Persiapan dan Cara Memasang CCTV Tanpa Bantuan Teknisi




cara memasang batu bata

Cara Memasang CCTV Tanpa Bantuan Teknisi - Memasang batu bata seringkali memerlukan tukang yang dapat mengerjakan lebih baik dari orang awam. Namun sebenarnya jika dilakukan dengan langkah yang tepat, bukan tidak mungkin orang biasa mampu memasang sendiri. Berikut persiapan dan langkah-langkah cara memasang batu bata dengan benar :

Yang Harus Disiapkan

Ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika akan memasang batu bata. Diantaranya merupakan bahan bangunan serta peralatan pendukung lainnya. Bahan dan peralatan tersebut yaitu
  • Batu Bata. Pasti yang harus ada adalah batu bata. Pastikan pilih batu bata yang terjamin kualitasnya serta memiliki ukuran yang sama. Hal ini akan membuat hasil akhir menjadi lebih rapi.
  • Pasir. Siapkan juga pasir yang kasar dan pastikan bersih dari kotoran. Ada baiknya untuk diayak terlebih dahulu supaya lebih yakin pasir tersebut benar-benar bebas dari kotoran.
  • Semen. Semen sebaiknya pilih yang tidak mudah beku. Jika tidak tahu merek apa, bisa ditanyakan pada tukang. Tukang biasanya lebih paham semen yang bagus untuk memasang batu bata.
  • Air. Air ini merupakan komponen untuk pencampur bahan-bahan. Jadi usahakan selalu tersedia. Namun ingat, mencampurkan air dalam adonan harus sesuai takaran tertentu.
  • Peralatan. Selain bahan-bahan tersebut, diperlukan juga sejumlah peralatan penunjang. Pastikan peralatan ini sudah tersedia dengan kondisi yang layak digunakan (tidak rusak). Adapun peralatan yang harus disiapkan di antaranya sekop, palu, benang string, paku, sendok semen, ember plastik, selang yang diisi air, alumininium sebagai jidar (acuan), waterpass.

Langkah-Langkah Cara Memasang Batu Bata

Setelah semua bahan dan peralatan tersedia, artinya sudah siap untuk memasang batu bata. Ada beberapa langkah cara memasang batu bata yang bisa diikuti. Berikut penjelasannya.

1. Campur Adukan Pasir Dan Semen (Mortar)

Pertama siapkan pasir dan semen. Perbandingan yang disarankan adalah 4 bagian untuk semen dan 1 bagian pasir. Kombinasi ini cukup dikenal bisa menghasilkan adukan yang kuat.

Campur kedua bahan tersebut dengan sekop hingga merata. Lalu tambahkan air, aduk lagi hingga adukan mortar tercampur sempurna. Biarkan beberapa saat hingga air dapat meresap ke dalam adukan tadi.

2. Buat Acuan Di Sisi Kanan Dan Kiri

Selanjutnya buat acuan dari ujung kanan dan ujung kiri area yang akan dipasang batu bata. Gunakan acuan (jidar) dari bahan aluminium agar lebih kokoh dan tingkat kelurusan yang maksimal. Pasang jidar tersebut pada sisi ujung kanan dan ujung kiri dengan tegak lurus.

3. Pasang Benang String

Benang string ini dipasang secara horizontal agar pemasangan batu bata dapat lurus. Kaitkan dengan penyangga acuan (jidar) di sisi kanan dan kiri. Kaitan bisa dibuat dari paku yang ditancapkan pada jidar menggunakan palu. Untuk memastikan telah terbentang lurus sempurna gunakan selang yang berisi air.

4. Mulai Memasang Bata

Pasang bata sesuai acuan (jidar). Pertama ukur pada dua sisi jidar misalnya 20 cm untuk satu tarikan benang horizontal. Umumnya untuk  tarikan benang dengan tinggi 20 cm akan terdapat 3 susun batu bata. Dimulai dari pemasangan pada lapis pertama yang didahului dengan mengaplikasikan adukan mortar sekitar 2 cm sebagai dasar.

Setelah itu bisa dimulai menyusun batu bata di atas dasar mortar tadi dengan posisi horizontal. Beri jarak antar batu bata sekitar 2 cm yang nantinya akan diisi dengan adukan mortar. Jika ada sisa adukan mortar yang menempel tidak sempurna (melebihi ketebalan bata) segera bersihkan sebelum mengeras.

5. Memasang Untuk Lapis Berikutnya

Setelah lapis batu bata pertama selesai ( jarak antar batu bata telah diisi mortar), segera lakukan untuk lapis berikutnya. Pastikan untuk memeriksa bata bata telah terpasang dengan lurus dengan alat waterpass agar hasil akhir menjadi rapi. Ulangi langkah tersebut hingga ketinggian mencapai 1 meter.

Setelah itu mencapai 1 meter, lanjutkan untuk memasang batu bata bagian lain terlebih dahulu. Biarkan batu bata yang telah disusun hingga 1 meter tadi agar mengering.

6. Lakukan Perlindungan

Melakukan langkah perlindungan terhadap pasangan batu bata yang telah selesai juga penting dilakukan. Hal ini untuk menjaga batu bata agar terpasang lebih kuat dan kokoh. Caranya dengan melindungi dari sinar matahari langsung. Bisa menutupinya dengan plastik atau bahan terpal. Lebih baik lagi lakukan penyiraman air di area tersebut secara teratur.

Itulah hal yang diperlukan serta cara memasang batu bata dengan benar. Pemasangan batu bata memang lebih baik dilakukan oleh ahlinya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba memasang sendiri dengan mengikuti langkah tersebut.


5:09:00 AM