Tips dan Cara buat Perkedel Kentang Ala Anak Kos




cara buat perkedel kentang

Cara buat Perkedel Kentang Ala Anak Kos - Perkedel adalah makanan yang dibuat dari kentang dengan cara di goreng ataupun direbus sebelum di campur bahan-bahan lainnya seperti irisan daun bawang, daun seledri, kemudian bumbu-bumbu atau untuk variasi isi perkedel bisa dicampur dengan daging cincang. Cara buat perkedel kentang adalah kentang yang sudah direbus ditumbuk hingga halus lalu di bentuk bulat-bulat.

Perkedel bukan hanya menggunakan kentang saja melainkan bisa terbuat dari ubi jalar, singkong, ataupun tahu. Istilah perkedel itu sendiri berasal dari Bahasa belanda yaitu Frikadel. Versi dari eropa ini dibuat dari daging cincang yang dihancurkan kemudian digoreng. Perkedel bisa dibuat oleh semua orang. Tentunya buat anak kos-an yang mempunyai dana minim untuk makan di luar, bisa mencoba membuat menu ini.

Cara Buat Perkedel Kentang

Perkedel kentang memiliki rasa gurih, empuk dan cocok dijadikan untuk lauk. Tak heran akibat tekstur dalam pada perkedel ini membuat perkedel juga bisa dikonsumsi oleh anak balita. Perkedel kentang kukus bisa tahan lama hingga 1 bulan lamanya. Cara buat perkedel kentang kukus ini sebenarnya cukup mudah. Yuk simak bahan-bahan  apa saja yang dibutuhkan untuk membuat perkedel kentang kukus dan proses pembuatannya.

1. Mempersiapkan Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat perkedel kentang :
  • 3 Kentang Besar
  • 5 Siung bawang merah
  • 3 Siung bawamg putih
  • ½ Sendok teh merica bubuk
  • 3 Sendok Makan Gula
  • 1 Batang seledri
  • ½ Sendok teh kaldu bubuk
  • Sebutir telur ayam
  • Air secukupnya

2. Mengukus Kentang

Proses pertama yang dilakukan dalam cara buat perkedel kentang adalah melakukan pengukusan pada kentang. Sebelum dikukus kentang harus melewati proses pencucian terlebih dahulu pada kentang hingga bersih. Setelah bersih kentang baru boleh dilanjutkan dengan pengukusan. Jika kentang tersebut telah matang angkat dan letakkan pada wadah lalu dinginkan. Setelah itu kupas kulit kentang tersebut.

3. Membentuk Adonan

Setelah kulit kentang selesai dikupas haluskan kentang menggunakan alat untuk penghalusan atau menggunakan sendok. Kentang yang telah dihaluskan kemudian ditambahkan garam, lada, irisan daun bawang dan putih yang telah dihaluskan secukupnya.

Kemudian aduk adonan sehingga semua bahan tercampur dengan rata. Setelah adonan rata bentuk adonan menggunakan tangan membentuk bulat pipih, jika adonan terlalu lembu gunakan sendok sebagai pembantu.

4. Menggoreng Perkedel

Sebelum dilakukan proses penggorengan masukkan satu per satu adonan yang telah dibentuk kedalam wadah yang telah berisi telur yang sudah dikocok. Kemudian masukkan adonan yang sudah dibasahi dengan telur ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Gorenglah perkedel hingga kentang menjadi berubah warna kecoklatan.

5. Menyajikan Perkedel

Perkedel yang telah matang diangkat dari penggorengan kemudian ditiriskan. Kemudian sajikan perkedel kentang di dalam sebuah piring dan tata sesuai keinginan. Untuk mempercantik tampilan perkedel tambahkan hiasan berupa daun seledri ataupun cabai di piring. Perkedel kentang bisa disantap dengan saus sambal atau pun tidak.

Tips-Tips Agar Perkedel Kentang Tidak Hancur

Cara buat perkedel kentang ini sangatlah praktis. Namun begitu untuk membuat perkedel kentang tetaplah memerlukan tips-tips agak tidak hancur. Berikut ini tips-tipsnya :
  1. Minyak haruslah benar-benar panas sebelum adonan dimasukkan
  2. Jangan terlalu sering membolak-balikkan perkedel yang sedang digoreng
  3. Tunggu sampai hingga 1 sisi di sebelahnya berubah warna atau kulitnya sudah mulai terbentuk barulah lakukan proses pembalikan
  4. Menggunakan wajan yang cukup besar sangat diperlukan agar seluruh perkedel tergoreng secara merata
  5. Minyak yang dibutuhkan saat penggorengan haruslah banyak agar perkedel sempurna
  6. Kocok 1 telur ayam utuh yang sudah dikocok sampai rata untuk dioleskan pada adonan perkedel sebelum digoreng
  7. Sebelum digoreng adonan di diamkan terlebih dahulu kurang lebih 1 sampai 2 jam di kulkas atau lemari pendingin
  8. Lakukan pemilihan pada kualitas kentang
Demikian pembahasan tips dan cara buat perkedel kentang. Pada umumnya perkedel hanya terbuat dari kentang saja. Namun seiring berjalannya waktu perkedel juga bisa dibuat dengan bahan lain seperti tahu, talas maupun jagung. Untuk menambah cita rasa, perkedel dapat divariasikan dengan kornet, talas atau sukun, ataupun daging ayam atau sapi. Perkedel kentang juga dapat dimasak dengan cara dikukus, goreng, tanpa telur, dll.


6:14:00 AM