Peralatan dan Bahan Serta Cara Menanam Terong Hijau Juga Perawatannya




cara menanam terong hijau

Cara Menanam Terong Hijau - Siapa yang tidak mengenal terong? Terong adalah jenis sayuran yang banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia karena caranya sangat mudah. Salah satu jenis terong yang paling popular dan banyak di cari adalah terong hijau, cara menanam terong hijau sangatlah mudah sehingga banyak yang membudidayakan terong jenis ini. Bagi yang ingin menanam terong hijau sendiri, berikut ini bahan dan cara menanam beserta perawatannya.

Alat & Bahan Menanam Terong Hijau

Sebelum menanam terong hijau, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Alat dan bahan itu antara lain:
  • Bibit terong hijau. Bibit terong hijau adalah hal yang penting jika ingin menanam terong, inilah yang akan menjadi cikal bakal terong. Untuk bisa mendapatkan bibit terong bisa dari terong langsung atau membeli di tempat jual bibit. Pilihlah bibit terong hijau yang berkualitas agar nantinya terong yang ditanam menghasilkan buah yang berkualitas pula.
  • Tanah. Tanah yang akan digunakan adalah tanah yang mengandung humus. Hal ini berguna agar pertumbuhan terong bisa semakin baik. Cara untuk memilih tanah yang subur dan tidak adalah dengan melihat warna dari tanah tersebut. tanah yang baik memiliki warna cenderung gelap.  Jika kesulitan mendapatkan tanah yang subur, maka ambillah tanah di dekat pohon di kebun.
  • Kain. Cara menanam terong hijau yang baik dan benar adalah menggunakan kain. Kain ini diperlukan untuk tempat penyemaian biji terong hijau. Selain kain dibutuhkan kardus dan lampu untuk tempat pembibitan terong hijau.
  • Cangkul. Untuk menggemburkan tanah agar sirkulasi udara dan air dalam tanah lancar maka diperlukan cangkul. Selain itu ketika menanam bibit terong hijau pastinya dibutuhkan cangkul agar bibit yang di tanah bisa tertimbun di tanah dengan sempurna.
  • Vitamin tanaman. Vitamin tanaman dibutuhkan untuk menutrisi tanaman sehingga nantinya tumbuh lebih sehat dan lebih baik. Nutrisi tanaman bisa didapatkan dengan merawat tanaman dengan baik, melakukan penyiraman dan memberikan pupuk atau vitamin tanaman.

Cara Menanam Terong Hijau

Setelah semua alat dan bahan tersedia, maka langkah selanjutnya adalah menanam terong hijau. Berikut ini langkah-langkah atau cara menanam terong hijau yang mudah dan benar.

1. Pengambilan Biji Terong Hijau

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengambilan biji terong hijau. Pisahkan biji terong kemudian rendam di air hangat yang sudah diberikan vitamin tumbuhan. Setelah itu bungkus dengan kain basah dan simpan dalam kardus yang telah diberi lampu selama 24 jam hingga keluar kecambah terong.

2. Semai Benih Terong

Sebelum ditanam di tanah, benih terlebih dahulu harus disemai di media persemaian. Media persemaian yang baik adalah yang terjaga kelembabannya dengan cara dibasahi terlebih dahulu baru ditaruh benih terong hijau dan tutup dengan tanah tipis. Setelah itu tutup tanah dengan daun pisang, jika sudah terlihat kecambah tumbuh maka buka penutup daun pisang dan siram setiap pagi dan sore. Jika sudah 1 bulan, benih siap dipindahkan ke lahan tanah.

3. Proses Persiapan Penanaman

Sebelum memindahkan biji terong hijau maka lahan tanam harus disiapkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggemburkan tanah dengan cangkul untuk memperlancar udara di dalam tanah. Tidak hanya itu, tanah harus dipastikan terbebas dari gulma atau tumbuhan liar dan binatang yang bisa menghambat perkembangan biji terong hijau. Jangan lupa beri kompos atau pupuk kandang untuk membuat tanah lebih subur.

4. Proses Penanaman Terong Hijau

Setelah semuanya siap, maka pindahkan benih terong hijau dari media persemaian ke lahan tanam dengan hati-hati, jangan sampai akar bibit terong hijau putus karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Tutup benih terong hijau menggunakan tanah dengan kedalaman antara 5 sampai 10 cm.

5. Penyiraman

Jika semua telah selesai, maka siram kembali tanaman yang sudah dipindah agar tetap lembab. Proses penyiraman dilakukan menggunakan air yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Cara ini bertujuan untuk membuat tanah semakin subur dan terong hijau bisa tumbuh dengan maksimal.

Perawatan Terong Hijau

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat tanaman terong hijau, misalnya saja dengan memilih tanaman yang buruk kemudian dibuang, pemupukan agar tanaman selalu sehat dan juga pemasangan bilin bambu untuk membantu perambatan batang terong.

Itulah peralatan, bahan dan cara menanam terong hijau serta perawatannya yang bisa dilakukan di rumah atau pun di ladang. Semua tanaman akan tubuh dengan baik jika dirawat dengan baik pula, oleh karena itu jangan bosan untuk merawat tumbuhan yang ditanam.


3:55:00 AM