Peralatan dan Cara Memasang Aki Mobil Dengan Benar




cara memasang aki mobil

Cara Memasang Aki Mobil Dengan Benar - Urusan memasang aki mobil memang bagi sebagian orang lebih memilih mempercayakan pada mekanik bengkel. Selain lebih aman, kadang orang masih kurang paham bagaimana caranya. Namun sebenarnya bukan hanya montir bengkel saja yang dapat memasang aki dengan benar dan aman. Berikut uraian tentang peralatan serta cara memasang aki mobil dengan benar dan aman.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan langkah atau cara memasang aki mobil dengan yang baru, dibutuhkan beberapa peralatan. Peralatan ini akan membantu memudahkan semua proses pengerjaan nantinya. Memang tidak harus lengkap semua ada, namun lebih baik dan demi keamanan sebaiknya sediakan alat-alat berikut yaitu
  • Aki Baru
  • Kunci Inggris berukuran 8mm, 12mm, dan 13mm
  • Baking Soda
  • Sikat Kawat
  • Cairan Lithium
  • Kacamata Pelindung
  • Sarung Tangan

Cara Memasang Aki Mobil

Ada beberapa proses atau langkah-langkah dalam cara memasang aki mobil dengan benar dan aman. Supaya pengerjaan pemasangan bisa benar dan tepat, sebaiknya langkah ini diterapkan. Berikut langkah-langkah cara memasang aki mobil, di antaranya :

1. Lakukan Persiapan

Langkah awal pemasangan aki adalah persiapan. Salah satunya yaitu memastikan peralatan yang dibutuhkan seperti yang disebut diatas telah tersedia. Tips saat membeli aki baru yaitu kenali terlebih dahulu jenis aki mobil yang akan diganti. Pastikan untuk mengetahui jenis serta ukuran aki mobil. Jika kurang paham bisa ditanyakan kepada montir bengkel terdekat.

Sedangkan persiapan selanjutnya adalah memastikan mobil terparkir dengan benar. Pastikan mobil berada pada area yang datar dan jauh dari sumber listrik atau api. Lalu pasang rem tangan dan jangan merokok. Jika ada lepaskan pula pemantik rokok pada mobil serta komponen kelistrikan lainnya.

Setelah itu buka kap mobil lalu tahan menggunakan penahan kap. Segera pasang kacamata dan sarung tangan untuk keamanan. Aki bersifat korosif yang sangat berbahaya jika terkena kulit.

2. Tahap Melepas Aki Lama

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah tahap melepas aki lama. Langkah awal untuk melepas aki lama adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu terminal positif dan negatif dari aki tersebut. Terminal positif biasanya terdapat tanda plus. Sedangkan kebalikannya, terminal negatif pasti bertanda minus.

Lepaskan terminal negatif terlebih dahulu mengunakan kunci inggris yang berupa kabel, baut dan klem. Baru setelah itu bisa dilanjutkan terminal positif. Setelah terlepas, cabut dengan hati-hati aki tersebut. Berat aki mobil bisa mencapai 37 kg. Oleh sebab itu jika dirasa tidak kuat mengangkatnya bisa mencari bantuan orang lain.

3. Membersihkan Bagian Yang Berkarat

Langkah selanjutnya untuk cara memasang aki mobil yaitu membersihkan bagian yang berkarat. Periksa bagian kabel atau klem yang kemungkinan berkarat. Bagian dudukan aki juga sebaiknya diperiksa, karena pada bagian tersebut bisa juga terkena dampak karat.

Jika memang ada karat, segera bersihkan bisa menggunakan baking soda atau sikat kawat. Lalu jika ada bagian yang berkarat parah dan susah dibersihkan, bisa meminta bantuan bengkel terdekat. Hal ini dikarenakan karat atau kotoran lain yang menempel pada klem atau kabel akan mengganggu masuknya aliran listrik.

4. Tahap Pasang Aki Baru

Selanjutnya bisa langsung dilakukan pemasangan aki baru. Kebalikan saat melepas aki lama yang harus bagian terminal negatif dulu, tahap ini lakukan pemasangan pada terminal positif terlebih dahulu. Pastikan bahwa semua kabel dan klem terkunci dengan sempurna. Gunakan kunci inggris untuk mengencangkannya.

Selanjutnya semprotkan cairan lithium. Menyemrot cairan lithium pada terminal aki bertujuan untuk mencegah korosi. Setelah itu tutup kap mobil dan coba untuk menyalakan mobil. Jika mesin mobil berjalan baik artinya pemasangan sukses.

5. Membuang Aki Lama

Langkah terakhir dan sebenarnya sangat penting adalah saat membuang aki lama. Bekas aki termasuk sampah yang bukan merupakan golongan sampah biasa. Jadi perlu cara pembuangan khusus.

Cara terbaik adalah dengan meminta bantuan mekanik bengkel untuk membuangnya. Hal ini dikarenakan mereka lebih tau dan berpengalaman sehingga lebih aman.

Itulah langkah-langkah dari cara memasang aki mobil dengan benar dan aman. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sekali-kali meninggalkan benda logam di dekat terminal aki. Bahkan sebaiknya lepaskan cincin jika kebetulan memakainya saat melakukan pemasangan. Hal ini dikarenakan bahan logam akan memicu terjadinya arus pendek atau konsleting.


3:48:00 AM