Persiapan Serta Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik Yang Baik dan Benar




cara menanam daun bawang hidroponik

Menanam secara hidroponik merupakan sebuah trobosan baru di bidang pertanian yang kini banyak dipilih oleh masyarakat. Selain sayuran, ada satu jenis tanaman lainnya yang sering memanfaatkan cara ini yaitu daun bawang. Namun banyak dari mereka yang belum tahu bagaimana cara menanam daun bawang hidroponik yang baik. Penasaran? Berikut penjelasan lengkapnya.

Hal Yang Perlu Disiapkan

Sebelum masuk penjelasan tentang cara menanam daun bawang hidroponik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Ini penting agar nantinya proses penanaman bisa berjalan dengan lancar. Lantas apa saja hal yang harus dipersiapkan? Ini diantaranya.
  • Media tanam yang akan digunakan
  • Air
  • Kerikil
  • Pasir
  • Bibit daun bawang yang bagus
  • Pupuk untuk tanaman hidroponik

Cara Menanam Yang Benar

Layaknya menanam tumbuhan pada umumnya, ada cara atau tahapan yang perlu diperhatikan. Ini penting agar nantinya proses penanaman daun bawang hidroponik bisa berjalan dengan sukses. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Siapkan Media Tanam

Cara menanam daun bawang hidroponik yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa media yang bisa digunakan untuk melakukan model tanam semacam ini. Namun pada kesempatan ini yang akan digunakan yaitu gelas kaca bening dengan ukuran optional sesuai kebutuhan.

Jika sudah menentukan media tanam yang tepat, cuci hingga bersih. Setelah itu isi gelas tersebut dengan air kira-kira hingga setengah gelas. Kemudian isi air dengan kerikil hingga ukurannya 1/8 dari ukuran gelas yang digunakan. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga air kembali jernih.

2. Menyiapkan Bibit Daun Bawang

Jika media tanam sudah siap, kita masuk ke cara menanam daun bawang hidroponik yang kedua yaitu menyiapkan bibitnya. Untuk bibit daun bawang sendiri sangat mudah ditemukan. Selain membuatnya sendiri, bisa langsung membelinya di toko tanaman atau ke petani yang membudidayakannya.

Untuk yang ingin membuat bibit daun bawang sendiri, caranya sangat mudah yaitu beli daun bawang yang masih mempunyai akar. Ini penting karena daun bawang yang mempunyai akar mempunyai kemungkinan pertumbuhan yang baik. Jika sudah, potong bagian atasnya dan masukkan ke dalam gelas yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Pemberian Nutrisi

Dikarenakan proses penanaman kali ini menggunakan media air, tentu kita perlu memberikan nutrisi pada bibit yang akan di taman. Ini penting agar nantinya tumbuh kembang daun bawang tersebut bisa maksimal. Caranya yaitu dengan menggunakan pupuk organik cair.

Untuk mendapatkannya sangat mudah sekali yaitu bisa membelinya langsung di toko tanaman yang kini banyak tersedia. Selain itu pemberian pupuk juga harus disesuaikan dengan ukuran media tanam yang digunakan. Untuk melakukan hal ini bisa melihatnya di panduan yang biasanya terdapat pada botol produk.

4. Proses Penanaman

Jika pemberian pupuk organik cair sudah selesai dilakukan, maka tinggal masuk ke proses penanaman. Caranya mudah sekali yaitu tinggal masukkan bibit yang sudah disiapkan tadi. Untuk airnya sendiri cukup merendam akarnya saja dan usahakan jangan sampai meluap.

5. Memaksimalkan Penyinaran

Layaknya tanaman pada umumnya, tanaman hidroponik juga membutuhkan bantuan sinar matahari. Untuk itu setelah bibit dimasukkan pada media tanam, segera pindahkan ke tempat yang memiliki cahaya cukup. Untuk melakukan hal ini bisa diletakkan pada jendela, namun jika penanaman dalam jumlah banyak maka perlu menempatkannya di rumah kaca.

6. Proses Pemberian Pupuk Tambahan

Setelah semua proses diatas selesai dilakukan, tahap atau cara menanam daun bawang hidroponik selanjutnya adalah pemberian pupuk tambahan. Ini penting karena penggunaan pupuk yang pas bisa membuat proses pertumbuhan menjadi maksimal. Untuk jenis pupuknya sendiri, masih menggunakan pupuk organik cair.

Proses pemberian pupuk bisa dilakukan sekitar 7-10 hari sekali. Selain itu perlu juga pengecekan hama atau penyakit setiap saat. Dan jika daun bawang sudah tumbuh dengan baik, bisa diseleksi daun yang layu atau bisa petik daun yang bagus untuk dikonsumsi.

Dengan membaca keterangan diatas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya cara menanam daun bawang hidroponik sangat mudah dilakukan. Selain itu, panduan ini juga bisa digunakan oleh mereka yang ingin menanam dalam jumlah banyak.


4:58:00 AM