Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Alergi Dingin




cara menghilangkan alergi dingin

Cara Menghilangkan Alergi Dingin dengan cepat - Alergi dingin atau sering disebut juga urtikaria dingin merupakan reaksi kulit terhadap dingin yang menyebabkan munculnya bilur yang terasa gatal serta kulit menjadi berwarna kemerahan. Tingkat keparahan gejala alergi dingin ini muncul pada masing-masing orang yang berbeda-beda. Sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, mengalami tekanan darah yang sangat rendah, bahkan yang lebih parahnya bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah beberapa informasi perihal penyebab, gejala, serta cara menghilangkan alergi dingin yang bisa dilakukan.

Penyebab Alergi Dingin

Penyebab dari alergi dingin ini sendiri tentunya banyak sekali. Pada anak-anak dan remaja sendiri, dalam banyak kasus mereka lebih berisiko tinggi terkena alergi ini. Hal tersebut karena daya tahan tubuhnya belum kuat terhadap cuaca. Namun kondisi tersebut biasanya akan membaik dalam beberapa tahun.

Mempunyai kondisi medis tertentu pun dapat menjadi penyebab dari alergi dingin. Orang-orang yang mempunyai kesehatan mendasar seperti hepatitis atau kanker sangat rentan mengalami alergi dingin. Dan yang terakhir yang bisa menyebabkan seseorang terkena alergi dingin adalah faktor keturunan. Jika orangtua, saudara kandung, kakek, atau nenek mempunyai riwayat alergi dingin, maka akan berisiko lebih tinggi untuk memilikinya. Namun alergi dingin sendiri sangat jarang untuk diwariskan.

Gejala Alergi Dingin

Bagi beberapa orang banyak sekali yang tidak mengetahui gejala dari alergi dingin. Padahal hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui agar bisa mencegahnya sedini mungkin. Adapun gejala dari alergi dingin sendiri antara lain.
  • Gatal-gatal dan muncul ruam kemerahan. Gatal-gatal dan muncul ruam kemerahan merupakan salah satu gejala dari alergi dingin yang mudah dikenali. Gejala ini cenderung akan sulit hilang meski penderitanya berpindah dari lingkungan yang berbeda yakni ke tempat yang lebih hangat. Bahkan dalam beberapa kasus, gejala alergi dingin ini dapat memburuk serta bertahan hingga 24 jam bahkan lebih.
  • Tangan bengkak. Jika sudah melakukan kontak dengan beda yang mempunyai suhu tinggi, maka tangan pun akan membengkak. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi karena memegang minuman dingin, mandi di pagi hari, serta terkena paparan suhu dingin. Selain ditangan, pembengkakan akibat alergi ini pun bisa terjadi dibagian tubuh yang lainnya.
  • Muncul bentol-bentol merah. Timbulnya bentol-bentol kemerahan atau yang sering disebut dengan biduran ini sama halnya dengan gejala alergi yang lainnya. Paparan alergi dingin bisa membuat sel darah putih melepaskan histamin ke aliran darah. Maka akibatnya tubuh memberikan respon peradangan dengan memunculkann bentol merah yang umum terjadi sebagai reaksi dari alergi.

Cara Menghilangkan Alergi Dingin

Untuk menghilangkan alergi dingin sendiri, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Adapun cara menghilangkan alergi dingin tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Membuat Tubuh Agar Tetap Hangat

Hal yang paling utama untuk dilakukan dalam menghilangkan alergi dingin adalah memastikan bahwa tubuh agar tetap hangat. Membuat tubuh agar tetap hangat bisa dilakukan dengan cara senantiasa menggunakan jaket dan memakai kaus kaki sebelum keluar rumah. Setelah kembali ke rumah maka segeralah pakai selimut agar tubuh tetap hangat.

2. Menghindari Pemicu Yang Menyebabkan Alergi Dingin

Cuaca dingin merupakan menjadi salah satu penyebab paling umum. Namun terkadang berada di ruangan ber AC, berenang, bahkan mandi menggunakan air dingin pun dapat memicu gejala dari alergi dingin. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah pemicu yang akan menyebabkan alergi dingin kambuh.

3. Menggunakan Antihistamin

Sebenarnya, tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin ini. Namun terdapat beberapa obat alergi dingin yang umum untuk mengurangi gejala tersebut. salah satunya adalah obat anthihistamin. Antihistamin ini berguna untuk meredakan biduran saat alergi dingin kambuh.

4. Menyuntikkan Epinephrine (Epipen)

Jika alergi dingin cedrung parah, mudah kambuh, serta berisiko fatal, maka sebaiknya senantiasa menyediakan Epinephrine (Epipen). Menyuntikkan Epinephrine (Epipen) merupakan senjata yang sangat ampuh untuk menangkal reaksi dari alergi dingin yang berlebihan. Namun meskipun demikian, mengantongi izin dari dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya harus diutamakan. Karena untuk mengurangi efek samping yang mungkin akan ditimbulkan dari penggunaannya.

5. Memperhatikan Asupan Makanan

Cara menghilangkan alergi dingin yang terakhir adalah dengan cara memperhatikan asupan makanan. Sering mengonsumsi makanan atau minuman dingin akan sangat cepat menimbulkan penyakit ini kambuh. Maka dari itu untuk mencegahnya perhatikanlah asupan makanan agar alergi dingin tidak semakin parah.

Itulah beberapa informasi mengenai alergi dingin. Dengan mengetahui penyebab, gejala, dan cara menghilangkan alergi dingin itu sendiri, maka akan memudahkan penderita untuk mencegah alergi tersebut agar tidak kambuh kembali.


5:10:00 AM