Step By Step Cara Memasang Otomatis Pompa Air Mudah dan Cepat




cara memasang otomatis pompa air
Cara Memasang Otomatis Pompa Air - Hampir semua rumah saat ini menggunakan pompa air otomatis. Berbeda dengan pompa air manual, penggunaan pompa air otomatis tidak perlu dikontrol oleh pemilik. Pompa akan hidup dengan sendirinya dan mengalirkan air ke tandon kamar mandi. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memasang otomatis pompa air. Maka dari itu, berikut kami berikan informasinya.

Sekilas Tentang Pompa Air Otomatis

Pompa air otomatis punya prinsip kerja yang berbeda dengan pompa air listrik biasa. Sejauh ini, ada dua mekanisme untuk mengaktifkan pompa air otomatis. Sebelum membahas cara memasang otomatis pompa air, diperlukan pengertian atas dua mekanisme tersebut. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Mekanisme Saklar di Badan Pompa

Mekanisme pertama adalah penempatan saklar otomatis pada badan pompa air. Pengaturan mekanisme ini terletak pada jetpump. Berfungsi-tidaknya saklar otomatis ini tergantung pada tekanan udara di dalam pipa air.

Jika keran air yang berhubungan dengan pipa dibuka, maka otomatis tekanan udara dalam pipa melemah. Hal ini akan mengaktifkan saklar dan membuat pompa otomatis mengalirkan air. Dikarenakan pompa langsung diaktifkan oleh terbukanya keran, maka dalam mekanisme ini tandon air tidak dibutuhkan.

Mekanisme Saklar di Tandon Air

Sementara itu, mekanisme kedua adalah penempatan saklar otomatis pada tandon air. Pengaturan mekanismenya terletak pada pompa sumur dangkal. Berfungsi-tidaknya saklar otomatis tandon air tergantung pada tinggi volume air dan alat deteksi dalam tandon.

Jika sewaktu-waktu volume air mencapai batas rendah, alat deteksi akan ikut menyentuh batas rendah. Begitu batasan ini tersentuh, alat deteksi akan membuat saklar pompa otomatis menyala. Saat volume air mencapai batas tinggi, alat deteksi akan ikut mengapung dan menyentuh batasnya. Hal ini akan mengakibatkan pompa air mati seketika.

Dua mekanisme tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Saklar badan pompa tidak membutuhkan tandon, namun pompa air takkan mati kecuali kerannya dimatikan. Sedangkan pompa tandon air bisa hidup dan mati secara otomatis. Akan tetapi pemilik perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli tandon air.

Calon pengguna bisa memilih sendiri mana penggunaan pompa otomatis paling cocok untuk dirinya. Tapi bagaimanapun, calon pengguna perlu memahami step by step cara memasang otomatis pompa air. Cara tersebut akan dipaparkan di bahasan berikut.

Langkah-Langkah Memasang Otomatis Pompa Air

Cara memasang otomatis pompa air yang utama adalah memasang saklar. Baik di badan pompa atau tandon air, pemasangan saklar pompa punya cara yang sama. Berikut ini paparannya.

1. Menyambung Kabel Otomatis

Cara memasang otomatis pompa air yang pertama adalah menyambung kabel positif ke terminal saklar otomatis. Setelah itu, sambungkan terminal saklar tersebut ke salah satu kabel pompa air. Sementara itu, sambungkan pula kabel negatif (pasangan dari kabel pertama) ke kabel pompa air di sisi satunya. Sebelum menyambung kabel otomatis, pastikan listrik dalam keadaan mati.

2. Membungkus Kabel dengan Isolator

Setelah kabel terpasang sesuai tempatnya, bungkus kabel-kabel yang terkelupas dengan isolator. Kabel bisa dibungkus dengan selotip hitam karet. Jangan sampai ada kabel yang belum terbungkus. Hal tersebut bisa mengakibatkan konslet atau menyetrum orang yang memegangnya.

3. Memasang Grounding

Cara memasang otomatis pompa air berikutnya adalah memasang kabel grounding. Kabel ini digunakan untuk mengetahui kedalaman sumur yang digunakan. Meski sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, grounding bisa memberitahu saat sumur kekeringan air. Ketika air sumur surut hingga level tertentu, grounding bisa mencegah pompa hidup. Meski keran dibuka atau alat deteksi menyentuh dasar tandon, pompa tetap mati apabila grounding menunjukkan tanda kekeringan.

4. Mengecek Pemasangan

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengecek benar-tidaknya proses pemasangan. Bagi kebanyakan orang, memasang otomatis pompa air terbilang sulit. Kecuali orang tersebut mengetahui mekanisme kerja listrik. Maka dari itu, sebelum pompa air dirapikan, lakukan pengecekan terakhir apakah pompa berfungsi dengan listrik.

5. Pengaturan Khusus

Ada pengaturan pemasangan saklar tersendiri untuk badan pompa dan tandon air. Saat memasang saklar di badan pompa, bukalah keran selama proses pemasangan. Tes apakah saklar berfungsi dengan listrik. Sedangkan untuk saklar tandon, pasang alat deteksi sesuai ketinggian optimum tandon. Supaya volume air sekali pompa hidup bisa dimaksimalkan.

Sekian paparan mengenai cara memasang otomatis pompa air. Semoga informasi ini bisa berguna bagi siapapun yang ingin mengatur otomatis pompa air di rumah.


5:53:00 AM