Ternyata Ada Cara Membuka Pola HP OPPO Yang Terblokir! Ini Ulasannya




Cara Membuka Pola HP OPPO

Cara Membuka Pola HP OPPO  - Salah satu alat keamanan yang menyenangkan pada ponsel berbasis Android adalah dengan memasang kunci pola pada layar. Pola dapat diganti-ganti sesuai dengan sesuka hati, termasuk bagi pengguna HP OPPO. Sayangnya, tak jarang ada pengguna yang terblokir dari ponselnya sendiri karena berkali-kali salah dalam memasukkan pola. Untuk masalah ini, rupanya ada solusi dan cara membuka pola HP OPPO yang terblokir.

Tak perlu membawa ke tukang servis untuk melakukan flash, cara-cara di bawah ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Mem-flash ponsel yang terblokir jelas 100% beresiko menghilangkan semua data yang tersimpan. Berikut apa saja yang dapat dilakukan untuk membuka HP OPPO yang terblokir:

1. Membuka Melalui Fitur Forgot Password

Untuk melakukan cara membuka pola HP OPPO yang pertama ini pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet, baik melalui Wi-Fi maupun data seluler. Metode ini terbukti efektif dalam membuka HP OPPO yang terblokir tanpa ada data yang terhapus. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Cobalah gambar sembarang pola pada papan kunci sebanyak 5 kali sampai ada link Forgot Password/Pattern muncul.
  • Klik link Forgot Password/Pattern yang tertera.
  • Masuk ke dalam akun Google yang digunakan pada pengaturan ponsel.
  • Setelah sukses masuk, secara otomatis ponsel yang terblokir akan terbuka dan diminta untuk membuat pola sandi yang baru.

2. Buka Melalui ADM (Android Device Manager)/Find My Device dengan Akun Google

Sama seperti yang digunakan pada cara membuka pola HP OPPO yang pertama, namun login pada Akun Google dilakukan melalui laptop atau komputer. Cara ini tidak akan membayahakan data yang tersimpan di dalam ponsel. Perlu diingat, untuk login pada akun yang sama dengan yang digunakan untuk perangkat HP OPPO. Lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke jendela pencarian Google dan ketikkan find my device kemudian Enter.
  • Hasil pencarian akan muncul dan daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google tersebut akan ditampilkan. Pastikan perangkat yang dipilih (HP OPPO) sudah sesuai, klik pada Set Up. Ikuti perintah yang tertera.
  • Atau bisa juga langsung menuju ke website ADM (https://www.google.com/android/find) dan pilih Lock Option.
  • Ganti pola.
  • Buka perangkat HP OPPO dengan pola yang baru.

3. Melakukan Panggilan Melalui Ponsel Lain

Cara membuka Pola HP OPPO ini dapat digunakan sebagai solusi alternatif lain. Khususnya jika lupa menyambungkan dengan jaringan internet atau tidak ada perangkat laptop atau komputer yang bisa digunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:
  • Lakukan panggilan pada nomor SIM yang dipasang pada perangkat OPPO.
  • Saat panggilan masuk, segera tekan menu Home untuk masuk ke Setting, kemudian sambungkan koneksi internet.
  • Masuk ke dalam akun Google dan lakukan seperti pada metode pertama di atas.

4. Solusi Terakhir, Lakukan Recovery Reset

Terakhir, cara membuka pola HP OPPO yang terblokir adalah dengan melakukan Recovery Reset. Hanya saja perlu diingat, bahwa dengan melakukan Recovery Reset akan menghapus data yang ada di dalam ponsel. Artinya ponsel akan kembali ke kondisi awal seperti saat baru beli.

Oleh karena itu, sebaiknya metode ini dilakukan jika dan hanya jika semua metode lainnya tidak ada yang berhasil. Untuk melakukan Recovery Reset, perhatikan langkah-langkah berikut:
  • Pastikan ponsel dalam kondisi mati dan lepaskan kartu SD (memori eksternal).
  • Tekan secara bersamaan tombol power dan volume bawah hingga logo OPPO muncul, kemudian lepaskan.
  • Tunggu beberapa saat sampai masuk ke Recovery Mode.
  • Selanjutnya arahkan pada Wipe Data/Factory Reset melalui navigasi tombol volume bawah dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi. Pada beberapa perangkat OPPO, sudah terdapat fitur layar sentuh untuk menu Recovery Mode ini.
  • Setelah proser reset selesai, pilih Reboot agar perangkat melakukan restart.
Demikian cara-cara membuka pola HP OPPO yang dapat dilakukan saat terblokir. Tidak ada salahnya untuk mengetahui cara tersebut jika sewaktu-waktu kemampuan ini dibutuhkan. Dengan demikian, tidak perlu berjauh-jauh sampai mendatangi pusat servis. Pesan terakhir, jangan gunakan cara dan metode dalam artikel ini untuk niat yang tidak baik.


10:35:00 AM