Penyebab dan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Efektif




cara menghilangkan sakit gigi

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Efektif - Sakit gigi sering kali mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, karena meskipun ukuran gigi sangat kecil jika sakit nyerinya bisa menjalar kemana-mana. Sakit gigi seringkali terasa nyeri tidak hanya pada gigi tetapi bisa menjalar ke gusi bahkan ke bagian kepala hingga terasa pusing. Untuk itulah sangat perlu segera mengatasinya sesuai cara menghilangkan sakit gigi yang efektif, namun ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum mengatasi sakit gigi, seharusnya mengetahui terlebih dahulu apa penyebab rasa sakit pada gigi. Hal itu karena sakit gigi harus diatasi sesuai dengan penyebabnya, jika penyebab sakit gigi tidak diatasi terlebih dahulu maka sakit gigi akan terus berulang. Adapun penyebab sakit gigi yang paling sering dialami penderita sakit gigi adalah seperti:
  • Gigi berlubang. Lubang yang masih kecil pada gigi tidak akan menimbulkan rasa sakit, nyeri akan datang ketika lubang semakin membesar. Lubang yang semakin besar akan mempengaruhi saraf dan menyebabkan gigi patah, nah saat ini lah nyeri mulai terasa.
  • Tambalan gigi yang lepas. Tambalan yang lepas memberikan efek seperti gigi berlubang, karena artinya kotoran-kotoran sisa makanan bisa masuk ke dalam lubang gigi. Jika terjadi terus menerus maka akan terjadi pertumbuhan kuman dan menyebabkan lubang semakin besar yang berefek pada saraf dan menimbulkan nyeri.
  • Abses dental. Merupakan masalah gigi yang berupa terbentuknya kantung atau benjolan yang berisi nanah pada gigi karena infeksi bakteri.
  • Infeksi pada akar gigi. Infeksi pada akar gigi bisa menyebabkan rasa nyeri yang sangat hebat bahkan pendarahan pada gusi. Hal ini biasanya terjadi apabila lubang gigi terlalu dalam hingga ke saluran akar gigi, kemudian sisa makanan masuk beserta kuman dan timbul infeksi.
Itulah beberapa penyebab dari gigi berlubang yang sering terjadi dan mengganggu kenyamanan hidup seseorang. Untuk itu harus segera diatasi masalah pada gigi dengan menggunakan cara menghilang sakit gigi yang efektif. Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diulas tentang bagaimana langkah mengatasi sakit gigi yang efektif agar sakitnya tidak berulang.

Cara Menghilangkan Sakit gigi Yang Efektif

Untuk mengatasi sakit pada gigi yang benar adalah dengan mengetahui apa penyebab utama munculnya sakit gigi. Hal itu karena mengatasi sakit gigi harus dimulai dengan mengatasi penyebab utamanya, agar tidak berulang. Berikut ini adalah cara menghilangkan sakit gigi yang perlu dilakukan saat mengalaminya:

1. Hilangkan Dulu Penyebab Utamanya

Untuk mengatasi sakit gigi yang paling efektif adalah menghilangkan penyebab utamanya, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Empat penyebab utama sakit gigi di atas harus diatasi terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa nyeri yang timbul. Jika berlubang, tambal lah dahulu dengan pergi ke dokter gigi, jika ada abses atau infeksi pada akar maka lakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.

2. Jaga Kebersihan Gigi Agar Tidak Bertambah Nyeri

Setelah mengatasi penyebab utama, maka harus tetap menjaga kebersihan gigi agar masalah utama gigi berlubang, abses, infeksi saluran akar tidak terjadi lagi. Cara menghilangkan sakit gigi dengan menggosok gigi secara teratur dan gunakan dental fross untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

3. Redakan Rasa Nyeri Gigi Secara Alami

Jika masih terjadi nyeri lakukan cara menghilangkan sakit gigi dengan menggunakan bahan alami, seperti berkumur air garam untuk menghilangkan kuman. Bisa juga menempelkan kapas yang telah diberi minyak cengkeh ke gigi yang sakit. Mengompres dengan es juga mampu meredakan rasa nyeri pada gigi dan juga mengunyah bawang putih yang bersifat anti bakteri bisa jadi cara yang efektif.

4. Konsultasikan Dengan Dokter Gigi

Jika keluhan nyeri masih berlanjut, bisa menghubungi dokter gigi keluarga untuk melakukan pemeriksaan. Dokter gigi akan segera menemukan penyebab terjadinya nyeri yang tidak kunjung reda, dan melakukan perawatan.

5. Konsumsi Obat Nyeri Sesuai Anjuran Dokter Gigi

Setelah mengunjungi dokter biasanya dokter akan memberikan resep obat anti nyeri, untuk mengatasi nyeri yang berkepanjangan. Anda bisa mengkonsumsi obat tersebut sesuai anjuran dokter sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang terakhir.

Demikian adalah tahapan cara menghilangkan sakit gigi yang efektif saat mengalami nyeri pada gigi. Jika melakukan tahapan-tahapan tersebut dengan benar dan urut, maka dijamin nyeri pada gigi dan gusi tidak akan terulang lagi. Gigi akan bersih dan sehat  selalu tanpa sakit yang mengganggu.


7:27:00 AM