Solusi Cara Memperbaiki Dispenser Sesuai Dengan Kerusakannya




cara memperbaiki dispenser

Cara Memperbaiki Dispenser - Kebanyakan dispenser yang kita miliki di rumah memiliki dua fungsi utama yaitu memanaskan dan mendinginkan. Namun ada juga sebagian dispenser yang hanya memiliki 1 fungsi saja yaitu untuk memanaskan. Tapi kebanyakan konsumen tidak tahu cara memperbaiki dispenser yang dimiliki jika mengalami kebocoran. Padahal kebanyakan konsumen memilih dispenser dengan 1 fungsi yaitu untuk memanaskan air.

Selain itu di saat kita telah memiliki sebuah dispenser ada baiknya kita memahami karakteristik dari benda tersebut. Gunanya ialah untuk mempermudah dalam proses perawatan agar tetap awet dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kalaupun mengalami masalah atau kerusakan ringan, setidaknya kita telah tahu bagaimana cara memperbaiki dispenser yang dimiliki. Berikut adalah beberapa cara mudah memperbaiki dispenser sesuai dengan kerusakannya yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

1. Mengecek Saklar Yang Mati

Masalah yang pertama yang sering terjadi pada dispenser adalah tidak menyala. Ini dapat dilihat melalui lampu indikatornya yang mati/ tidak menyala. Bila hal ini terjadi maka kita harus segera mengecek keadaan dispenser sesegera mungkin. Namun jangan khawatir, hal ini dapat kita lakukan sendiri di rumah. cara berikut ampuh memperbaiki dispenser yang rusak karena mati.

Banyak kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi penyebab matinya dispenser. Seperti bagian saklar yang rusak, sambungan kabel yang putus, hingga thermofuse ada yang putus. Pertamakali yang dilakukan adalah mengecek ketiga elemen tersebut sehingga dapat mengambil langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki dispenser. Pengecekan dapat dilakukan dengan menggunakan multimeter skala ohm.

2. Memastikan Pengubah Suhu Aman

Selanjutnya masalah yang juga tidak jarang terjadi pada dispenser adalah fungsi pemanas yang tidak bekerja. Sehingga air yang dihasilkan hanya hangat-hangat kuku saja atau bahkan sama sekali tidak panas. Bila menemui masalah seperti kiita bisa memperbaiki dispenser secara mandiri. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan pada bagian-bagian tertentu yang sedang mengalami gangguan.

Seperti bagian peraba suhu (kualitas peraba suhu yang sedang tidak baik), bagian rangkaian arus yang rusak, atau kerusakan pada elemen tabung pemanas. Bisa dilakukan pengecekan pada bagian-bagian tersebut kemudian barulah dapat mengganti bagian yang rusak dengan yang baru. Cara tersebut cukup ampuh untuk memperbaiki dispenser yang rusak karena suhu yang tidak baik.

3.  Mengecek Sistem Pendingin Dispenser

Selain masalah pada fungsi pemanas pada dispenser, yang juga sering mengalami kerusakan adalah pada fungsi pendinginnya. Solusi memperbaiki kerusakan dispenser dengan tipe masalah seperti adalah dengan melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen vital seperti yang telah disebutkan sebelumnya. hal ini juga sangat  ampuh sebagai cara memperbaiki dispenser yang fungsi pemanasnya tidak berjalan normal lagi.

Namun biasanya penyebab utama yang terjadi adalah kerusakan yang terjadi pada komponen peltier atau kompresornya. Untuk mengeceknya bisa menghubungkan komponen peltier tersebut dengan adaptor 12 Volt DC. Komponen yang berada dalam keadaan normal atau tidak akan mengalami respon pada dua sisinya saat disambungkan dengan adaptor. Setelah mengetahui letak kerusakannya barulah kita dapat mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

4. Membersihkan Seluruh Komponen Dispenser

Ketika masalah bau atau berubah warna terjadi saat kita mengambil air minum dari dispenser kemungkinan besar masalah yang terjadi adanya kerusakan pada bagian penyimpanan air. Timbulnya bau serta terjadinya perubahan warna pada air minum disebabkan karena tercemarnya bagian penampungan dispenser oleh jamur atau bakteri.

Solusi cara memperbaiki dispenser yang rusak ini sangatlah mudah. Kita cukup membersihkan seluruh bagian dispenser hingga bersih hingga ke sela-selanya. Dispenser pun bebas dari jamur dan bakteri. Cara ini dapat digunakan untuk memperbaiki dispenser yang mengeluarkan aroma tidak sedap.

5. Mengecek Penyaringan Dispenser

masalah yang satu ini dapat terjadi biasanya disebabkan karena galon dispenser yang bocor atau pecah. Jika terjadi kebocoran pada galon, air yang keluar akan meluap dan tidak dapat masuk sempurna kebagian filter. Sehingga menyebabkan kebocoran. Selain itu bisa juga dicek pada bagian trus kran dispensernya.

Selain itu kemungkinan juga trus kran mengalami kerusakan sehingga membuat air menjadi tersumbat. Dengan begitu segeralah ganti galon/trus kran dispenser dengan yang baru agar dapat digunakan seperti sediakala. Cara ini cukup ampuh untuk memperbaiki dispenser yang bocor.

Itulah beberapa solusi memperbaiki dispenser sesuai dengan kerusakan yang dimiliki. Ada baiknya kita tidak langsung panik dan buru-buru membeli dispenser baru saat mengalami kerusakan seperti yang telah dijelaskan tersebut. Sebab masalah-masalah yang terjadi sebenarnya masih dapat diatasi secara mandiri dan tentunya dengan budget yang lebih murah daripada harus membeli dispenser baru. Selamat mencoba.


4:19:00 AM