Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkan Asma Yang Sangat Efektif




cara menghilangkan asma

Cara Menghilangkan Asma Yang Sangat Efektif - Asma merupakan salah satu jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada bagian saluran pernafasan yang ditandai dengan peradangan serta penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak serta sulit untuk bernapas. Orang yang menderita asma sendiri bisa merasakan bahwa kualitas hidupnya akan terpengaruh bahkan sampai mengancam jiwa. Maka berikut ini adalah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala, serta cara menghilangkan asma itu sendiri.

Penyebab Asma

penyakit asma sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut biasanya jarang diketahui oleh kebanyakan orang, sehingga lama kelamaan faktor tersebut menimbulkan penyakit asma. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan asma antara lain.
  • Alergi. Alergi dan asma saling berkaitan antara satu sama lain. itu sebabnya, alergi menjadi salah satu penyebab umum dari penyakit ini. Jenis alergi pada asma sendiri dibagi menjadi dua bagian yakni alergi yang terhirup yang berasal dari debu, bulu hewan, kecoa, jamur, dll, serta alergi terhadap makanan seperti es, pedas, mie instan, dll.
  • Penyakit pernapasan. Beberapa penyakit atau infeksi yang menyerang pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, merupakan salah satu pemicu asma yang paling umum pada anak-anak. Jika anak-anak mengalami penyakit tersebut, maka cepat-cepat berikan obat agar tidak merambat pada penyakit asma itu sendiri.
  • Cuaca. Udara dingin, perubahan suhu, serta kelembaban merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan asma. Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan serangan asma secara tiba-tiba pula.
  • Emosi yang berlebihan. Rasa cemas, menangis, stres, bahkan tertawa terlalu keras dapat memicu serangan asma yang sangat cepat. Karena ketika merasakan emosi yang sangat kuat, tanpa disadari hal tersebut dapat membuat napas menjadi naik dan turun secara cepat. Bahkan hal tersebut bisa terjadi pada orang yang tidak mempunyai riwayat asma sekalipun.

 Gejala Asma

Gejala asma sendiri tentunya sangat berbeda setiap orangnya, termasuk tingkat keparahannya pun dapat mempengaruhi gejala tersebut. Namun secara umum, gejala dari penyakit ini yang pertama kali muncul adalah sulit bernapas. Hal tersebut disebabkan karena adanya peradangan di saluran udara (bronkus) yang menyebabkan otot-otot di sekitarnya menyempit. Selain itu bengkak dan mengeluarkan banyak lendir. Maka akibatnya saluran udara pun terhambat dan menjadi susah untuk bernapas.

Selain itu gejala umum yang lainnya pada penderita asma akan terdengar suara bengik saat menghembuskan napas. Mengik merupakan salah satu bunyi yang lirih seperti siulan kecil karena udara dari dalam paru-paru dipaksakan keluar lewat saluran pernapasan yang sempit serta tersumbat. Gejala umum yang terakhir dari penyakit ini adalah kesusahan menarik atau menghela napas panjang

Cara Menghilangkan Asma Saat Kambuh

Penyakit asma sendiri telah diketahui tidak bisa disembuhkan secara permanen. Namun jangan khawatir, untuk menghilangkan penyakit ini saat kambuh ada caranya tersendiri. Adapun cara menghilangkan asma saat kambuh yang sangat efektif antara lain :

1. Tenang

Tenang merupakan salah satu mengatasi asma yang paling pertama yang harus dilakukan. Jadi saat serangan asma muncul, maka usahakanlah untuk tetap tenang dan jangan panik. Karena kepanikan justru akan membuat semakin stres dan akan membuat semakin sulit bernapas. Jika sedang berada di tempat yang ramai, maka segeralah menepi ke tempat yang agak sepi dan cobalah untuk menenangkan diri.

2. Duduk

Jika sudah tenang, maka cara yang selanjutnya adalah untuk duduk di tempat yang datar. Longgarkan ikat pinggang atau lepaskan beberapa kancing kemeja, bagi perempuan bisa membuka tali bra. Setelah itu bernapaslah lebih bebas. Istirahat sambil duduk dapat membantu merilekskan tubuh serta melegakan pernapasan.

3. Atur Pernapasan Lewat Mulut

Mencoba mengatur pernapasan lewat mulut menjadi salah satu cara menghilangkan asma saat kambuh yang sangat efektif. Karena hal tersebut dapat memperlambat laju pernapasan yang membuat setiap hembusan napas lebih dalam dan efektif.

4. Hindari Pemicu Yang Menyebabkan Asma Kambuh

Menghindari pemicu yang menyebabkan asma pun merupakan salah satu cara menghilangkan asma yang sangat efektif. Hal tersebut agar penyakit ini bisa dicegah agar tidak kambuh lagi.

5. Gunakan Alat Bantu Pernapasan

Cara yang terakhir adalah menggunakan alat bantu pernapasan. Menghilangkan asma saat kambuh bisa juga dengan alat bantu pernapasan. Dengan menggunakan alat bantu ini, asma pun bisa hilang seketika. Salah satu alat tersebut adalah inhaler.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit asma. Dengan mengetahui penyebab, gejala, serta cara menghilangkan asma saat kambuh maka tidak usah khawatir lagi jika penyakit tersebut menyerang di kemudian hari.


5:27:00 AM