam tubuh bisa menjadikan seseorang terkena panas dalam tersebut. Seseorang yang sering memakan gorengan ketika cuaca panas juga bisa menjadi pemicu terjadinya hal tersebut. Ketika seseorang stres juga bisa menjadikan hormon tubuh tidak seimbang dan menurunkan daya tahan tubuh yang menjadikan penyebab panas dalam.

Cara Menghilangkan Panas Dalam Yang Efektif

Ketika muncul beberapa gejala panas dalam, tentunya harus segera diantisipasi. Panas dalam sendiri akan menjadikan seseorang tidak merasakan nyaman ketika melakukan beberapa aktivitas dalam kesehariannya. Berikut beberapa cara menghilangkan panas dalam yang terbilang efektif, antara lain:

1. Kumur Menggunakan Air Garam

Kandungan yodium yang ada pada garam mampu untuk menghilangkan sakit tenggorok yang menjadi penyebab panas dalam. Dengan menyiapkan segelas air putih hangat yang dicampur dengan sesendok garam akan mampu mengusir panas dalam. Anda bisa berkumur menggunakan air garam ini selama 20 hingga 30 detik dan mengulanginya beberapa kali hingga dirasa efektif.

2. Lebih Banyak Mengonsumsi Air

Gejala panas dalam bisa dikarenakan tubuh dehidrasi. Dengan mengonsumsi air secara lebih, tentunya tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah akan bisa hilang. Pastikan untuk selalu cukup dalam mengonsumsi air.

3. Mengompres Menggunakan Air Dingin

Sariawan yang muncul dalam bibir maupun gusi tentu akan menyebabkan rasa nyeri. Dengan mengompres pada bagian yang terkena sariawan dengan air es yang dibungkus kain lembut bisa menjadi cara menghilangkan panas dalam seperti sariawan yang efektif.

4. Mengoleskan Madu Atau Mengonsumsi Madu

Madu bisa digunakan sebagai sarana penunjang daya tahan tubuh yang terbilang bagus. Mengonsumsi madu ditambah dengan campuran lemon akan mampu menjadikan daya tahan tubuh optimal kembali.

5. Menambahkan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi pereda ketika terkena panas dalam. Adanya zat anti peradangan akan mampu membantu menyembuhkan panas dalam secara efektif. Zat tersebut bisa menjadi sarana meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menjadi pelawan bakteri dan juga zat asing dari luar tubuh. Hanya dengan menambahkan minyak kelapa pada minuman atau makanan, hal tersebut bisa menjadi cara yang efektif. Pastikan hanya menambahkan minyak kelapa maksimal 2 sendok dalam seharinya. Hal ini karena minyak kelapa memiliki efek sebagai obat laksatif.

6. Mengonsumsi Cincau Muda

Minuman cincau bisa menjadi sarana pelepas dahaga ketika di tengah musim panas. Namun, tidak hanya itu, dengan mengonsumsi cincau bisa menjadi cara untuk menghilangkan panas dalam. Gunakanlah daun cincau hingga 50 lembar dan diremas-remas kemudian rebus dalam air hingga matang. Tunggu hingga air berubah menjadi hijau dan jadikan seperti agar-agar. Pastikan tidak menambah sirup maupun es karena bisa memperparah terjadinya panas dalam.

7. Memanfaatkan Kencur

Rempah alami yang satu ini terbilang baik untuk dikonsumsi dan menghilangkan panas dalam. Sajikan 2 buah kencur dan parutlah yang kemudian ditaruh dalam segelas air. Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu agar bersih. Tambahkan sedikit madu agar rasa yang didapatkan bisa lebih enak.

8. Mengonsumsi Kacang Hijau

Kacang hijau mampu menjadikan perut serta tenggorokan menjadi lebih nyaman. Bahan alami ini dipercaya mampu untuk menyembuhkan panas dalam secara efektif. Hanya dengan memasak kacang hijau seperti biasa dengan sedikit tambahan gula serta jahe secukupnya.

Dengan mengetahui berbagai cara menghilangkan panas dalam tersebut, tentu panas dalam yang diderita akan lebih mudah hilang. Dengan cara yang alami, tentunya akan terhindar dari kemungkinan negatif yang muncul seperti halnya ketika menggunakan obat kimia.


5:50:00 AM