Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Maag Berikut Ini




cara mengatasi maag

Cara Mengatasi Maag - Suatu kondisi dimana tubuh mengalami peradangan pada lapisan perut disebut sebagai maag. Keluhan adanya gangguan pencernaan seperti halnya sakit perut, muntah, dada nyeri seperti terbakar merupakan sebuah gejala dari maag tersebut. Adanya maag ini bisa terjadi karena isi lambung baik asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga akan terasa mual dan juga nyeri di dada. Hal tersebut mengharuskan untuk mengetahui cara mengatasi maag yang benar. Untuk lebih lanjut, simak informasinya berikut ini!

Penyebab Terjadinya Maag

Sebagian besar seseorang yang mengalami maag, disebabkan karena adanya infeksi bakteri Heliobacteri pylori. Hal ini menyebabkan asam yang kita makan akan dapat menjadikan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut. Penggunaan obat anti inflamasi ataupun obat yang mengandung aspirin. Bahkan ketika memakan makanan yang pedas, seseorang juga bisa menjadi panas pada perut akibat dari iritasi di dalamnya.

Cara Mengatasi Maag Yang Tepat

Biasanya ketika seseorang merasakan maag, tentu akan mengonsumsi obat. Kombinasi obat dari antibiotik dan antasid biasa diberikan oleh dokter. Namun, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi maag tersebut, antara lain:

1. Meminum Air Putih

Air putih bisa menjadi pertolongan pertama ketika seseorang merasakan maag. Dengan mengonsumsi air putih tersebut, akan membantu dalam meringankan sakit maag. Selain itu, mengonsumsi air putih akan mampu dalam menetralkan luka pada lambung. Tidak hanya itu, air putih juga bisa mendorong sisa sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

2. Mengonsumsi Makanan Penetral Asam Lambung

Makanan penetral asam lambung ini bisa berupa pisang kepok maupun pepaya. Selain itu, mengonsumsi madu, air kelapa muda, serta jahe bisa menjadi salah satu cara mengatasi maag secara tepat.

3. Menghindari Makanan Yang Bertekstur Keras

Lambung akan bekerja ekstra ketika mengolah makanan yang bertekstur keras. Hal tersebut menjadikan lambung akan memproduksi asam lambung lebih tinggi. Tentunya hal tersebut akan menjadikan perut semakin sakit.

4. Mengonsumsi Apel

Apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk meredakan terjadinya maag. Adanya zat antioksidan akan mampu menyembuhkan luka pada lambung dan juga melindungi lapisan yang ada pada usus dan juga lambung. Hal ini akan menjadikan pereda rasa perih.

5. Minum Perpaduan Lemon Dan Baking Soda

Mengatasi maag ini bisa juga menggunakan perpaduan lemon dan baking soda. Hanya dengan mencampurkan satu sendok baking soda yang dilarutkan dengan perasan lemon akan mampu dalam mengatasi penyakit maag. Larutan tersebut akan memiliki kandungan yang membentuk sebuah karbon dioksida yang berguna untuk melancarkan adanya sistem pencernaan.

6. Mengonsumsi Mentega Susu

Mentega susu tentu digemari oleh banyak orang. Cara mengatasi maag yang satu ini terbilang memiliki rasa yang lebih enak dibanding dengan yang aslinya. Penyeimbangan gas yang ada pada mentega bisa menjadi solusi bagi mereka yang mengalami maag. Hanya dengan mencampurkan sedikit bubuk jinten dan juga garam hitam serta mentega susu tentu cara ini terbilang mudah.

7. Menggunakan Daun Mint

Aroma mint tidak hanya menyegarkan atau membuat fresh pikiran saja. Hal ini bisa juga digunakan untuk mengatasi maag. Daun mint ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan membuat sebuah jus daun mint ini gas yang ada dalam lambung akan dengan mudah untuk berkurang.

8. Mengendalikan Stres

Stres dapat meningkatkan produksi kadar asam pada perut. Hal ini juga bisa menjadi pemicu syaraf mengeluarkan sebuah hormon yang berlebihan dan akan mengganggu kinerja dari lambung. Untuk bisa mengendalikan stres ini bisa menggunakan cara seperti melakukan yoga maupun melakukan meditasi.

9. Mengonsumsi Obat Maag

Ketika dirasa repot dalam melakukan pengobatan maag ini, sebagai jalan alternatif bisa mengonsumsi obat maag yang memiliki kadar rendah. Banyak ragam dari obat maag yang tersedia dan beragam jenisnya. Mulai dari obat antasida, blocker asam atau bahkan omeprazole. Namun dari obat-obatan tersebut tentunya akan lebih aman ketika menggunakan bahan alam.

Beberapa cara mengatasi maag tersebut bisa menjadi langkah ketika merasakan maag terlebih ketika mendadak. Dengan melakukan pencegahan dan penyembuhan sejak dini tentu akan menjadikan kesehatan lebih stabil dan juga maag yang dirasakan tidak semakin parah.


4:33:00 AM